Pos

Resep Kupat Tahu Khas Magelang

Resep Kupat Tahu Khas Magelang

Akurasi.id – Magelang terkenal sebagai kota yang hawanya sejuk dan punya banyak tempat wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Eits, gak cuma suasana dan wisatanya yang bikin rindu! Ada kupat tahu makanan khas Magelang yang rasanya manis legit dan bergizi. Penasaran bagaiamana resep kupat tahu khas Magelang?

Yuk, obati kangenmu dengan masak kupat tahu sendiri. Gak sulit, kok, apalagi bahannya juga sederhana, gampang ditemukan di pasar tradisional terdekat. Kamu siap? Ini dia resep kupat tahu khas Magelang!

  1. Bahan yang diperlukan

Bahan isi kupat tahu: 

  • 5 buah ketupat
  • 5 buah tahu putih yang sudah digoreng
  • 4 lembar daun kol
  • 7 sendok makan tauge
  • 5 buah bakwan yang digoreng tipis

Bahan bumbu: 

  • 3 siung bawang putih yang digoreng sebentar
  • 6 buah cabai rawit merah yang direbus sebentar

Bahan kuah: 

  • 2 ruas lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1,5 sendok teh air asam jawa
  • 600 ml air
  • Gula merah secukupnya
  • Garam
  • Kaldu jamur

Bahan taburan:

  • Bawang goreng
  • Daun seledri cincang
  1. Buat bumbunya

Siapkan uleg untuk membuat bumbunya. Haluskan bawang putih dan cabai rawit merahnya sampai halus. Kemudian bagi bumbunya di atas piring masing-masing.

  1. Buat kuahnya

Masukkan semua bahan untuk kuah ke dalam panci ukuran sedang. Rebus sampai kuahnya mendidih dan jangan lupa untuk tes rasanya. Jika dirasa sudah pas, matikan kompor dan saring untuk mendapatkan kuahnya saja.

  1. Tata makanan di atas piring

Potong-potong ketupat dan tahu kotak-kotak sesuai selera. Letakkan dalam piring bersama dengan bahan lain seperti daun kol, tauge, dan bakwan yang juga diiris tipis.

  1. Siram dengan kuah, sajikan selagi hangat

Siram piring dengan kuah kupat tahu yang sudah dimasak tadi dan taburi dengan bawang goreng juga seledri cincang supaya makin sedap. Dan gak boleh ketinggalan, kerupuk!

Sajikan selagi hangat untuk menu makan keluarga. Dijamin, deh, mulai dari orangtua sampai anak-anak pasti gak bisa menolak. Yuk, cobain! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

Resep Donat Brownies, Cokelatnya Bikin Ketagihan

Resep Donat Brownies, Cokelatnya Bikin Ketagihan

Akurasi.id – Jika kamu pencinta coklat, brownies satu ini cocok banget buat dijadikan camilan, baik sewaktu nge-teh bareng keluarga ataupun pada waktu senggang lainnya. Aroma cokelat khas kue brownies dipadu baluran cokelat luar yang tebal abis bikin kamu ketagihan. Mau tahu resep donat brownies yang satu ini?

Kue donat brownies ini bisa kamu recook di rumah lho. Resepnya gampang dan mudah dipraktekkan. Simak resep donat brownies dan cara membuatnya di bawah ini!

  1. Siapkan bahan-bahan untuk bikin donat brownies yang cakep ini!

Bahan yang diperlukan:

  • 3 butir telur
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdm sp
  • sedikit garam
  • 90 gr terigu
  • 30 gr cokelat bubuk
  • 1/3 sdt kecil baking powder
  • 100 gr DCC
  • 125 ml minyak sayur

Bahan toping:

  • cokelat batangan/dcc
  • mesis
  1. Buat adonan terlebih dahulu!

