Tag Archive for: info kuliner

Cara Membuat Resep Pepes Ikan Kembung, Rasanya Mantap

Cara Membuat Resep Pepes Ikan Kembung, Rasanya Mantap

Akurasi.id – Selain digoreng, ikan kembung juga bisa diolah dengan cara dipepes. Pepes ikan kembung terbuat dari bumbu rempah-rempah yang nikmat dan gurih.

Pepes ikan biasanya terbuat dari ikan bandeng, nila, dan teri. Cara membuat pepes ikan kembung tidaklah sulit, bahan-bahan yang digunakan pun sederhana. Berikut resep pepes ikan kembung yang wajib kamu coba untuk menu keluarga di rumah.

  1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan:

  • 4 ekor ikan kembung
  • 1 sdt garam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 5 buah tahu putih
  • 1/4 ikat daun kemangi
  • 1 batang daun bawang
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah tomat
  • 2 batang serai
  • daun pisang untuk membungkus

Bahan bumbu halus:

  • 6 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm penyedap rasa
  1. Bersihkan ikan kembung dan lumuri jeruk nipis

Cuci bersih ikan kembung dengan air mengalir. Bersihkan bagian tubuh ikan sampai bersih. Setelah itu, lumuri ikan kembung dengan perasan jeruk nipis agar tidak amis. Diamkan selama 15 menit.

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus

Siapkan blender untung menghaluskan bumbu. Masukkan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, garam, gula, dan penyedap rasa. Blender hingga halus.

Berikutnya, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun salam, tomat, dan serai. Matikan kompor jika bumbu sudah masak.

  1. Haluskan tahu dengan menggunakan garpu

Masukkan tahu ke dalam wadah. Haluskan tahu dengan menggunakan garpu.

Tambahkan irisan daun bawang, kemangi, dan bumbu halus ke dalam wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

  1. Bungkus ikan kembung dan tahu

Siapkan selembar daun pisang untuk membungkus pepes ikan kembung. Letakkan ikan kembung dan tahu di atas daun pisang. Kemudian, bungkus pepes.

Setelah itu, kukus pepes hingga matang. Pepes ikan kembung siap untuk disajikan.

Nah, itulah resep pepes ikan kembung yang praktis. Membuatnya pun sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu, lho. Selamat mencoba! (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

Yuk Cobain! Resep Gurame Sambal Cobek Khas Sunda, Rasanya Bikin Nagih

Yuk Cobain! Resep Gurame Sambal Cobek Khas Sunda, Rasanya Bikin Nagih

Akurasi.id – Ada yang sudah mencicipi lauk khas Sunda yang satu ini belum? Namanya, gurame sambal cobek. Lauk ini mungkin sering kalian temui di beberapa restoran khas Sunda.

Nah, cobalah sesekali kamu membuatnya di rumah. Lauk ini cocok kamu nikmati ketika acara kumpul keluarga di akhir pekan. Penasaran bagaimana proses pembuatannya? Simak penjelasan di bawah ini hingga selesai. Jangan sampai di skip, ya!

  1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

Pastikan bahan-bahannya sudah lengkap, ya!

Bahan:

  • 400 gram ikan gurame
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh ketumbar bubuk
  • 5 siung bawang merah
  • 1/2 ruas jari kencur
  • 1/2 ruas jari jahe
  • 1 buah cabai merah besar
  • 25 gram cabai rawit
  • 1 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • Air panas secukupnya
  1. Ikan guramenya dimarinasi dulu, ya!

Bersihkan isian ikan gurame terlebih dahulu. Lalu, buatlah garis belahan diantara kedua sisi badan ikan sesuai selera. Hasilnya, cuci bersih dengan air mengalir.

Sementara itu, potonglah jeruk nipis menjadi 2 bagian. Ambil 1 bagian saja untuk melumuri ikan gurame. Diamkan selama 15 menit. Hasilnya, cuci bersih kembali dengan air mengalir.

  1. Saatnya menggoreng ikan gurame, nih!

Haluskan bawang putih dengan diberi 1 sendok teh garam. Lalu, lumuri ikan dengan bahan tersebut.

Sementara itu, panaskan minyak dalam wajan. Masukkan ikan dan masaklah hingga matang. Jangan lupa balikkan posisi ikan agar matangnya sempurna, ya!

