Tag Archive for: Resep Camilan

Ini Resep Pisang Goreng Wijen Saus Srikaya Cemilan Enak

Ini Resep Pisang Goreng Wijen Saus Srikaya Cemilan Enak

Akurasi.id – Sore-sore emang paling enak ngemil, apalagi kalau camilannya pisang goreng sebagai teman minum teh. Nah, kali ini ada resep pisang goreng wijen yang rasanya manis gurih. Sebagai penambah rasa, kamu bisa pakai saus srikaya yang legit dan gampang banget dibuat.

Ini dia resep pisang goreng wijen saus srikaya, dilansir dari idntimes.com, Sabtu (07/08/2021), Duh, jadi ngiler!

1. Bahan pisang goreng

• 10 buah pisang kepok

• 80 gram tepung terigu

• 70 gram tepung beras

• 3 sendok makan gula

• 1 sachet susu kental manis vanila

• 1/2 sendok teh garam

• 180 ml air

• 1 sendok makan wijen putih

• 1 sendok makan wijen hitam

2. Potong-potong pisang

Supaya menikmati pisang gorengnya makin gampang, potong pisang menjadi dua bagian atau seukuran ibu jari. Dengan begitu, pisang akan seukuran sekali makan.

Setelah semua dipotong, sisihkan, ya!

3. Buat adonan pisang

Dalam sebuah mangkuk ukuran sedang, campur tepung terigu dengan tepung beras. Masukkan juga susu kental manisnya. Jangan lupa tambahkan juga gula, garam, dan tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jangan terlalu kental, tapi jangan encer.

4. Masukkan pisang ke dalam adonan tepung dan goreng sampai kecokelatan

Tambahkan wijen putih dan hitam, masukkan potongan pisang dan aduk-aduk. Pastikan wijen, pisang, dan adonan tercampur rata. Setelahnya, panaskan minyak dalam penggorengan. Goreng pisang sampai warnanya berubah kecokelatan.

5. Bahan dan cara masak saus srikaya

Bahan:

• 450 ml santan instan

• 250 gram gula pasir

• 70 gram gula merah

• 3 butir kuning telur

• 2 lembar daun pandan

• 1/2 sendok teh garam

Cara masak:

1. Siapkan panci ukuran sedang. Tuang gula pasir, gula merah, santan, dan daun pandan. Sambil dimasak dalam api sedang, aduk-aduk supaya tidak menggumpal.

2. Tuang telur yang dikocok lepas ke dalam adonan. Tuang sedikit demi sedikit santan dan aduk kembali sampai merata.

3. Taburi garam, aduk, dan masak sampai mendidih.

Selesai! Sajikan pisang goreng wijen bersamaan dengan saus srikayanya selagi hangat. Jangan lupa teh panas tawar supaya acara ngemilmu makin sempurna. Yummy! (*)

Editor: Yusva Alam

 

Resep Kue Pancong Lumer, Camilan untuk Santai Soremu

Resep Kue Pancong Lumer, Camilan untuk Santai Soremu

Akurasi.id – Beberapa jajanan tradisional khas Indonesia kini mulai sulit dicari. Salah satunya kue pancong asal Jakarta. Kue ini terbuat dari tepung terigu, gula pasir, santan, dan kelapa parut. Rasanya sangat gurih. Kami bagikan resep kue pancong untuk menemani santai soremu.Kue pancong paling enak disajikan dengan teh hangat sembari santai sore. Manis dan gurihnya melekat banget di mulut.

Walau mulai sulit didapatkan, kamu bisa bikin kue pancong sendiri, kok. Simak resep kue pancong lumer berikut ini, ya! Dilansir dari idntimes.com, Jumat (06/08/2021).

  1. Bahan membuat kue pancong

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung ketan
  • 300 gram kelapa setengah tua
  • 250 gram gula merah
  • 500 ml santan cair
  • 1 sdm air kapur sirih
  • 1 sdm gula pasir
  • garam secukupnya
  1. Parut kelapa dan gula merah

Kupas terlebih dahulu kulit kelapa hingga bersih. Cuci kelapa dengan air mengalir, lalu keringkan. Kemudian, parut kelapa di dalam wadah sampai habis. Sisihkan.