Langkah pertama adalah lelehkan dulu DCC dan minyak dengan cara ditim. Sisihkan bahan cair ini terlebih dahulu. Selanjutnya aduk telur, gula pasir, SP, dan garam hingga mengembang kental berjejak. Baru masukkan tepung yang sudah diayak sebelumnya serta cokelat yang sudah dicairkan tadi. Aduk hingga rata.

  1. Tuang ke cetakan lalu kukus

Kamu perlu menyiapkan cetakan berbentuk donat yang sudah diolesi dengan mentega tipis-tipis dengan ukuran cetakan 9cm dengan durasi 15 menit ketika mengukus atau bisa disesuaikan dengan cetakan masing-masing. Ketika dirasa sudah matang, angkat dan biarkan agak dingin lalu beralih pada langkah selanjutnya.

  1. Beri topping sesuai selera

Siapkan juga DCC yang sudah dilelehkan untuk baluran luar brownies. Caranya cukup gampang. Cukup celupkan brownies yang sudah berbentuk donat pada lelehan cokelat lalu taburi dengan meses di atasnya. Untuk topping ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya.

  1. Tips membuat yang bisa kamu terapkan
  • Pilih alat pengukus yang tepat, sebab jika alat pengukus lebih besar dari loyang, uap yang dihasilkan akan lebih banyak hingga membuat brownies jadi bantat.
  • Alasi dengan kain tutup pengukus agar uapnya tidak jatuh pada adonan brownies.
  • Atur api kompor tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil agar brownies tidak kempis.
  • Tepung terigu protein sedang paling cocok untuk bikin brownies. Sat mengocok adonan brownies cukup dengan kecepatan rendah dan jangan terlalu lama agar hasil brownies-nya tidak bantat.

Nah, cukup mudah bukan resep donat brownies kukus di atas? Waktunya coba resepnya di rumah nih dan nikmati hasilnya bareng keluarga. Selamat mencoba. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes

 

 

 

Resep Bikin Es Lilin Pelangi

Resep Bikin Es Lilin Pelangi

Akurasi.id – Menyantap camilan yang menyegarkan memang pas banget saat cuaca sedang terik seperti belakangan ini. Salah satunya es lilin pelangi. Menikmati es lilin ini akan membuatmu bernostalgia dengan masa kecil, ya gak?

Jika ingin membuatnya, yuk intip resep es lilin pelangi di bawah ini. Warnanya cantik dan rasanya dijamin segar banget. Cara membuatnya mudah, kamu hanya butuh beberapa pewarna makanan untuk mewarnai jelinya. Simak resepnya yang nyegerin berikut ini, ya.

  1. Bahan-bahan

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus Nutrijell kelapa atau leci, opsional
  • 1,5 liter air
  • 200 gram gula pasir
  • 100 ml kental manis
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • pewarna makanan warna merah, kuning, biru, dan hijau
  • plastik es lilin secukupnya
  • plasik segitiga secukupnya
  1. Campur semua bahan-bahan

Langkah pertama, campur Nutrijel, gula pasir, tepung maizena, kental manis, dan air. Masak larutan es lilin dengan api sedang, aduk-aduk hingga mendidih. Kalau sudah, matikan api.

  1. Beri pewarna makanan

Berikutnya, bagi larutan es lilin menjadi empat bagian. Berikan warna pada masing-masing bagian, lalu aduk merata. Kalau sudah, diamkan hingga menjadi jeli.

  1. Masukkan es lilin pelangi ke dalam plastik

Jika sudah menjadi jeli, masukkan masing-masing bagian ke dalam plastik segitiga, lalu ikat atasnya. Gunting ujung plastik, kemudian masukkan ke dalam plastik es lilin.

Masukkan jeli berurutan sesuai dengan warna pelangi. Setelah itu, ikat ujung es lilin dengan karet. Ulangi hingga jeli habis.

  1. Bekukan hingga es lilin mengeras

Terakhir, bekukan es lilin pelangi di freezer hingga beku. Dinginkan selama kurang lebih lima jam hingga teksturnya benar-benar mengeras.

