Pos

5 Olahan Latte dengan Rempah, Bikin Tubuh Hangat

5 Olahan Latte dengan Rempah, Bikin Tubuh Hangat

Akurasi.id – Saat ini terdapat banyak sekali varian kopi menarik yang sering dijajakan pada aneka tempat termasuk di cafe, restoran, sampai coffee shop sekalipun. Beragam sajian populer ramai mewarnai, salah satunya adalah latte. Tapi ternyata ada pula olahan latte dengan rempah.

Minuman ini memiliki ciri khas berupa busa tipis pada lapisan teratas dan selalu terdapat ide berkreativitas dengan menggambar minuman menyerupai bentuk hati dan macam-macam objek menarik lainnya.

Tak hanya latte yang terbuat dari kopi, ada banyak macam olahan latte dengan rempah dan  tambahan bumbu dapur yang berkhasiat menghangatkan tubuh saat meminumnya. Apa aja? Cekidot! Dilansir dari idntimes.com, Kamis (16/09/2021).

  1. Pumpkin spice latte

Pumpkin spice latte nampaknya masih menduduki peringkat terfavorit di beberapa kedai kopi yang menjajakan minuman bercita rasa manis. Hidangan ini jadi kian berbeda dengan pemakaian labu puree di dalamnya.

Selain itu bahan lain yang diperlukan dalam membuat minuman ini terdiri dari espresso, susu, ekstrak vanilla, dan bahan paling penting adalah pumpkin pie spice yang mengandung campuran kayu manis, cengkih, pala, hingga jahe.

  1. Turmeric latte

Latte yang satu ini memiliki penampilan mencolok karena warna utamanya cenderung menguning. Hal tersebut bukan lain akibat dari pemakaian kunyit dalam adonan utama, sehingga tampilannya pun jadi agak berbeda.

Turmeric latte sangat umum dikonsumsi oleh vegan dan orang-orang yang menghindari kopi. Tidak ada pemakaian espresso dalam sajian ini, melainkan susu almond, kunyit, jahe, kayu manis, sedikit lada, serta ada pula yang menambahkan santan.

  1. Gingerbread latte

Siapa bilang gingerbread cuma bisa ditemukan dalam kreasi makanan. Sebab minuman kopi pun gak mau kalah. Hidangan tersebut bisa jadi sajian hangat untuk menemani di saat cuaca sedang tidak menentu.

Terdapat dua tahapan yang perlu diolah dalam minuman ini. Pertama adalah gingerbread syrup yang terbuat dari air, gula, jahe, kayu manis, dan allspice. Setelah itu olah latte dengan bahan espresso, gingerbread syrup, dan susu.

  1. Cinnamon latte

Bila ingin menikmati olahan kopi dan susu dengan cita rasa rempah yang tidak terlalu ramai, maka hidangan yang pas buat menemani waktu bersantai kamu adalah cinnamon latte berikut ini.

Dalam pembuatan latte yang terdiri dari aneka macam susu dan espresso, kamu bisa menambahkan bubuk kayu manis ke dalamnya. Bila ingin tambah manis, silakan untuk memasukkan gula atau brown sugar, ya.

  1. Maple spice latte

Olahan latte rempah kali ini akan terasa berbeda akibat penggunaan pemanis yang berasal dari sirup maple. Sehingga kamu tidak memerlukan gula tambahan untuk membuatnya lebih enak.

Selain itu, diperlukan penambahan rempah-rempah bubuk yang bisa terdiri dari kapulaga, cengkih, kayu manis, dan pala. Dengan begini, hidangan pun akan terasa semakin menghangatkan saat dikonsumsi.

Rupa-rupa olahan latte dengan rempah ternyata bukan perpaduan yang aneh, lho. Sebaliknya, rasa minuman menjadi kian enak sekaligus memiliki aroma menggugah selera. Terlebih jika aneka latte di atas dikonsumsi saat cuaca dingin. (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

 

5 Kuliner Lokal Terbuat dari Sayuran, Sayang Makin Langka

5 Kuliner Lokal Terbuat dari Sayuran, Sayang Makin Langka

Akurasi.id – Pernah mencicipi nikmatnya pecel semanggi? Kuliner yang identik dengan Kota Surabaya ini keberadaannya mulai sulit dijumpai lantaran daun semanggi yang merupakan bahan dasar dari kuliner ini juga mulai langka, apalagi bila musim kemarau tiba. Masih ada lagi aneka kuliner terbuat dari sayuran.