Setelah itu, lanjutkan dengan memarut atau menyisir gula merah. Lakukan sampai habis tanpa membuatnya meleleh. Sisihkan di dalam wadah berbeda.

  1. Campur tepung ketan dengan bahan lain

Siapkan wadah cukup besar, lalu masukkan tepung ketan, parutan kelapa, air kapur sirih, gula pasir, dan garam. Aduk semua bahan tersebut hingga merata.

Selanjutnya, tuang santan cair perlahan ke dalam adonan tepung. Lakukan sambil diaduk dengan spatula. Aduk terus sampai menjadi adonan yang kental dan tak ada yang menggumpal.

  1. Masak kue pancong hingga matang

Letakkan cetakan kue pancong di atas kompor. Panaskan sebentar dengan api kecil, lalu olesi dengan minyak atau mentega tipis-tipis.

Tuang adonan ketan ke dalam cetakan, cukup separuh bagian saja. Tambahkan sisiran gula merah di setiap cetakan dan tumpuk lagi dengan adonan. Tutup cetakan dan biarkan matang.

  1. Sajikan kue pancong dengan lelehan gula

Kalau dirasa sudah matang, periksalah dengan melihat bagian bawahnya. Kalau sudah kecokelatan dan kering, segera angkat dan dinginkan. Lakukan proses memasak hingga adonannya habis.

Sajikan kue pancong dengan taburan gula halus atau bisa juga lelehan gula merah. Tipis-tipis saja, karena di dalamnya sudah diberi isian. Nikmati kue pancong selagi hangat.

Begitulah resep dan cara praktis membuat kue pancong yang lumer di mulut. Gurih dan manisnya berpadu sempurna, menggoyang lidah banget. Selamat mencoba! (*)

Editor: Yusva Alam

Resep Odading Kopong Empuk dan Antibantet

Resep Odading Kopong Empuk dan Antibantet

Akurasi.id – Sempat jadi viral dan banyak diburu, odading memang camilan yang gak sekadar enak tapi juga bisa jadi penunda lapar karena ukurannya yang besar dan padat. Namun ternyata gak semua suka odading yang padat ini, lho. Makanya banyak yang mencari odading kopong yang dinilai lebih empuk dan gak bantet. Ini resep odading kopong empuk dan antibantet.

Kalau kamu salah satunya, yuk, cobain resep odading kopong di bawah ini! Dilansir dari idntimes.com, Rabu (04/08/2021), rasanya gak cuma lebih lembut, tapi juga enak dinikmati selagi hangat. Yummy!

  1. Bahan yang dibutuhkan
  • 250 gram tepung protein sedang
  • 80 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 75 ml air hangat
  • 100 ml susu
  • 25 gram margarin
  • 1/4 sendok teh garam
  1. Campur bahan-bahan seperti tepung dan lainnya

Siapkan sebuah mangkuk besar. Masukkan tepung, gula, ragi, telur, baking powder, dan air hangatnya. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.

  1. Tambahkan margarin

Tambahkan margarin ke dalam adonan tadi. Setelahnya tambahkan garam dan uleni perlahan sampai membentuk adonan yang lembut. Gak perlu diuleni terlalu lama, tapi setidaknya semua tercampur rata.

  1. Diamkan selama 30 menit atau sampai mengembang

Tunggu adonannya mengembang, setidaknya selama 30 menit. Setelahnya, ambil sedikit demi sedikit dan bentuk bulan-bulat. Setelahnya olesi dengan wijen sampai menempel di bagian atas. Biar makin mantap rasanya, jangan lupa olesi dengan susu, ya!

  1. Siapkan rolling pin dan gilas masing-masing bulatan

Siapkan rolling pin atau jika kamu gak punya, bisa menggunakan botol kaca bekas sirup, ya! Gilas masing-masing bulatan adonan tadi sampai pipih, tapi jangan terlalu tipis.

  1. Goreng menggunakan api kecil hingga sedang

Panaskan minyak dalam penggorengan, kemudian goreng odading menggunakan api kecil hingga sedang supaya tidak cepat gosong. Nah, goreng sampai warnanya berubah kuning keemasan.

Yeay, odading buatan kamu siap dinikmati selagi hangat, nih. Siapkan juga secangkir teh hangat sebagai temannya, ya! (*)

Editor: Yusva Alam

Ini Resep Keju Aroma Krispi dan Anti Gagal!