Gimana, mudah, kan membuatnya di rumah? Warnanya cantik dan rasanya enak banget. Selamat mencoba!

jangan lupa share ke rekan-rekan ya. agar semua dapat menikmati camilan segar nan ringan ini. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

Resep Bakpao Isi Daging Lembutnya Bikin Nagih

Resep Bakpao Isi Daging Lembutnya Bikin Nagih

Akurasi.id – Siapa yang belum pernah makan bakpao? Kamu pasti pernah makan atau setidaknya melihat penjualnya pinggiran jalan, deh. Makanan berbentuk bulat berwarna putih ini adalah salah satu kudapan asal China yang paling terkenal. Pasti mau tau kan resep bakpao isi daging?

Soal isian, jenisnya beragam. Ada yang cokelat, kacang tanah, kacang hijau, dan lainnya. Namun, yang paling gemari adalah isian tumisan daging. Tekstur bakpao yang lembut dengan daging berpadu sempurna di mulut. Cocok buat camilan atau menu sarapan.

Gak perlu ribet beli di luar, bikin bakpao isi tumisan daging ternyata gampang, lho. Kamu yang pemula pasti bisa, simak resep bakpao isi daging berikut ini, deh!

  1. Bahan membuat bakpao isi daging

Bahan adonan bakpao:

  • 350 gram tepung rendah protein
  • 2 sdt gula
  • 3 gram ragi
  • 200 ml air dingin
  • 30 gram mentega putih
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan tumis daging: 

  • 200 gram daging sapi yang dicincang
  • 1/2 buah wortel
  • 1 buah kentang
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 batang daun bawang
  • 50 ml air
  • 2 sdm minyak
  • 1 bawang bombay
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • kaldu secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  1. Masukkan bahan bakpao ke dalam mikser

Siapkan mikser dan wadah mangkuk di atas meja. Campur tepung terigu, gula pasir, garam, dan ragi ke dalam wadah, aduk merata.

Setelah itu, ayak campuran tepung ke dalam wadah sampai halus. Kemudian, tambahkan mentega putih dan tuang air secara perlahan. Aduk menggunakan mikser sampai adonannya kalis.

  1. Timbang adonan, lalu diamkan

Ambil adonan yang sudah kalis tadi, lalu kempiskan dan uleni kembali sebentar. Kemudian, siapkan timbangan digital.

Ambil adonan bakpao sedikit sampai menyentuh berat 50 gram dan lakukan sampai habis. Nah, kalau sudah, tutupi adonan dengan plastik dan tunggu sampai mengembang.

  1. Masak tumis daging hingga matang

Sambil menunggu adonan mengembang, siapkan teflon dan beri sedikit minyak. Setelah minyak panas, masukkan bawang bombay dan masak sampai harum. Masukkan daging sapi cincang dan madak sampai berubah warna.

Jangan lupa tambahkan wortel dan kentang sambil terus diaduk. Perlahan, beri garam, merica, gula, dan kaldu. Kemudian, siram dengan air, kecap manis, dan saus tiram.

Gak boleh ketinggalan, tambahkan daun bawang ke dalam masakan dan aduk-aduk. Tes rasanya, kalau sudah pas, tutup teflon dan tunggu sampai airnya menyusut.

  1. Isi bakpao, lalu kukus hingga matang

Ambil adonan bakpao dan pipihkan. Beri isian tumis daging secukupnya dan rekatkan antara satu sisi adonan dengan sisi lain, lalu bulatkan. Lakukan hal yang sama sampai adonannya habis. Istirahatkan kembali adonannya selama 15 menit.

Selanjutnya, siapkan panci kukusan dan masak selama 15 menit terhitung dari panci kukusan sudah panas ya. Setelah matang, jangan langsung diangkat, namun diamkan selama 2 menit lebih dulu. Sajikan bakpao isi daging selagi hangat, ya!