Ternyata gak cuma pecel semanggi, lima kuliner lokal ini juga terbuat dari sayuran hingga tanaman yang keberadaannya mulai susah dicari alias langka. Apa saja? Dilansir dari idntimes.com, Rabu (15/09/2021).

  1. Sayur besan

Kuliner yang dulu sering banget meriahkan pernikahan adat Betawi, ini diracik dengan kuah santan kaya rempah. Isinya pun beragam mulai dari jagung muda, kembang kol, kentang, wortel, labu, hingga terubuk.

Nah, terubuk inilah sayuran langka yang bikin sayur besan sulit dijumpai. Terubuk sendiri sepintas mirip tebu. Banyak yang menyebutnya juga sebagai tebu telur karena jika dibelah, di dalamnya terdapat telur kecil-kecil layaknya telur ikan.

  1. Lumpia rebung

Lumpia merupakan kuliner yang jadi ciri khas Kota Semarang. Makanan berbungkus dari kulit pangsit, ini bisa dijumpai dalam bentuk kukus maupun goreng. Apapun pilihannya, keduanya tetaplah nikmat.

Apalagi, lumpia dibuat dengan beragam isi. Ada lumpia isi daging cincang, sayuran, dan paling menarik perhatian yakni lumpia isi rebung. Rebung termasuk kategori tanaman yang mulai langka, lho!

  1. Pecel kembang turi

Saat pelesiran ke Yogyakarta, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan kenikmatan dari pecel kembang turi. Memang sih, pecel adalah sesuatu makanan yang mudah dijumpai bahkan dibuat sendiri di rumah.

Masalahnya, tambahan kembang turi bikin pecel satu ini berbeda dari lainnya. Kembang turi sendiri mulai sulit dicari. Wajar saja jika harga pecel kembang turi biasanya sedikit lebih mahal ketimbang pecel sayur pada umumnya.

  1. Kue kantong semar

Singkawang di Kalimantan Barat terkenal sekali dengan ragam kulinernya yang unik dan enak. Sebab itu, jika suatu saat kamu sampai ke kota ini untuk pelesiran, sempatkan untuk menjajal kenikmatan dari kue kantong semar.

Dikenal juga dengan nama cong thien ang, kue kantong semar terbuat dari beras ketan yang dikombinasikan dengan santan serta gula. Sebelum digunakan, kantong semar yang kini mulai sulit dijumpai, dibersihkan bagian dalamnya hingga bersih agar hilang kotorannya.

  1. Pakkat

Kuliner asal Tapanuli Selatan ini mudah sekali dijumpai saat Ramadan tiba karena sering dipilih sebagai kudapan untuk berbuka puasa. Pakkat sendiri dibuat dari pucuk rotan yang dibakar di atas bara api. Saat matang, pakkat dipisahkan dengan kulitnya, baru kemudian disajikan dengan sambal.

Dari lima kuliner di atas, apakah kamu pernah mencoba di antaranya? Semakin banyak kuliner lokal yang popularitasnya makin meredup seiring zaman. (*)

Editor: Yusva alam

 

 

 

Cara Membuat Martabak Manis Lembut

Cara Membuat Martabak Manis Lembut

Akurasi.id – Siapa bilang kalau martabak manis lembut bikin sendiri di rumah gak bisa seenak buatan abang-abang kaki lima? Kalau resepnya tepat, dijamin hasil martabak manismu bakal oke.