Ini Resep Keju Aroma Krispi dan Anti Gagal!

Akurasi.id – Namanya industri panganan, selalu ada yang baru dan gak pernah gagal bikin ngiler. Salah satunya yang lagi viral dan banyak dicari adalah resep keju aroma. Itu lho, keju yang dibungkus dengan kulit lumpia kemudian digoreng untuk mendapatkan hasil yang krispi, lengkap dengan rasa manis dan gurih.

Biar gak ketinggalan dan tahu rasanya, yuk bikin keju aroma sendiri. Gampang banget kok resepnya, bahannya juga gak pakai mahal. Gak perlu lagi sedih karena kehabisan!

Dilansir dari idntimes.com, Rabu (14/07/2021) berikut resep keju aroma.

  1. Bahan yang dibutuhkan

Bahan kulit lumpia: 

  • 250 gram tepung terigu
  • 1 butir putih telur
  • 375 ml air
  • Sejumput garam

Bahan lainnya: 

  • Keju batang yang dipotong memanjang
  • 1 butir putih telur untuk perekat
  • Susu kental manis rasa cokelat
  • Minyak goreng
  1. Buat kulit lumpia

Campur tepung terigu, telur, air, dan sejumput garam dalam sebuah wadah. Aduk perlahan sampai tercampur dan adonan tidak bergerindil.

Siapkan wajan anti lengket, panaskan, dan tuang adonan ke wajan sambil dimiring-miringkan sampai seluruh permukaan tertutup adonan dan menghasilkan kulit yang tipis. Lakukan sampai adonan habis.

  1. Isi kulit lumpia dengan keju

Setelah kulit lumpianya dingin, saatnya untuk diisi. Letakkan satu kulit lumpia ke atas piring, olesi dengan susu kental manis secara acak,supaya rasa manisnya terasa.

Kemudian letakkan keju ke kulit lumpia dan gulung dengan ketat. Jika sudah hampir sampai di pinggir bagian kulit, olesi pinggirnya dengan putih telur sebagai perekat. Lakukan hal yang sama sampai habis.

  1. Panaskan penggorengan dalam wajan

Panaskan minyak dalam penggorengan. Setelahnya, goreng keju aroma sampai warnanya berubah kuning keemasan. Supaya minyak tidak mengendap banyak, tiriskan dan letakkan pada tisu penyerap minyak.

  1. Sajikan selagi hangat!

Selesai! Gampang banget ‘kan bikin keju aroma ala kamu sendiri? Pun selain dengan susu kental manis rasa cokelat, kamu bisa menggantinya dengan gula pasir atau palm sugar. Atau, jika ingin keju yang meleleh, ganti keju cheddar dengan mozarella.

Sajikan selagi hangat dan bisa kamu nikmati sambil nonton drama korea, nih. Selamat mencoba, ya! (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Resep Perkedel Tahu Enak, Lauk Makan Siang yang Praktis Banget

Resep Perkedel Tahu Enak, Lauk Makan Siang yang Praktis Banget

Resep Perkedel Tahu Enak, Lauk Makan Siang yang Praktis Banget

Gak cuma bisa jadi lauk yang lezat, perkedel tahu juga bisa jadi camilan sore hari. (instagram.com/maybelin_ma)

Akurasi.id – Perkedel jadi salah satu jenis lauk yang sangat mudah dibuat. Lembutnya kentang langsung terasa ketika pertama kali digigit. Namun, sebenarnya kamu bisa membuat perkedel dari bahan lainnya, seperti tahu. Berikut resep perkedel tahu enak.

Tekstur tahu saat dihancurkan bakal mirip dengan kentang, hanya saja bakal terasa lebih ringan. Gak cuma bisa jadi lauk yang lezat, perkedel tahu juga bisa jadi camilan sore hari. Dilansir dari idntimes.com, Jumat (09/07/2021), berikut resep perkedel tahu enak.

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 300 gram tahu putih
  • 1 butir telur
  • 2 siung bawang putih
  • 2 batang daun bawang
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  1. Hancurkan tahu dan campur dengan telur

Siapkan wadah cukup besar, lalu masukkan tahu ke dalamnya. Hancurkan tahu menggunakan masher atau garpu hingga benar-benar halus. Namun, pastikan tahu tak sampai mengeluarkan air, ya.