Gimana, gampang banget, kan? Bakpao tumis daging siap disajikan selagi hangat bersama secangkir teh tawar. Selamat mencoba, ya! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

Resep Orek Tempe Kering yang Sederhana

Resep Orek Tempe Kering yang Sederhana

Akurasi.idTempe merupakan bahan yang sangat mudah ditemukan di mana-mana. Rasanya pun sangat lezat, meski hanya digoreng. Apalagi kalau dibumbui sedemikian rupa, pasti makin enak, ya? Penasaran bagaimana resep orek tempe kering?

Kalau kamu bingung mau bikin olahan tempe apa karena saking seringnya, kali ini kamu bisa memasak orek tempe kering. Cara bikinnya pun mudah, cocok untuk menu makan siang. Simak cara membuat dan resep orek tempe kering berikut ini!

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 2 papan tempe
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabai merah besar
  • 200 ml air
  • 2 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh asam jawa
  • garam secukupnya
  • minyak secukupnya
  1. Goreng tempe sampai matang

Letakkan tempe di atas talenan, kemudian potong sesuai selera. Siapkan wajan yang telah diberi minyak, lalu panaskan.

Tambahkan irisan tempe ke dalamnya, kemudian goreng sampai kering. Barulah angkat dan tiriskan supaya tak ada minyak tersisa.

  1. Tumis bawang sampai harum

Tuang minyak ke dalam wajan terpisah, lalu panaskan. Tambahkan irisan bawang putih dan bawang merah ke dalamnya, lalu tumis sampai mengeluarkan aroma harum. Masukkan cabai yang telah dihaluskan, kemudian aduk kembali.

  1. Campurkan bahan-bahan lainnya, aduk merata

Tambahkan gula merah dan air ke dalamnya, campurkan semua bahan sampai merata. Berikan garam dan asam jawa, aduk sampai merata. Masak sampai mendidih dan mengental, barulah matikan api.

  1. Tambahkan tempe ke campuran bumbu

Setelah panasnya berkurang, tambahkan tempe goreng ke dalam wajan berisi bumbu. Campurkan semua bahan sampai merata. Cicipi dahulu supaya rasanya sesuai selera. Angkat dan sajikan orek tempe kering bersama nasi hangat.

Itulah cara membuat dan resep orek tempe kering untuk menu makan siang hari ini. Simpan di dalam wadah tertutup, biar lebih awet jadi stok lauk. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

Resep Bubur Kacang Hijau yang Menghangatkan Perut

Resep Bubur Kacang Hijau yang Menghangatkan Perut

Akurasi.id Cuaca sedang tak menentu, kadang hujan, kadang sangat terik. Peralihan cuaca seperti ini membuat badan jadi rawan terserang penyakit. Makanan yang enak nan menghangatkan di tengah kondisi seperti adalah bubur kacang hijau. Mau tahu resep bubur kacang hijau?

Nah, biar badan terasa lebih hangat dan segar, cobalah membuat bubur kacang hijau. Kuahnya terasa begitu nikmat, berpadu sempurna dengan kelembutan kacang hijau. Selengkapnya, simak resep bubur kacang hijau di bawah ini ya!

  1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan:

  • 2,5 liter air mineral
  • 250 gram kacang hijau, dibersihkan dan direndam selama 5 jam
  • 200 mililiter santan instan
  • 250 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 1 ruas jahe, dipotong-potong
  1. Larutkan gula merah dan masak kacang hijau

Siapkan panci dan tuang air mineral ke dalamnya, lalu didihkan di atas kompor. Jika sudah mendidih, masukkan gula merah. Aduk-aduk hingga larut, kemudian matikan api dan saring air gula merah.

Buang kotoran yang tersaring dan tuang larutan gula merah kembali ke dalam panci. Nyalakan kompor dan masukkan kacang hijau yang telah dibersihkan ke dalamnya. Masak dengan api sedang dan aduk-aduk sampai mendidih.