  1. Sambal cobek khasnya jangan lupa, ya!

Jika ikan gurame sudah matang, angkat dan tiriskan. Simpan dalam piring yang sudah tersedia. Sementara itu, gorenglah bawang merah hingga layu.

Lalu, haluskan bawang merah bersama sisa bahan lainnya kecuali air panas dan jeruk nipis. Koreksi rasa sambal ini barangkali masih kurang bumbu. Baru, tambahkan air panas jika memang sudah pas. Aduk-aduk hingga merata.

  1. Akhirnya, gurame sambal cobek siap disajikan

Baluri ikan gurame dengan sambak cobek yang sebelumnya sudah dibuat. Selain itu, tambahkan perasan jeruk nipis.

Dan akhirnya, gurame sambal cobek buatanmu siap disajikan. Sajikan dengan nasi hangat dan lauk tambahan berupa lalaban sesuai selera. Pasti lebih nikmat, deh!
Wah, proses pembuatannya memang mudah banget. Ayo, tunggu apa lagi segera bergegas ke dapur untuk praktik! (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

5 Spot Makan Serba Durian di Yogyakarta

5 Spot Makan Serba Durian di Yogyakarta

Akurasi.idDurian adalah buah berduri yang memiliki keunikan dengan aroma menyengat dan cita rasa legit yang khas ini cukup populer di Indonesia. Walaupun ada sebagian orang yang tidak menyukainya, namun bagi penggemarnya, baik buah durian maupun yang telah diolah menjadi es atau makanan lain tetaplah nikmat disantap. Di Yogyakarta banyak terdapat spot makan serba durian. Mau tahu dimana aja?

Buat pencinta durian, berikut ada 5 spot makan serba durian di Kota Yogyakarta yang bisa kamu datangi. Simak dan catat ya!

  1. Bhumi Durian 

Salah satu tempat yang menyediakan buah durian dan olahannya di Yogyakarta adalah Bhumi Durian. Berbagai jenis buah durian tersedia di sini seperti durian Monthong, Bantar, Bawor, Medan, dan lainnya.

Menariknya di sini, duriannya bisa dicicip dulu. Jika dirasa kurang cocok atau kurang manis, boleh langsung minta ditukar. Bergaransi 100%. Harganya bervariasi sesuai jenis dan beratnya. Kamu juga bisa minta tolong karyawan di sini untuk membantu memilihkan durian mana yang bagus dan sesuai selera kamu.

Selain itu, juga ada berbagai macam menu olahan buah durian. Mulai dari sop durian, jus durian, durian cup, ketan durian, es krim durian, pancake durian, durian runtuh, durian goreng, dan durian kupas. Yang baru ada duna cream yakni durian nangka es krim.

Bisa jadi oleh-oleh juga lho karena untuk buah durian utuh dan daging durian bisa dikirim ke luar kota. Bhumi Durian juga sering mengadakan promo nih. Jika tidak mau ketinggalan informasinya, kamu bisa ikuti media sosialnya ya.

Alamat: Jalan Monjali RW 8, Sariharjo, Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari, pukul 09.00-22.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp 15rb.

  1. Kafe DuriAnd 

Buat pencinta durian, ini adalah surganya kalian. Di Yogyakarta ada kafe terbesar dan terlengkap yang menyajikan buah durian beserta olahannya, namanya Kafe DuriAnd. Kafe yang dibuka pada April 2021 ini selalu ramai dipadati pengunjung.

Dalam sehari kafe ini bisa menghabiskan 3 hingga 6 ton durian. Tempatnya super luas, nyaman, dan sejuk dengan ruangan indoor dan outdoor. Yang mau makan bareng durian juga bisa nih, karena di sini banyak disediakan bangku panjang yang berjajar rapi. Kafe ini juga dilengkapi fasilitas toilet, lahan parkir yang luas, musala dan playground.  

Di tempat ini, durian lovers bisa menikmati berbagai jenis durian lokal (Medan, Bali, Sulawesi), durian monthong, hingga musang king. Stok buah durian di Cafe DuriAnd unlimited dan tak kenal musim. Jadi jangan takut kehabisan ya. Semua buah durian didatangkan langsung dari tempat asalnya.

Pembelian buah durian di sini juga bergaransi. Jadi jika ada buah durian yang tidak cocok dengan selera kamu, dapat ditukar. Di Kafe DuriAnd kamu dapat menikmati sepuasnya buah durian dan olahannya seperti pancake durian yang manisnya gak bikin enek, es krim durian yang seger, jus durian, dan sop durian.