Coba deh praktikkan sendiri di rumah resep martabak manis lembut dan cara membuatnya. Tentunya penasaran bukan seperti apa langkah-langkahnya? Intip di bawah ini, yuk! Dilansir dari idntimes.com, Selasa (14/09/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 100 gram susu kental manis putih
  • 280 ml air
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 2 sendok makan mentega, cairkan, lalu dinginkan
  • Gula pasir secukupnya untuk taburan
  • Keju parut secukupnya untuk taburan
  1. Cara membuatnya gak susah-susah banget, kok
  1. Siapkan mangkuk, campur semua bahan adonan, kecuali soda kue. Aduk hingga rata menggunakan balloon whisk.
  2. Diamkan adonan selama 15-30 menit.
  3. Setelah itu, masukkan soda kue ke dalam adonan dan aduk hingga rata.
  4. Panaskan teflon ukuran kecil, tuang adonan dan panggang dengan api sedang. Perhatikan api agar tak terlalu besar dan membuat adonan gosong.
  5. Jika sudah setengah matang dan permukaannya mulai bergelembung, taburkan gula di atasnya. Masak kembali hingga matang.
  6. Angkat martabak dari teflon, olesi dengan mentega dan taburi dengan topping sesuai selera.
  7. Potong bagian tengah martabak, lipat menjadi dua bagian. Sajikan.
  1. Tips yang bisa kamu terapkan
  1. Sesuaikan volume adonan yang dituang dengan besarnya teflon, supaya adonan bisa mengembang.
  2. Kalau kamu menggunakan teflon berukuran agak besar, jangan lupa tutup teflon saat setengah matang dan muncul gelembung di permukaan adonan. Kalau dari awal sudah ditutup, biasanya adonan bisa jadi bantat.
  3. Kamu bisa mengganti air dengan susu atau buttermilk kalau mau.

Demikianlah rekomendasi resep martabak manis lembut dan cara membuatnya yang bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat dan martabak manis siap dinikmati! Selamat mencoba! (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

 

Resep Bikin Ayam Suwir Pedas

Ayam Suwir Pedas, Mudah Resepnya

Resep Bikin Ayam Suwir Pedas

Ilustrasi ayam suwir pedas (instagram.com/ana.anggelia)

Akurasi.idDaging ayam memang paling enak diolah menjadi lauk. Salah satunya adalah ayam suwir pedas. Pencinta pedas pasti gak akan tahan kalau melihat sajian ini di rumah.

Supaya gak bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja, coba masak ayam suwir pedas ini, deh. Sensasi pedas dan gurihnya langsung bikin lapar. Simak resep menu di bawah ini! Dilansir dari idntimes.com, Senin (13/09/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 250 gram ayam filet
  • 1 batang serai, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • kaldu jamur secukupnya
  • minyak secukupnya
  • air secukupnya

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3-4 buah cabai merah besar
  • cabai rawit secukupnya
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdt kunyit bubuk
  1. Rebus ayam filet, potong-potong

Siapkan ayam filet yang sudah dibersihkan, kemudian rebus dengan air mendidih hingga matang. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Tunggu hingga dingin, kemudian suwir-suwir, lalu sisihkan dahulu.

  1. Buat bumbu halus, lalu tumis

Selanjutnya, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, jahe, dan kunyit bubuk. Setelah itu, tumis bumbu hingga halus dengan minyak panas. Masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai, kemudian aduk merata.

  1. Tambahkan bahan-bahan lainnya

Tambahkan ayam suwir, aduk hingga merata. Tambahkan garam, gula pasir, kaldu jamur, dan merica bubuk, aduk merata, kemudian koreksi rasanya.

  1. Masak ayam suwir pedas hingga matang

Masak menu ini hingga matang dan bumbu meresap. Setelah matang, angkat dan pindahkan di atas piring saji. Ayam suwir pedas siap dinikmati.

Itulah resep mudah yang nikmatnya menghasut rasa lapar. Tingkat pedasnya bisa disesuaikan dengan seleramu. Selamat memasak!

Nah itulah tadi resep mudah membuat ayam suwir pedas. Bagi kalian-kalian yang menyukai menu-menu berbau ayam serta yang pedas-pedas. maka resep ini cocok banget untuk lidahmu.

Bagaimana? apakah siap mencoba resep ini. sangat mudah sekali untuk membuatnya. apabila masih ada yang kesulitan dengan salahsatu cara yang diberikan, maka bisa kalian tanyakan kepada orangtua atau teman kalian yang pandai memasak. barangkali bisa menemukan solusinya.

(*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Cara Sederhana Membuat Otak-otak Ikan

Cara Sederhana Membuat Otak-otak Ikan

Akurasi.id – Ada banyak camilan khas Indonesia yang populer, salah satunya otak-otak ikan. Saking nikmatnya, tak jarang banyak restoran yang menyediakan hidangan ini. Rasanya gurih, bikin kita susah berhenti mengunyah.

Sayangnya, kalau beli terus bakal bikin kantong kita cepat kering. Beli di pinggir jalan memang murah sih, tapi siapa yang tahu aman atau tidaknya.

