Tag Archive for: Minuman Dingin

Varian Es Dawet Paling Menggoda Selera

Varian Es Dawet Paling Menggoda Selera

Akurasi.id – Siapa yang tak terpincut sama kesegaran es dawet? Minuman asli nusantara ini memadukan kuah santan, cincau, sagu mutiara, saus gula merah, serta es batu yang membuat makin ramai serta memikat. Apalagi bila varian es dawet ini beragam, tentu lebih nikmat lagi.

Rasanya manis legit dan gurih alami tanpa pengawet, membuat es dawet banyak digemari oleh berbagai kalangan. Bahkan, saking nikmatnya, es dawet ternyata memiliki berbagai macam varian lho. Mau tahu apa saja? Dilansir dari idntimes.com, Rabu (08/09/2021). Yuk, mari simak deretan varian es dawet seperti berikut ini!

  1. Es dawet jepara

Kalau berbicara soal es dawet terenak, es dawet jepara pastilah juaranya. Sesuai nama, minuman segar ini es berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Berbeda dengan es dawet dari daerah lain, es dawet jepara lebih memilih menggunakan tepung sagu aren sebagai bahan pembuatannya lho.

Sehingga, es dawet jepara punya tekstur lembut dan kenyal. Dalam seporsi es dawet jepara disajikan berisian saus gula merah, adonan dawet, santan, irisan buah, dan es batu. Tampilannya warna-warni dipadu isian melimpah, yakin, nih, gak mau coba kesegaran es dawet jepara?

  1. Es dawet grandul ketan

Tak kalah memikat dari es dawet jepara, minuman segar berasal dari Blitar ini juga memiliki cita rasa yang istimewa. Dalam penyajiannya, es dawet grandul ketan disajikan dengan isian candil, bubur sumsum, ketan hitam, sagu mutiara, kuah santan, es batu, dan saus gula merah.

Rasanya mantap dengan memadukan isian berlimpah, dijamin langsung puas deh menyantap satu mangkuk es dawet grandul ketan.

  1. Es dawet sambel

Dari deretan es dawet yang pernah kamu jumpai, mungkin sajian yang satu ini terbilang aneh tapi unik. Yup, es dawet ini dinamakan es dawet sambel. Dalam satu mangkuk es dawet asli Kulon Progo, Jogja, ini berisi adonan dawet berwarna putih, kecambah, bawang goreng, serta sambal kacang.

Menyuguhkan tampilan mirip soto ayam, tentu es dawet sambel menawarkan cita rasa manis pedas gurih yang bikin lidah terpana. Wajib dicicip, kala berwisata kulineran di Jogja ya!

  1. Es dawet ayu

Mungkin belum banyak yang tahu kalau es dawet ayu pernah dinobatkan sebagai minuman terpopuler lewat Anugerah Pesona Indonesia. Es dawet ayu memiliki komposisi cendol, kuah santan, saus gula merah, irisan buah nangka, durian, dan es batu.

Dilihat dari tampilannya, es dawet ayu menawarkan warna-warni kesegaran yang tak dapat kamu temui di luar daerah Banjarnegara. Aja kelalen dicicipi ya!

  1. Es dawet ireng

Menempuh waktu dua jam dari Banjarnegara ke Purworejo, kamu akan disuguhkan kesegaran es dawet ireng yang mampu menghilangkan haus dahaga. Dalam satu mangkuk sajian ini disuguhkan adonan dawet berwarna hitam, kuah santan, serta es batu.

Meski terlihat sederhana dan agak terasa kurang ramai, namun kenikmatan dari es dawet ireng tetaplah juara di lidah. Gak percaya? Cobain aja sendiri ketika mengunjungi Purworejo, dijamin pasti ketagihan deh!

  1. Es dawet durian

Mengunjungi Kota Semarang paling pas menikmati segarnya es dawet durian. Es dawet ini disajikan berupa isian buah durian, tape ketan, cincau, potongan nangka, alpukat, kuah santan, saus gula merah, dan tak lupa diberi serutan es batu.