Selanjutnya, kocok satu butir telur di dalam mangkuk terpisah hingga mengembang. Tuang kocokan telur tersebut ke adonan tahu yang sudah halus. Aduk sesekali hingga tercampur merata.

  1. Masukkan bawang putih dan tepung terigu

Haluskan dua siung bawang putih hingga halus menggunakan ulekan, lalu sisihkan. Iris tipis menyerong daun bawang sampai habis. Jika sudah, masukkan kedua bahan tersebut ke dalam adonan tahu dan aduk merata.

Setelah itu, tambahkan tepung terigu ke dalam adonan, aduk sampai tercampur rata. Bumbui adonan yang sudah memadat dengan garam dan lada bubuk. Aduk kembali hingga rasanya pasa dan tercampur dengan baik.

  1. Goreng perkedel tahu hingga matang

Jika adonan sudah jadi, ambil satu sendok makan dan bentuk adonan menjadi bulat atau lonjong. Letakkan perkedel yang sudah dibentuk ke dalam wadah, lakukan sampai adonan perkedel habis.

Panaskan cukup banyak minyak goreng di dalam wajan dan tunggu hingga mendidih. Jika sudah, segera goreng perkedel tahu hingga kering dan matang.

Segera angkat perkedel tahu saat dirasa sudah matang. Sajikan perkedel tahu dengan saus sambal.

Nah, itulah resep praktis membuat perkedel tahu yang bisa kamu buat sebagai camilan selama di rumah saja. Meski sederhana, rasanya melekat banget di lidah. Yuk, coba praktikkan! (*)

Editor: Yusva Alam

 

Cobain Deh! Resep Membuat Cireng Kuah Seblak

Cobain Deh! Resep Membuat Cireng Kuah Seblak

Cobain Deh! Resep Membuat Cireng Kuah Seblak

Ilustrasi cireng kuah seblak (instagram.com/friyay_kitchen)

Akurasi.id – Cireng gak hanya bisa digoreng, kamu juga bisa mengolahnya dengan kuah pedas. Salah satunya cireng kuah seblak seperti ini.

Perpaduan cireng yang gurih dengan kuah seblak ini terasa membakar di lidah. Nikmatnya sudah gak perlu diragukan lagi, deh. Pencinta makanan pedas wajib coba resep membuat cireng kuah seblak berikut ini! Dilansir dari idntimes.com, Jumat (02/06/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan biang:

  • 75 gram tepung tapioka
  • 300 ml air

Bahan adonan:

  • 300 gram tepung tapioka
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • minyak secukupnya

Bahan kuah:

  • 300 ml air
  • 3 buah cabai merah
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 5 cm kencur
  • 2 sdm saus sambal
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  1. Buat adonan cireng

Tuang air ke dalam wajan, lalu masukkan tepung tapioka. Masak dengan api kecil hingga mengental dan kering, sisihkan. Setelah itu, masukkan tepung tapioka ke dalam wadah.

Campur dengan daun bawang, bawang putih, garam, lada bubuk, dan penyedap rasa. Aduk hingga merata. Tambahkan adonan biang, uleni dengan tangan hingga merata.

  1. Bentuk adonan, goreng cireng hingga matang

Selanjutnya, ambil sedikit adonan dan bentuk pipih. Lakukan hingga semua adonan habis. Setelah itu, panaskan minyak di dalam wajan.

Goreng cireng hingga matang berwarna kuning keemasan. Setelah matang, angkatdan tiriskan. Sisihkan dahulu.

  1. Buat kuah seblak

Berikutnya, haluskan cabai merah, cabai rawit merah, bawang putih, bawang merah, dan kencur. Setelah itu, tumis dengan minyak panas.

Tambahkan garam, penyedap rasa, dan saus sambal. Terakhir, tambahkan air, masak hingga mendidih dan matang.

  1. Campur cireng dengan kuah seblak

Setelah matang dan rasanya sudah sesuai. Siapkan cireng yang sudah digoreng. Campur cireng dengan kuah seblak. Cireng kuah seblak siap disajikan.

Itulah resep membuat cireng kuah seblak yang pedas dan gurih, dijamin bikin ketagihan! Dinikmati saat hujan, kenikmatannya jadi berlipat ganda, deh! (*)

Editor: Yusva Alam