Daripada pusing, yuk kita bikin sendiri saja dengan rekomendasi resep dan cara membuat otak-otak ikan yang enak, sederhana, jadi kamu bisa coba sendiri di rumah! Intip di bawah ini, yuk! Dilansir dari idntimes.com, Sabtu (11/09/2021).

  1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan utama:

  • 500 gram ikan tenggiri filet
  • 6 buah es batu kotak
  • 14 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 250 ml santan kental
  • 300 gram tepung sagu
  • 3 sendok teh gula
  • Garam secukupnya
  • 3 batang daun bawang, iris tipis
  • Daun pisang

Bahan sambal kacang:

  • 5 buah cabai merah besar, haluskan
  • 100 gram selai kacang
  • 60 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula
  • ½ sendok teh cuka
  • 4 sendok makan minyak sayur
  1. Lumatkan ikan menggunakan es batu

Penggunaan es batu di sini hanya kalau ikan yang kamu gunakan tidak dalam kondisi beku. Protein daging bisa rusak, kalau kamu melumatkan ikan pada suhu normal. Maka dari itu, dibutuhkan es batu untuk menjaga suhu daging tetap dingin.

Gunakan es batu ketika kamu melumatkan ikan menggunakan blender atau food processor. Kalau tidak punya alatnya, kamu menggilingnya di tempat penggilingan di pasar.

  1. Cara membuat otak-otak ikan
  1. Haluskan ikan tenggiri dan es batu dengan blender, lalu sisihkan di dalam mangkuk. Jangan menggunakan air, karena bisa merusak kualitas daging.
  2. Haluskan bawang putih dan bawang merah, masukkan ke dalam adonan ikan bersama dengan putih telur. Aduk merata.
  3. Tambahkan santan, tepung sagu, gula, penyedap rasa kaldu ayam (opsional), dan daun bawang. Aduk hingga rata.
  4. Ambil sesendok makan adonan, taruh di atas daun pisang, pipihkan hingga berbentuk persegi panjang. Bungkus, lalu sematkan ujungnya dengan tusuk gigi.
  5. Ulangi prosesnya hingga adonan habis. Setelah itu, kukus selama lima menit hingga matang.
  6. Untuk membuat sambal kacang, panaskan minyak di wajan.
  7. Masukkan cabai merah yang sudah dihaluskan. Kemudian, tumis hingga harum dan matang.
  8. Masukkan selai kacang, masak dengan api kecil. Tambahkan air, garam, gula, dan cuka. Tumis kembali hingga benar-benar matang, matikan api.
  9. Sajikan otak-otak ikan dengan sambal kacang.

Itulah resep otak-otak ikan yang bisa kamu coba sendiri. Gak perlu bingung lagi beli di luar, deh! (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Ragam Olahan Menyegarkan Buah Cranberry

Ragam Olahan Menyegarkan Buah Cranberry

Akurasi.idCranberry merupakan salah satu bagian dari keluarga buah berry yang memiliki warna merah menggugah selera. Rasa cranberry cenderung lebih asam, sehingga cocok disantap sebagai penambah rasa untuk menciptakan kudapan segar. Dari buah ini ternyata banyak variasi olahan menyegarkan buah cranberry. Mau tahu?

Buah mengandung antioksidan tinggi tersebut bisa dikreasikan dengan macam-macam hidangan, lho. Berikut lima di antara olahan menyegarkan buah cranberry. Dilansir dari idntimes.com, Jumat (10/09/2021).

  1. Cranberry cupcake

Menikmati kue mangkuk belum lengkap rasanya bila tidak menggunakan bahan tambahan, untuk menciptakan rasa kudapan yang lebih legit dan menggugah selera. Salah satu varian tersebut didapat melalui pemakaian buah cranberry.

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan cupcake adalah tepung terigu, susu, mentega, gula, baking powder, dan baking soda. Penggunaan cranberry beku pun dibutuhkan untuk menciptakan tekstur menarik terhadap makanan.

  1. Cranberry jelly

Jeli mempunyai tekstur makanan yang kenyal dan lembut, disertai karakteristik kudapan yang mudah hancur di mulut. Olahan ini pun dapat dijadikan penutup atau camilan segar ketika tengah hari.

Proses pembuatan jeli bisa dibuat menggunakan agar-agar ataupun gelatin. Campur dengan jus cranberry, gula, orange zest, dan tambahkan pula buah cranberry utuh supaya sajian lebih menarik.