Kafe DuriAnd juga sering mengadakan promo besar-besaran lho. Jika ingin harga murah, silakan datang saat berlangsungnya promo.

Alamat: Jalan Panggungsari, Wonorejo, Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari, pukul 10.00-21.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp 15rb.

  1. Lazorta Durian  

Lazorta Durian lokasinya berada di pinggir jalan raya Magelang. Tempatnya bersih dan nyaman untuk makan di tempat. Halaman belakangnya juga luas dan sejuk. Para karyawan dan fasilitasnya juga sudah menerapkan protokol kesehatan.

Di Lazorta tersedia durian Medan matang pohon, durian monthong Parigi, dan durian Bali. Daging duriannya berkualitas premium, tebal dan mulus. Bagi yang malas buka kulit durian yang keras, ada menu durian kupas. Yang ingin tanpa biji juga ada menu daging durian.

Di sini durian utuhnya juga bergaransi. Setelah durian dibuka dicicip dulu, kalo gak manis atau busuk, langsung diganti yang baru. Ragam menu camilan berbahan dasar duriannya antara lain ada pancake durian, mochi durian, ketan durian, dan durian cup. Minuman serba duriannya ada jus durian, es teler durian, es gunung durian, durian susu, es krim durian, es durian lava, dan kopi durian spesial.

Duriannya juga bisa dikirim ke seluruh Indonesia. Dan biar gak ketinggalan info promonya, ikuti terus akun sosmednya ya.

Alamat: Jalan Magelang Nomor 99, Sinduadi, Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari, pukul 10.00-21.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp 10rb.

  1. Durian Runtuh Purbalingga 

Bertempat di satu lokasi dengan Sei Sapi Kana Seturan, Durian Runtuh Purbalingga menawarkan minuman berupa es duren. Meskipun hanya ada dua macam menu, tapi es duren di sini memang terkenal banget. Pemandangan antrian ojek online hampir tiap hari terlihat di outlet-nya.

Pilihan menunya yaitu es durian dan es degan durian. Es durian isinya ada daging durian, es serut, nata de coco, santan, susu kental manis dengan topping saus cokelat.

Sedangkan es degan durian hanya ditambah potongan daging kelapa di atasnya. Potongan durian kupasnya melimpah, gak pelit. Daging duriannya lembut dengan perpaduan segarnya es serut, kenyalnya nata de coco, gurihnya santan, dan manisnya kental manis bikin rasanya makin maknyuuss. Seger banget!

Harganya juga murah meriah dengan porsi banyak. Yang paling suka dengan es durian bisa merapat ke spot durian yang satu ini. Kalo kamu mager, bisa dipesan via online juga lho.

Alamat: Jalan Seturan Raya, Sleman, Yogayakarta.

Jam operasional: setiap hari, pukul 10.00-22.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp 20rb.

  1. Mendem Duren 

Tempat jajan es durian satu lagi adalah Mendem Duren. Cabangnya sudah ada di beberapa lokasi. Untuk menu yang memakai durian, semua bahannya menggunakan durian asli 100%. Porsinya juga banyak.

Untuk menu es mendem durian dan jus mendem durian ada 3 pilihan ukuran yaitu jumbo, large, dan kid, dengan 2 varian rasa yaitu vanila dan cokelat. Untuk menu sup mendem durian ada pilihan ketan hitam dan mutiara.

Menu es duriannya sendiri ada 3 macam, yaitu degan durian, milo cereal, dan durian kacang merah. Best seller-nya adalah durian smoothies yang full melimpah. Isinya terdiri dari durian cube, whipped cream, dan ice cream durian.

Tempat ini tidak hanya menjual minuman saja tapi juga banyak menu serba durian lainnya seperti pancake durian, roti goreng durian dan lumpia durian. Di samping itu, di sini juga tersedia menu makanan selain durian yakni berupa roti bakar, indomie, nasi, dan pisang bakar.

Alamat: Jalan Affandi Nomor 31(depan moviebox Gejayan), Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari, pukul 10.00-22.00 WIB.

Harga: mulai dari Rp 15rb.