Cita rasanya yang manis legit, makin menggugah selera berkat memadukan ragam isian melimpah. Wajib masuk bucket-list kulineranmu di Semarang ya.

  1. Es dawet telasih

Salah satu jajanan yang layak dicoba kala berada di Solo adalah es dawet telasih, tempatnya terletak di Pasar Gede Hardjonagoro. Es dawet telasih ini terdiri dari ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, biji selasih, sirup gula, kuah santan, dan es batu.

Disajikan dengan beragam isian melimpah membuat es dawet telasih terlihat berbeda dengan es dawet lain pada umumnya, tapi tidak mengurangi rasa kesegaran es dawet telasih itu sendiri.

  1. Es dawet batil

Meski dinamakan es dawet batil, sajian minuman segar khas Lamongan ini tidak diberi isian dawet melainkan batil. Batil merupakan sejenis roti yang dibuat dari tepung beras, ragi, dan parutan kelapa dengan cita rasa cenderung asam.

Jadi, satu porsi es dawet batil berisikan kacang hijau, agar-agar, buah siwalan, kuah santan, saus gula aren, dan es batu. Memiliki perpaduan cita rasa asam, manis, dan gurih. Pas banget dinikmati kala cuaca panas melanda, maknyus tenan!

  1. Es dawet jabung

Varian es dawet terakhir yang wajib kamu coba saat ke Ponorogo ialah bernama es dawet jabung. Es dawet jabung sendiri terdiri dari isian tape ketan, cendol, gempol, irisan nangka, es batu, saus gula aren, dan kuah santan.

Tekstur adonan gempol yang empuk dengan dipadu rasa manis gurih, sensasinya benar-benar menyegarkan tenggorokan.

Ragam sajian es dawet di atas memiliki tampilan menggugah selera dan isian melimpah yang jadi ciri khasnya masing-masing. Begitu pun dengan sensasi rasanya ada yang memadukan pedas, manis, asam, dan gurih segar. Kira-kira, mana saja nih varian es dawet yang pengin banget kamu coba dikala lapar haus melanda? (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

5 Resep Es Campur yang Segar dan Enak

Ini Dia 5 Resep Es Campur yang Segar dan Enak

Akurasi.id – Takjil atau menu berbuka puasa identik dengan makanan manis atau menyegarkan. Salah satunya es campur, siapa sih yang bisa menolak takjil satu ini? Berikut resep es campur yang enak dan segar.

Daripada kamu beli terus di luar, kamu bisa lebih hemat dengan membuatnya sendiri. Bisa buat ramai-ramai sekeluarga pula. Bahkan bagi kamu yang tinggal di kost, resep es campur di bawah ini bisa dipraktikkan, dilansir dari idntimes.com, Jumat (23/07/2021).

  1. Es campur sederhana

Bahan-bahan:

  • 150 gram cincau, potong dadu
  • 150 gram dawet
  • 200 gram kolang-kaling
  • 100 gram nangka, potong dadu
  • 200 gram kelapa muda
  • 1 buah alpukat, potong dadu
  • 3 lembar roti tawar, potong dadu
  • sirup sesuai selera
  • susu kental manis
  • es serut

Cara membuat:

  1. Bagi buah-buahan tersebut pada empat mangkuk sama rata (kita membuatnya untuk empat porsi ya).
  2. Masukkan es serut di atasnya, taburi dengan sirup dan susu kental manis.
  3. Untuk dressing, cukup tambahkan meses warna-warni atau apapun sesuai selera.
  1. Es campur kelapa muda

Bahan-bahan:

  • 2 buah kelapa muda, serut
  • Nata de coco secukupnya
  • Buah-buahan sesuai selera, potong-potong
  • Kolang-kaling secukupnya
  • 1 blok cincau hitam
  • Susu kental manis
  • Sirup cocopandan secukupnya
  • Siapkan es serut secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan mangkuknya dulu, kemudian tata buah-buahan yang sudah kamu siapkan. Buah yang biasa digunakan antara lain semangka, alpukat, melon, daging kelapa muda, dan lain-lain.
  2. Setelah selesai menata buah, campurkan bahan-bahan lainnya, seperti kolang-kaling, nata de coco, cincau, dan berbagai isian es campur.
  3. Supaya lebih segar, tambahkan es batu atau es serut di atasnya. Jangan lupa tambahkan sirup cocopandan dan susu kental manis secukupnya.
  4. Es campur kelapa muda siap untuk dihidangkan.
  1. Es campur Medan

Bahan yang dibutuhkan:

  • 150 gram kacang merah kalengan, siap pakai
  • 100 gram nangka matang, tanpa biji
  • 100 gram tapai ketan hijau
  • 50 gram jagung manis pipil kalengan atau beku
  • 50 gram sagu biji delima, siap pakai
  • 100 gram cendol hijau, siap pakai
  • es serut

Bahan sirup:

  • 100 gram gula merah, sisir
  • 50 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 2 lembar daun pandan, potong-potong atau simpulkan

Bahan kuah santan:

  • 250 ml santan dari ½ butir kelapa
  • ¼ sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan, potong-potong atau simpulkan

Cara membuat:

  1. Tiriskan kacang merah dari kalengnya, siram air panas, tiriskan. Potong-potong nangka ukuran 1×1 sentimeter.
  2. Untuk membuat sirup gula merah, masak gula merah dan gula pasir bersama air serta daun pandan di atas api sedang. Aduk secara perlahan hingga gula larut.
  3. Angkat, saring, dan buang ampasnya, sisihkan.
  4. Masak santan bersama garam dan daun pandan sambil ditimba-timba hingga mendidih agar santan tidak pecah. Angkat dan sisihkan.
  5. Untuk cara penyajiannya, siapkan enam buah mangkuk per gelas saji.
  6. Masukkan berturut-turut kacang merah, nangka, tapai ketan, jagung, sagu biji delima, dan cendol.
  7. Tuangi kuah santan, tambahkan es serut.
  8. Terakhir tuang di atasnya dengan sirup gula merah, sajikan.
  1. Es campur jeli

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah kelapa muda, serut
  • 1 bungkus agar-agar warna hijau
  • 1 bungkus agar-agar warna merah
  • Jeli kemasan yang sudah jadi
  • Mangga secukupnya, potong-potong
  • Pepaya secukupnya, potong-potong
  • 1 kaleng susu kental manis
  • Sirup cocopandan secukupnya
  • Es secukupnya

Cara membuat:

  1. Masak agar-agar atau jeli, potong-potong dadu setelah matang.
  2. Campur semua bahan-bahan es buah jeli pelangi, termasuk es batu dan susu kental manis secukupnya.
  3. Es buah siap disantap.
  1. Es campur sarang burung

Bahan sarang burung:

  • 1 bungkus bubuk agar-agar
  • 500 ml air
  • 4 sendok makan gula pasir

Bahan pelengkap:

  • ½ buah melon, ambil dagingnya
  • 2 buah kiwi, potong-potong
  • 200 gram nata de coco
  • 1 sendok makan biji selasih, rendam dengan sedikit air hangat
  • ½ sirup merah
  • 1 liter air
  • Es batu secukupnya

Cara membuat es sarang burung:

  1. Campur semua bahan sarang burung seperti bubuk agar-agar, air, dan gula pasir dalam panci. Aduk rata, lalu rebus hingga mendidih.
  2. Angkat dan tuang ke dalam loyang persegi. Biarkan mengeras, parut agar-agar memanjang dengan parutan keju, sisihkan.
  3. Selanjutnya dalam wadah besar, campur melon, nata de coco, kiwi, parutan agar-agar, sirup, air, dan es batu. Aduk rata, tambahkan biji selasih.
  4. Es campur siap dihidangkan.

Nah, dengan resep es campur segar dan enak di atas, buka puasa jadi lebih menyenangkan. Selamat mencoba! (*)

Editor: Yusva Alam