  1. Cranberry cake

Siapa di antara kamu yang menggemari olahan kue buah? Biasanya makanan ini sering dimasak memakai buah kaleng atau buah kering yang lebih asam. Namun, kali ini kue bisa pula diproses dari cranberry utuh, lho.

Cukup campurkan buah segar tersebut bersama tepung terigu, susu, mentega, baking powder, gula, dan garam. Kemudian panggang beberapa saat. Sajikan bersama saus manis agar lebih nikmat.

  1. Cranberry pavlova

Pavlova menjadi kudapan pencuci mulut yang pas. Hidangan ini bisa disajikan dalam berbagai acara santai ataupun untuk memeriahkan suatu perayaan. Sebab, pavlova memiliki bentuk yang menarik dan tekstur agak crunchy.

Seperti diketahui, pavlova diolah menggunakan putih telur dan campuran krim tartar yang dipanggang. Sementara untuk mendampingi hidangan, kamu bisa membuat cranberry compote dan taruh di atas hidangan yang sudah matang.

  1. Cranberry bread

Tak cuma kue, cranberry pun termasuk buah yang cocok untuk disantap sebagai penambah rasa bagi olahan kaya karbohidrat seperti roti. Keberadaan buah akan membuat rasa roti menjadi lebih nikmat dan memiliki penampilan cantik.

Roti bisa diproses menggunakan tepung terigu, ragi, mentega, gula, garam, dan susu. Sementara itu, cranberry bisa dimasak lebih dulu bersama gula dan mentega, sebelum ditambahkan ke dalam adonan yang telah kalis.

Cranberry ternyata bisa dimanfaatkan sebagai penambah rasa untuk aneka makanan sedap. Buat kamu yang gemar dengan olahan bercita rasa segar, lima kudapan di atas wajib untuk dicicipi dalam waktu dekat. (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Olahan Sagu Mutiara yang Enak dan Cantik

Olahan Sagu Mutiara yang Enak dan Cantik

Akurasi.id – Sagu mutiara telah lama ada di Indonesia. Bentuknya yang bulat dan begitu dimasak teksturnya kenyal. Sekilas mirip boba yang saat ini sedang digemari anak milenial. Olahan sagu mutiara ternyata beragam, apa aja sih?

Sagu mutiara banyak nih digunakan sebagai bahan baku makanan atau camilan tradisional Indonesia. Mulai dari dijadikan bubur hingga puding, sagu mutiara sangat enak dan menghasilkan warna yang cantik saat matang.

Berikut lima olahan sagu mutiara enak untuk dijadikan camilan dirumah. Dilansir dari idntimes.com, Kamis (09/09/2021).

  1. Bubur mutiara

Bila membahas olahan sagu mutiara, yang tak boleh ketinggalan adalah bubur mutiara. Makanan ini cukup simpel, namun butuh teknik khusus dalam memasaknya agar lebih cepat.

Bubur sagu mutiara disukai hampir semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Biasa dijadikan camilan saat santai, bubur mutiara juga sering dijadikan sarapan, lho!

  1. Awuk-awuk sagu mutiara

Awuk awuk sagu mutiara adalah camilan tradisional yang punya warna cantik dan rasa gurih. Warnanya yang pink kemerahan karena campuran sagu mutiara dan santan.

Awuk awuk sagu mutiara banyak dipilih masyarakat buat suguhan acara resmi atau santai. Biasanya makanan ini disajikan dengan dibungkus dengan daun pisang.

  1. Jentik manis

Sagu mutiara adalah bahan baku utama membuat kue tradisional jentik manis atau cantik manis. Kue ini dibuat dari tepung hunkwe, sagu mutiara, santan, gula, garam.

Adonan dicetak dengan cetakan khas aneka bentuk dan dikukus. Setelah matang, kue jentik manis terlihat sangat cantik bak bunga karena warna pinknya yang menawan.

  1. Puding sagu mutiara

Puding sagu mutiara adalah kreasi olahan cantik dan enak yang bisa dijadikan camilan dirumah. Memadukan rasa segar dari puding dan kenyalnya sagu mutiara.

Camilan ini sangat pas dinikmati bersama keluarga dan teman. Apalagi saat cuaca panas, puding sagu mutiara ini bisa jadi pilihanmu.