Gimana, sudah bikin ngiler belum? Membacanya saja sudah membuat lidah kita tergiur ingin mencicipinya bukan? Sudah terbayang rasa legitnya buah yang berwarna kuning menggoda ini.

Makan buahnya saja sudah enak, apalagi es dan olahan lainnya. Hanya harus diingat, jangan berlebihan mengonsumsinya ya. Selamat menikmati durian! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

Resep Serabi Ngampin Khas Ambarawa Semarang

Resep Serabi Ngampin Khas Ambarawa Semarang

Akurasi.id – Salah satu jajanan tradisional yang masih eksis, dan wajib dicoba ketika berkunjung ke Semarang adalah serabi ngampin. Kue ini sudah ada sejak zaman kolonial, dan banyak dijumpai di sekitar Ambarawa. Kue serabi ngampin, terbuat dari bahan dasar tepung beras, dan santan. Banyak orang yang menyukai kue ini, karena rasanya yang gurih, dan manis. Mau tahu resep serabi ngampin agar bisa membuat sendiri di rumah?

Perbedaan serabi ngampin dengan serabi lainnya, yaitu terdapat kuah santan dalam penyajiannya. Dari pada penasaran, yuk langsung saja simak resep serabi ngampin yang berikut ini.

  1. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat serabi ngampin 

Bahan-bahan:

  • 125 gr tepung beras
  • 25 gr tepung terigu
  • 25 gr gula pasir
  • 450 ml santan kental
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lbr daun pandan
  • 1 sdt ragi instant
  • 1 telur kocok lepas

Bahan olesan:

  • Sejumput garam
  • 100 ml santan kental
  • 1 lbr daun pandan

Bahan kuah manis:

  • 600 ml santan kental
  • 2 lbr daun pandan
  • 1/4 sdt garam
  1. Campurkan semua bahan dan aduk hingga tercampur merata

Untuk pembuatannya, pertama campur bahan kering terigu, tepung beras, ragi, dan gula pasir dalam wadah besar. Selanjutnya, kocok telur, lalu tambahkan ke dalam campuran bahan.

Berikutnya masak santan, kemudian tambahkan garam, dan daun pandan, lalu masak sampai mendidih. Setelah itu, sisihkan, dan biarkan beberapa saat sampai agak hangat.

  1. Membuat adonan olesan, dan kuah manis

Selanjutnya, tuangkan santan yang sudah hangat ke dalam campuran tepung, lalu aduk sampai tercampur rata. Agar lebih mudah, gunakan tangan untuk mengaduknya, dan tepuk-tepuk adonan selama 20 menit. Setelah itu diamkan selama 30 menit.

Kemudian untuk membuat olesannya, pertama masak semua bahan sambil diaduk sampai mendidih, lalu angkat, dan biarkan sampai dingin. Untuk membuat kuah manisnya juga sama, yaitu masak semua bahan sambil terus di aduk sampai mendidih, lalu angkat, dan sisihkan.

  1. Panggang dalam wajan atau cetakan dengan api kecil

Langkah selanjutnya yaitu, ambil 1/4 adonan, dan tambahkan pasta pandan, lalu aduk rata. Setelah itu, siapkan wajan kecil atau cetakan untuk memanggang, lalu panaskan dengan api kecil di atas kompor.

Olesi wajan atau cetakan dengan minyak, kemudian tuangkan 1 sendok sayur adonan original, tuang adonan berwarna hijau, dan beri taburan potongan nangka, lalu biarkan sampai serabi terlihat berlubang, dan tutup sampai matang.

  1. Sajikan dengan siraman kuah santan

Jika sudah matang, kemudian angkat serabi dengan sendok kayu. Olesi dengan olesan, lalu tata di piring, dan sajikan dengan siraman kuah manis. Nah, kue serabi ngampin khas Ambarawa Semarang pun siap untuk disajikan.

Bagaimana, mudah dan simpel bukan? Dijamin rasanya gak bakal bikin nyesel, deh. Selamat mencoba, ya. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

Resep Membuat Sop Daging Rempah

Resep Membuat Sop Daging Rempah

Akurasi.id – Memasuki musim hujan, makanan berkuah sangat cocok disajikan untuk membuat tubuh dan perut jadi lebih nyaman. Jika bosan dengan rawon atau soto, kamu bisa coba memasak hidangan berkuah lainnya. Misalnya sop daging rempah.