  1. Masukkan daun pandan dan jahe

Ikat daun pandan dan masukkan ke dalam panci. Masukkan juga potongan jahe ke dalamnya dan masak bersama sampai matang. Jika sudah mendidih, pastikan tekstur kacang hijau mekar dan jangan sampai hancur.

  1. Masukkan gula pasir dan santan

Masukkan gula pasir ke dalam panci, lalu aduk sejenak sampai larut. Tuang santan instan dan aduk terus menerus sampai mendidih. Pastikan untuk tetap mengaduk supaya santan tidak pecah dan larut.

Larutkan tepung maizena dengan sedikit air mineral, lalu tuang ke dalam panci. Aduk-aduk hingga kembali mendidih dan pastikan tesktur bubur kacang hijau sudah sesuai selera. Matikan api kompor dan sajikan bubur kacang hijau di meja makan.

  1. Tips supaya tekstur bubur kacang hijau

Kalau kamu suka dengan tekstur yang kental, tambahkan larutan tepung maizena lagi. Pastikan kamu menambahkannya saat bubur kacang hijau masih dimasak di atas kompor yang menyala.

Namun, kalau kamu lebih suka tekstur yang cair, sebaiknya tidak perlu menambahkan larutan tepung maizena. Memilih kacang hijau yang segar juga jadi kunci kenikmatannya, lho.

Ini dia resep bubur kacang hijau yang bisa kamu coba di rumah. Nikmat banget sebagai camilan yang menghangatkan perut. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

Resep Membuat Pisang Coklat, Enak dan Lumer di Lidah

Resep Membuat Pisang Coklat, Enak dan Lumer di Lidah

Akurasi.id – Siapa, sih yang tidak kenal dengan jajanan ini? Pisang cokelat atau yang biasa disebut piscok ini menjadi cemilan favorit banyak orang. Mau tahu resep membuat pisang coklat?

Piscok biasa dijual sebagai jajanan kaki lima dengan harga murah meriah. Kalau lagi malas mencari piscok di luar, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya mudah, berikut resep membuat pisang coklat yang enak dan lumer di mulut. Dilansir dari idntimes.com, Senin (18/10/2021).

  1. Bahan-bahan membuat piscok lumer

Bahan utama:

  • 1 bungkus kulit lumpia
  • 2 buah pisang
  • minyak untuk menggoreng
  • 1 gelas air untuk perekat
  • 1 sdm tepung terigu

Bahan pelengkap:

  • 1 bungkus meses cokelat
  • 1 bungkus susu kental manis
  1. Campurkan tepung terigu dengan air

Agar pisang dan kulit lumpia tetap menyatu, lalu campurkan tepung terigu dengan air sebagai alat perekat. Oleskan campuran terigu dengan air di pinggir kullit lumpianya saja.

  1. Potong pisang jadi delapan bagian

Potonglah pisang menjadi bagian-bagian kecil, jangan terlalu besar. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses penggorengan piscok.

  1. Isi kulit lumpia dengan pisang

Setelah itu, letakkan pisang di atas selembar kulit lumpia, kemudian berikan olesan tepung dengan air dipinggir kulit lumpia. Tambahkan meses cokelat sebagai isian piscok.

Berikutnya, gulung kulit lumpia sampai menyelimuti pisang. Lakukan hal ini hingga kulit lumpia habis.

  1. Menggoreng piscok

Siapkan wajan panas dengan api kecil. Masukkan adonan piscok ke dalam minyak panas. Tunggu hingga kecokelatan, lalu tiriskan.

  1. Pindahkan ke piring saji

Setelah ditiriskan, pindahkan piscok di atas piring saji. Kamu bisa menambahkan susu kental manis di atas piscok sebagai pemanis. Piscok siap disantap sebagai camilanmu hari ini.