Editor: Yusva Alam

 

 

Resep Kue Lapis Tak Lekang oleh Zaman

Resep Kue Lapis Tak Lekang oleh Zaman

Akurasi.id – Ada yang kangen dengan camilan manis nan jadul satu ini? Namanya kue lapis. Populer dengan teksturnya yang lucu dan rasa manisnya yang selalu pas, ternyata proses pembuatannya juga cukup mudah, lho. Berikut resep kue lapis, cobain ya!

Daripada kamu bingung mencari penjual kue lapis yang sudah semakin jarang, lebih baik kamu membuatnya sendiri di rumah.

Pengen tahu cara membuat resep kue lapis? Simak penjelasannya di bawah ini baik-baik, ya! Dilansir dari idntimes.com, Kamis (09/09/2021).

  1. Siapkan bahan yang diperlukan 

Sebelum mulai membuatnya, pastikan kamu sudah memiliki sederet bahan berikut ini, ya!

  • 100 gram tepung beras
  • 150 gram tepung tapioka
  • 225 gram gula
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanilli
  • 600 ml santan
  • 1 sendok makan cokelat bubuk
  1. Masaklah santan terlebih dahulu

Panaskan wajan terlebih dahulu. Jika sudah panas, masukkan santan. Masaklah hingga mendidih. Jika sudah, tinggal simpan dalam wadah.

  1. Campurkan bersama bahan-bahan lainnya

Campurkan santan tadi bersama bahan-bahan lainnya kecuali cokelat bubuk. Aduk-aduk hingga merata. Lalu, bagilah adonan menjadi 2 mangkok berbeda. Tambahkan cokelat bubuk pada bagian yang lain. Hingga tampaklah adonan berwarna cokelat dan adonan putih.

  1. Kukus selama 7 menit dengan selingan penambahan adonan  

Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega. Lalu, masukkan adonan cokelat sebagai alas. Kukuslah selama 7 menit. Setelah 7 menit, tambahkan adonan putih. Masak kembali selama 7 menit. Lakukan secara terus menerus hingga adonan habis.

  1. Kue lapis siap disajikan, nih!

Jika adonan sudah habis dan tiba masanya 7 menit terakhir, angkatlah kue lapis. Kue lapis buatanmu yang cantik dengan lapisan warna cokelat dan putih pun sudah siap disajikan. Cocok banget dijadikan camilan nongkrong sore-sore ditemani teh panas, lho!

Nah, itulah resep kue lapis yang sudah kami rangkum. Kamu tertarik untuk membuatnya? Siapkan bahan-bahannya sekarang juga, yuk! Kalau bingung bisa tanya ibumu atau teman-teman yang pernah membuatnya. Sekedar sharing aja, siapa tahu ada bahan atau cara membuat yang tidak kamu ketahui. (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Varian Es Dawet Paling Menggoda Selera

Varian Es Dawet Paling Menggoda Selera

Akurasi.id – Siapa yang tak terpincut sama kesegaran es dawet? Minuman asli nusantara ini memadukan kuah santan, cincau, sagu mutiara, saus gula merah, serta es batu yang membuat makin ramai serta memikat. Apalagi bila varian es dawet ini beragam, tentu lebih nikmat lagi.

Rasanya manis legit dan gurih alami tanpa pengawet, membuat es dawet banyak digemari oleh berbagai kalangan. Bahkan, saking nikmatnya, es dawet ternyata memiliki berbagai macam varian lho. Mau tahu apa saja? Dilansir dari idntimes.com, Rabu (08/09/2021). Yuk, mari simak deretan varian es dawet seperti berikut ini!

  1. Es dawet jepara

Kalau berbicara soal es dawet terenak, es dawet jepara pastilah juaranya. Sesuai nama, minuman segar ini es berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Berbeda dengan es dawet dari daerah lain, es dawet jepara lebih memilih menggunakan tepung sagu aren sebagai bahan pembuatannya lho.

Sehingga, es dawet jepara punya tekstur lembut dan kenyal. Dalam seporsi es dawet jepara disajikan berisian saus gula merah, adonan dawet, santan, irisan buah, dan es batu. Tampilannya warna-warni dipadu isian melimpah, yakin, nih, gak mau coba kesegaran es dawet jepara?