Berbahan dasar daging sapi, sop daging rempah ini rasa gurihnya nendang. Pasalnya, ada berbagai macam rempah-rempah khas Nusantara yang membuat kuahnya terasa sedap.

Penasaran dengan rasanya? Langsung saja masak sendiri dengan resep di bawah ini! Gak terlalu sulit, kok.

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 750 gram daging sapi sengkel
  • 10 butir bawang merah, iris
  • 5 butir cengkih
  • 5 butir kapulaga
  • 3 batang wortel
  • 3 buah kentang
  • 2 butir pekak
  • 2 batang daun bawang, potong memanjang
  • 2 batang seledri, potong memanjang
  • 1 batang kecil kayu manis
  • air secukupnya
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 1 butir pala
  • 1 sendok teh merica
  • 1/2 sendok teh jinten
  1. Bersihkan daging dan potong-potong

Bersihkan daging sapi terlebih dahulu. Cuci daging dengan air mengalir hingga bersih. Setelah itu, potong daging dadu sesuai selera.

Selanjutnya, rebus daging dengan air mendidih. Buang air rebusan daging dan ganti dengan air baru yang bersih. Masak daging kembali.

3.. Tumis bawang merah dan bumbu-bumbu lainnya

Langkah selanjutnya, panaskan sedikit minyak goreng. Tumis bawang merah hingga layu, lalu masukkan bumbu halus, pekak, cengkih, batang daun bawang, bunga lawang, kayu manis, dan kapulaga. Aduk dan tumis hingga harum dan bumbu matang. Sisihkan.

  1. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging

Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging. Tambahkan gula dan garam. Berikutnya, masukkan wortel dan kentang. Aduk dan masak hingga daging empuk dan air menyusut. Koreksi rasanya.

  1. Sajikan sop daging rempah

Terakhir, masukkan sisa daun bawang dan seledri sebelum api dimatikan. Tuangkan ke dalam mangkuk. Sajikan sop selagi panas.

Sajikan sop dengan sepiring nasi dan pelengkap. Kamu bisa menambahkan kerupuk, acar, dan sambal.

Dengan resep sop daging di atas, kamu bisa membuat comfort food yang sedap. Bikin mood bangkit kembali, nih. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

Resep Kroket Nasi, Enak dan Mudah Bikinnya

Resep Kroket Nasi, Enak dan Mudah Bikinnya

Akurasi.id – Kroket merupakan salah satu camilan yang disukai oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Meskipun ukurannya terbilang mungil, kroket selalu berhasil menjadi camilan untuk mengganjal perut, lho! Ternyata mudah loh resep kroket nasi ini. Mau tahu?

Untuk isian kroket sendiri, sebenarnya telah berkembang berbagai macam variasi. Bahkan, kamu juga bisa memanfaatkan sisa nasi di rumah sebagai bahan isian kroket.

Penasaran bagaimana resep kroket nasi ini? Berikut langkah-langkah mudahnya yang bisa kamu ikuti di rumah, ya!

  1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum mulai membuatnya, pastikan kamu sudah memiliki sederet bahan-bahan yang dibutuhkan berikut ini, ya!

  • 250 gr beras
  • 4 sdm wortel serut halus
  • 2 sdm brokoli cincang halus
  • 1 butir telur
  • ¼ sdt garam
  • 2 sdm bawang merah goreng, haluskan
  • 1 sdm bawang putih goreng, haluskan
  • 100 gram tepung panir, untuk lapisan
  • minyak goreng, secukupnya
  1. Pisahkan wortel dan brokoli dari kandungan air masing-masing

Siapkan kain bersih. Bungkus wortel dan brokoli di dalam kain tersebut. Lalu bungkus dengan rapat.

Remas-remas wortel dan brokoli tersebut dengan tangan hingga layu. Hal ini perlu dilakukan agar kandungan air dari wortel dan brokoli terserap seluruhnya melalui celah-celah kain.

  1. Buat adonan kroket nasi

Siapkan wadah berukuran besar. Masukkan adonan nasi, wortel, brokoli, bawang merah, bawang putih, dan garam.

Aduk-aduk adonan tersebut menggunakan spatula. Pastikan semua bahan tercampur rata sebelum menuju langkah selanjutnya, ya!

  1. Bentuk adonan kroket nasi

Sebelum melakukan proses ini, pastikan tanganmu bersih, ya! Ambil sedikit adonan kroket nasi, lalu buatlah bentuk bulatan seukuran bola bekel.