Itulah cara mudah membuat piscok yang enak. Kamu bisa menikmatinya sambil bekerja maupun saat santai sore di rumah. Gimana? Mudah kan cara membuatnya. Dijamin ketagihan membuatnya. Lumernya bikin good mood! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

Resep Kue Spikoe Surabaya, Lezatnya Tak Pernah Pudar

Resep Kue Spikoe Surabaya, Lezatnya Tak Pernah Pudar

Akurasi.id – Siapa sih yang gak tahu kue kuno khas Surabaya? Ya, kue spikoe atau kue lapis surabaya ini disukai semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Saking terkenalnya, kamu bisa menemukan kue spikoe di mana saja. Mau tahu resep kue spikoe Surabaya?

Namun, jika kamu penasaran ingin mencoba membuatnya sendiri juga bisa. Berikut resep kue spikoe Surabaya yang bisa kamu coba di rumah. Cocok jadi teman ngopi atau nge-teh. Dilansir dari idntimes.com, Sabtu (16/10/2021).

  1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan:

  • 120 gram gula
  • 75 gram margarin
  • 50 gram mentega
  • 45 gram tepung terigu
  • 15 gram tepung maizena
  • 8 butir kuning telur
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan susu bubuk
  • 1 sendok makan kental manis
  • 1 sendok teh minyak goreng
  • 1 sendok teh mayones
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 5 gram cokelat bubuk, beri sedikit air panas hingga mengental
  • selai stoberi secukupnya
  1. Ayak tepung

Pertama, campurkan kental manis, mayones, dan minyak goreng dalam wadah. Aduk rata, lalu sisihkan. Ayak tepung terigu, vanili, dan susu bubuk.

  1. Buat adonan kue spikoe

Selanjutnya, kocok telur dan gula sampai putih dan kental. Tambahkan campuran tepung terigu tadi, kocok sebentar. Masukkan campuran mayones, kocok kembali.

Lelehkan margarin dengan mentega, lalu tuangkan ke adonan. Aduk merata. Pastikan semua campuran benar-benar tidak ada yang terpisah, ya. Setelah itu, bagi adonan menjadi tiga, beri pasta cokelat di salah satu bagiannya.

  1. Panggang kue spikoe

Siapkan loyang bersekat, olesi dengan margarin dan beri kertas roti. Tuang adonan ke dalam loyang, lalu panggang selama kurang lebih 25 menit dengan suhu 200 derajat Celsius.

Setelah dipanggang selama 25 menit, tusuk adonan kue dengan lidi untuk memastikan kematangannya. Jika tidak basah, berarti kue sudah matang. Dinginkan.

  1. Cara penyajian dan tips

Langkah terakhir, olesi sisi atas kue dengan selai stroberi, lalu tumpuk dengan warna kuning, cokelat, kuning. Potong sesuai selera.

Resep ini menggunakan mayones agar kue spikoe lebih moist. Jangan terlalu lama mengocok campuran tepung, mayones, dan mentega, agar kue spikoe tidak bantat. Kocok asal rata saja.

Meski membuatnya agak sulit untuk pemula, tapi rasanya dijamin mantap banget. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

Resep Bolu Pandan Susu Panggang

Resep Bolu Pandan Susu Panggang

Akurasi.idBolu pandan biasanya dijadikan camilan keluarga di saat berkumpul bersama. Apalagi kalau disajikan bersama teh atau pun susu hangat yang terasa nikmat. Mau tahu cara bikin kue bolu pandan susu panggang? Kalau kamu berhasil mencobanya, dijamin kamu bakal ngunyah terus.