  1. Es dawet grandul ketan

Tak kalah memikat dari es dawet jepara, minuman segar berasal dari Blitar ini juga memiliki cita rasa yang istimewa. Dalam penyajiannya, es dawet grandul ketan disajikan dengan isian candil, bubur sumsum, ketan hitam, sagu mutiara, kuah santan, es batu, dan saus gula merah.

Rasanya mantap dengan memadukan isian berlimpah, dijamin langsung puas deh menyantap satu mangkuk es dawet grandul ketan.

  1. Es dawet sambel

Dari deretan es dawet yang pernah kamu jumpai, mungkin sajian yang satu ini terbilang aneh tapi unik. Yup, es dawet ini dinamakan es dawet sambel. Dalam satu mangkuk es dawet asli Kulon Progo, Jogja, ini berisi adonan dawet berwarna putih, kecambah, bawang goreng, serta sambal kacang.

Menyuguhkan tampilan mirip soto ayam, tentu es dawet sambel menawarkan cita rasa manis pedas gurih yang bikin lidah terpana. Wajib dicicip, kala berwisata kulineran di Jogja ya!

  1. Es dawet ayu

Mungkin belum banyak yang tahu kalau es dawet ayu pernah dinobatkan sebagai minuman terpopuler lewat Anugerah Pesona Indonesia. Es dawet ayu memiliki komposisi cendol, kuah santan, saus gula merah, irisan buah nangka, durian, dan es batu.

Dilihat dari tampilannya, es dawet ayu menawarkan warna-warni kesegaran yang tak dapat kamu temui di luar daerah Banjarnegara. Aja kelalen dicicipi ya!

  1. Es dawet ireng

Menempuh waktu dua jam dari Banjarnegara ke Purworejo, kamu akan disuguhkan kesegaran es dawet ireng yang mampu menghilangkan haus dahaga. Dalam satu mangkuk sajian ini disuguhkan adonan dawet berwarna hitam, kuah santan, serta es batu.

Meski terlihat sederhana dan agak terasa kurang ramai, namun kenikmatan dari es dawet ireng tetaplah juara di lidah. Gak percaya? Cobain aja sendiri ketika mengunjungi Purworejo, dijamin pasti ketagihan deh!

  1. Es dawet durian

Mengunjungi Kota Semarang paling pas menikmati segarnya es dawet durian. Es dawet ini disajikan berupa isian buah durian, tape ketan, cincau, potongan nangka, alpukat, kuah santan, saus gula merah, dan tak lupa diberi serutan es batu.

Cita rasanya yang manis legit, makin menggugah selera berkat memadukan ragam isian melimpah. Wajib masuk bucket-list kulineranmu di Semarang ya.

  1. Es dawet telasih

Salah satu jajanan yang layak dicoba kala berada di Solo adalah es dawet telasih, tempatnya terletak di Pasar Gede Hardjonagoro. Es dawet telasih ini terdiri dari ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, biji selasih, sirup gula, kuah santan, dan es batu.

Disajikan dengan beragam isian melimpah membuat es dawet telasih terlihat berbeda dengan es dawet lain pada umumnya, tapi tidak mengurangi rasa kesegaran es dawet telasih itu sendiri.

  1. Es dawet batil

Meski dinamakan es dawet batil, sajian minuman segar khas Lamongan ini tidak diberi isian dawet melainkan batil. Batil merupakan sejenis roti yang dibuat dari tepung beras, ragi, dan parutan kelapa dengan cita rasa cenderung asam.

Jadi, satu porsi es dawet batil berisikan kacang hijau, agar-agar, buah siwalan, kuah santan, saus gula aren, dan es batu. Memiliki perpaduan cita rasa asam, manis, dan gurih. Pas banget dinikmati kala cuaca panas melanda, maknyus tenan!

  1. Es dawet jabung

Varian es dawet terakhir yang wajib kamu coba saat ke Ponorogo ialah bernama es dawet jabung. Es dawet jabung sendiri terdiri dari isian tape ketan, cendol, gempol, irisan nangka, es batu, saus gula aren, dan kuah santan.

Tekstur adonan gempol yang empuk dengan dipadu rasa manis gurih, sensasinya benar-benar menyegarkan tenggorokan.