Selanjutnya, lumuri adonan yang telah kamu bentuk menggunakan tepung panir. Pastikan tepung panir menyelimuti seluruh permukaan adonan. Ulangi langkah tersebut sampai seluruh adonan habis.

  1. Goreng kroket nasi

Langkah terakhir adalah menggoreng adonan kroket yang telah kamu buat. Goreng kroket hingga warnanya berubah kecoklatan.

Jika sudah matang, segera angkat dan tiriskan. Kamu bisa menyediakan saus sambal sebagai pendamping camilan yang satu ini, ya!

Nah, itulah resep praktis membuat camilan kroket nasi. Selain mengenyangkan, teksturnya yang lembut di dalam dan krispi di luar bikin kudapan yang satu ini jadi favorit banyak masyarakat.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera coba bikin sendiri kroket nasi di rumah! Selamat berkreasi, ya! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

Resep Nasi Lemak Khas Melayu, Enak dan Gurih

Resep Nasi Lemak Khas Melayu, Enak dan Gurih

Akurasi.id – Nasi lemak khas melayu adalah salah satu kuliner yang sangat populer di Kota Medan. Tak heran menu ini selalu ada di kuliner pagi hingga malam hari. Rasanya yang gurih dan penuh rempah, membuat nasi lemak diterima di berbagai lidah masyarakat maupun pengunjung yang berlibur di kota ini.

Di balik kenikmatan nasi lemak itu, ternyata cara membuatnya sangat mudah lho. Ditambah dengan menu yang sangat mudah didapatkan di pasar tradisional. Murah dan praktis, cocok untuk menu berbuka puasa! Simak nih, langkah mudah membuat nasi lemak khas Melayu.

  1. Bahan-bahan yang murah dan mudah ditemukan

Bahan untuk membuat nasi lemak:

2 mangkuk beras
3 biji bawang merah yang telah diiris halus
2 potong jahe
1 mangkuk santan
Sehelai daun pandan
Garam
Air

Keperluan saus:

3 biji bawang putih dan bawang merah
4 sdm saus cabai (dapat berupa saus botolan atau cabai yang telah dihaluskan sebelumnya)
2 potong jahe
Garam
Gula
2 sdm asam Jawa
Minyak sayur

Lauk yang diperlukan:

Ikan teri secukupnya
1 mangkuk kecil kacang
3 butir telur (Ayam atau ikan juga bisa sebagai tambahan)

  1. Cara mengolah tak sampai 30 menit

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasak nasi dengan memasukkan beras bersama bawang, jahe, daun pandan, garam, tambahkan santan dan sedikit air. Tunggu nasi hingga pulen.

Sembari menunggu nasi lemaknya, siapkan saus dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, jahe dan sedikit air. Setelah cukup halus, tumis dengan minyak sayur, lalu masukkan cabai. Tambahkan asam Jawa, garam, dan gula sesuai selera.

Selain itu, siapkan lauk. Goreng ikan teri dan kacang.

Kemudian, kamu juga bisa sambil rebus tiga telur yang telah disiapkan sebelumnya. Perihal lauk, kamu bisa menambahkan ayam atau daging, ya.

  1. Sajikan selagi panas

Jika mengikuti porsi yang diatas, kamu hanya menunggu sekitar 20 menit saja, tapi waktu tersebut tak berlaku untuk porsi yang lebih banyak ya, guys. (tergantung banyaknya porsi nasi yang kamu buat).

Setelah menunggu, kamu bisa sajikan nasi lemak selagi panas bersama keluarga. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

5 Macam Keripik Jadul Khas Indonesia

5 Macam Keripik Jadul Khas Indonesia

Akurasi.id – Keripik menjadi salah satu camilan favorit karena rasanya yang sedap dengan tekstur garing memanjakan lidah. Di antara banyaknya keripik populer di dunia, ternyata Indonesia juga memiliki beberapa versi klasik yang bikin bernostalgia. Mau tahu apa aja keripik jadul khas Indonesia?

Macam-macam keripik jadul khas Indonesia tersebut telah dirangkum menjadi lima sajian yang ada di bawah ini. Yuk, simak!