Bingung cari ke mana bolu pandan susu? Tenang, kamu bisa bikin sendiri di rumah. Yuk, simak dulu cara membuat dan resep bolu pandan susu panggang yang lezat berikut ini! Dilansir dari idntimes.com, Jumat (15/10/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 400 gram tepung terigu
  • 400 gram gula
  • 200 gram margarin
  • 200 ml minyak sayur
  • 12 butir telur
  • 2 sendok teh emulsifier
  • 54 gram susu bubuk
  • pasta pandan secukupnya
  • bubuk vanili secukupnya
  1. Aduk beberapa bahan di dalam wadah

Di dalam wadah, masukkan telur, gula, bubuk vanili, dan emulsifier. Gunakan mikser dengan kecepatan paling tinggi sampai teksturnya jadi kental. Setelah itu, turunkan kecepatan mikser, barulah masukkan susu dan tepung terigu sembari diayak.

  1. Tambahkan margarin dan minyak

Berikan pasta pandan ke dalam wadahnya, lalu campurkan semua bahan sampai merata. Matikan mikser dahulu, kemudian masukkan margarin dan minyak secara bergantian. Aduk menggunakan spatula sampai merata.

  1. Siapkan loyangnya dahulu sebelum adonan dimasukkan

Pastikan tak ada margarin yang mengendap di bawah wadah. Kalau sudah tercampur merata, siapkan loyang dahulu dengan mengolesi margarin dan tepung. Tuang adonan ke dalamnya secara perlahan.

  1. Oven sampai matang, angkat dan sajikan

Panaskan oven dahulu sebelum memasukkan adonan ke dalamnya. Setelah panas, barulah masukkan adonan dan masak selama kurang lebih 40 menit dengan api sedang. Matikan oven, lalu angkat.

Biarkan kue bolu dingin dahulu di suhu ruangan. Kalau sudah, bolu pandan susu panggang siap disajikan.

Itulah cara membuat dan resep bolu pandan susu panggang yang lezat. Sajikan bersama susu hangat biar makin nikmat, ya. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

 

 

 

Resep Semur Ayam Betawi yang Praktis

Resep Semur Ayam Betawi yang Praktis

Akurasi.idSemur biasanya menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Kalau gak suka, daging sapi bisa digantikan dengan daging ayam yang tak kalah enak. Ingin bikin sendiri semur ayam di rumah? Ternyata cara membuatnya cukup mudah diikuti siapa pun, lho. Simak cara membuat dan resep semur ayam khas Betawi berikut ini! Dilansir dari idntimes.com, Kamis (14/10/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 1/2 ekor ayam
  • 3 buah kentang
  • 1 batang serai
  • 1 lembar daun salam
  • 1 buah biji pala
  • 1/2 batang kayu manis
  • kecap manis secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • kemiri secukupnya
  • ketumbar secukupnya
  • lada secukupnya
  1. Blender bumbu halus dahulu

Masukkan semua bahan bumbu halus ke dalam blender, lalu haluskan. Siapkan wajan yang telah diberi minyak dan panaskan. Tambahkan bumbu halus ke dalamnya. Barulah masukkan kayu manis, pala, daun salam, dan serai.

  1. Tumis bumbu halus bersama bahan lainnya

Tumis semua bahan sampai mengeluarkan aroma harum. Barulah masukkan ayam yang telah dipotong, aduk sampai merata. Tambahkan irisan kentang ke dalamnya. Tuang air sedikit demi sedikit, campurkan kembali.

  1. Masukkan kecap manis sembari diaduk

Tambahkan kecap manis ke dalamnya, aduk sampai merata. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit sampai kuahnya mengental. Cicipi dahulu kuahnya supaya rasanya pas. Pastikan tak terlalu manis atau asin, ya!

  1. Tambahkan cabai ke dalamnya

Kalau ingin rasanya lebih pedas, coba tambahkan irisan cabai ke dalamnya. Setelah itu, aduk terus-menerus sampai merata.

Cicipi kembali sebelum disajikan bersama nasi hangat. Matikan kompor, diamkan sejenak, lalu angkat. Semur ayam siap dihidangkan.

Nah, itulah cara membuat dan resep semur ayam khas Betawi. Lebih enak lagi kalau ditambahkan irisan cabai, nih! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id