Ragam sajian es dawet di atas memiliki tampilan menggugah selera dan isian melimpah yang jadi ciri khasnya masing-masing. Begitu pun dengan sensasi rasanya ada yang memadukan pedas, manis, asam, dan gurih segar. Kira-kira, mana saja nih varian es dawet yang pengin banget kamu coba dikala lapar haus melanda? (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

5 Warung Gado-Gado Paling Lezat di Bandung

5 Warung Gado-Gado Paling Lezat di Bandung

Akurasi.id – Gado-gado selalu terlihat menggoda, apalagi isiannya melimpah dengan gizi yang komplet. Mulai dari sayuran, tahu dan tempe goreng, telur rebus, kentang, lontong, hingga berbagai sayuran dicampur jadi satu. Di Bandung ada juga Warung Gado-Gado lezat, mau tahu?

Ketika dipadukan dengan bumbu kacang yang lembut dan gurih, gado-gado terasa dua kali lipat lebih nikmat. Beruntungnya, gado-gado kini mudah didapatkan di berbagai kota, termasuk di Bandung.

Beragam warung gado-gado enak bisa kamu temukan di Kota Kembang ini. Nah, berikut rekomendasi lima tempat makan gado-gado di Bandung yang tidak boleh kamu lewatkan. Dilansir dari idntimes.com, Rabu (08/09/2021).

  1. Gado-gado Waras Mang Ihin

Gado-gado Waras Mang Ihin menjadi salah satu kuliner gado-gado yang melegenda. Kedai ini sudah berdiri sejak 1975-an dan masih eksis hingga saat ini.

Kedai satu ini siap memanjakan lidahmu dengan sepiring gado-gado yang bikin ngiler. Selain menyajikan sayuran yang segar, lontongnya pun sangat legit, sehingga terasa pas saat dikunyah. Gak heran kalau sepiring gado-gado di sini selalu bikin ketagihan.

Lokasi: Jalan Pahlawan Nomor 64, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul09.00-17.00 WIB

Harga: mulai Rp14 ribu

  1. Gado-gado Cihapit

Sedikit berbeda dari gado-gado lainnya, Gado-gado Cihapit menggunakan bumbu kacang yang diwariskan sejak  1979. Nongkrong di sini memang nyaman dan bikin kenyang.

Kamu bisa pesan gado gado dengan rasa bumbunya yang legit nikmat. Gado-gado di sini terdiri dari sayur kol, mentimun, kacang panjang, taoge, kentang, telur rebus, sambal kacang, dan taburan kerupuk. Tertarik mencobanya?

Lokasi: Jalan Cihapit Nomor 23, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB

Harga: mulai Rp18 ribu

  1. Gado-gado Batununggal

Enaknya gado gado di Gado-gado Batununggal bukan isapan jempol belaka. Terlebih dengan harganya yang murah dengan isian komplet. Sayuran dan kerupuk dijadikan satu, kemudian disiram bumbu kacang yang lembut. Rasa manis dan gurihnya maknyus!

Lokasi: Jalan Batununggal Indah I Nomor 50, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-19.00 WIB

Harga: mulai Rp20 ribu

  1. Gado-gado Teungku Angkasa

Walaupun kedainya sederhana, rasa sepiring gado-gadonya istimewa banget. Gado-gado di tempat ini menggunakan telur rebus, kentang rebus, irisan tahu, dan kacang panjang. Selain harganya yang ramah kantong, rasa bumbunya juga terkenal sangat enak. Manis dan gurihnya sangat pas. Juara banget, deh!

Lokasi: Jalan Tengku Angkasa Nomor 37, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Harga: mulai Rp20 ribu

  1. Rolled Gado-gado Salad

Kedai yang satu ini anak muda banget, namanya rujak gado-gado linting. Satu porsi terdiri dari taoge, kol, kacang panjang, bayam, dan kangkung. Bumbunya menggunakan kacang tanah dan kacang mete, sehingga memberikan sensasi segar pada bumbu kacangnya.
Rasa seporsi gado-gado di sini sudah gak diragukan lagi, nikmatnya bikin kalap!

Lokasi: Jalan Braga Nomor 10, Bandung, Jawa Barat

Jam buka: setiap hari, 24 jam

Harga: mulai Rp57 ribu

Nah, bagi kamu yang pengin menyantap gado-gado di Bandung, kunjungi beberapa tempat makan di atas, ya. Dijamin rasanya gak mengecewakan, deh! (*)

Editor: Yusva Alam