  1. Keripik bawang 

Keripik bawang merupakan salah satu camilan jadul yang sering dijumpai dalam beberapa wilayah di Indonesia. Seperti namanya, kandungan bawang pada keripik ini akan memberi sentuhan sensasi gurih yang bikin ketagihan.

Selain itu, bahan-bahan yang digunakan juga simpel, seperti tepung terigu, sedikit tepung tapioka, santan, margarin, bumbu perasa. Kemudian bumbu halus dari bawang merah dan putih. Tipiskan adonan, lalu potong-potong sebelum digoreng.

  1. Keripik singkong

Sejak dahulu, keripik singkong gak pernah bisa dipisahkan dari jajanan legendaris masyarakat di Tanah Air. Kudapan berbahan dasar umbi-umbian ini, sekarang sudah mengalami perkembangan pesat dari segi rasa dan penyajian.

Namun, keripik singkong jadul masih terus diproduksi dan memiliki penggemar tidak sedikit, yaitu versi orginal yang dibumbui menggunakan garam. Ada pula keripik singkong pedas yang dibalut memakai bumbu balado.

  1. Keripik usus

Usus merupakan jeroan favorit yang sering dimasak sebagai lauk pendamping bagi makanan pokok di Indonesia. Namun di sisi lain, usus juga sudah lama selalu dijadikan bahan penting dalam pembuatan keripik.

Jenis usus yang digunakan untuk keripik adalah usus ayam dengan bahan marinasi yang terbuat dari rempah-rempah dan bumbu. Kemudian lumuri usus memakai adonan tepung dan goreng hingga matang serta garing.

  1. Keripik kentang

Meskipun keripik kentang kini sudah menjamur dimana-mana dengan aneka macam rasa kekinian. Namun, Indonesia sendiri memiliki keripik kentang versi jadul yang sering kamu jumpai dalam menu hajatan tradisional untuk menemani soto.

Meskipun terbilang simpel, tapi rasa dari keripik ini juga nggak kalah nikmat. Apalagi proses pembuatannya cukup sederhana, yakni dengan merendam potongan kentang bersama air cukup lama. Berikan garam dan goreng sampai kecokelatan.

  1. Keripik pisang

Keripik berikutnya yang masih eksis sampai saat ini bukan lain adalah keripik pisang. Seperti diketahui bahwa pisang menjadi salah satu buah yang selalu melimpah di Indonesia, maka gak heran kalau inovasinya pun menggunung juga.

Meski saat ini keripik pisang sudah memiliki variasi yang lebih kekinian, tapi olahan jadulnya tetap tidak terlupakan. Misal dengan menggoreng keripik setelah direndam kapur sirih dan ditaburi memakai garam atau gula tambahan biar makin sedap.

Keripik di atas selalu dapat dinikmati bahkan hingga saat ini. Meski sudah populer sejak lama, tapi keripik jadul tersebut tetap tidak tergantikan. Gimana, sudahkah kamu menemukan keripik favorit dari santapan di atas? (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

                                  

 

 

6 Cara Membentuk Cookies dan Ragam Jenis Bentuknya

6 Cara Membentuk Cookies dan Ragam Jenis Bentuknya

Akurasi.idCookies merupakan salah satu camilan yang sangat disukai banyak orang. Selain sebagai teman minum teh atau kopi di saat santai, cookies juga sering menjadi suguhan untuk tamu. Mau tahu bagaimana membuat cookies beserta cara membentuk cookies?

Cookies juga memiliki berbagai macam bentuk dan cara pembuatan yang berbeda-beda. Selain dibedakan berdasarkan cara membuat adonan maupun isian yang digunakan, cookies juga dibedakan sesuai dengan bentuk dan cara membentuknya. Berikut ini adalah enam ragam bentuk cookies menurut cara membentuk cookies.

  1. Drop cookies

Bentuk yang pertama adalah drop cookiesDrop cookies adalah kukis yang dicetak dengan menggunakan dua buah sendok berukuran kecil.

Kukis jenis ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan akan sedikit mekar saat dipanggang. Oleh karena itu, saat dipanggang kalian harus memberi jarak antara tiap adonan kukis saat sudah ditaruh di dalam loyang.

  1. Molded cookies

Molded cookies adalah kukis yang memiliki bentuk seperti bola-bola kecil. Untuk membentuk kukis jenis ini cukup hanya dengan menggunakan tangan menjadi bentuk bulat kecil seperti bola. Umumnya kukis jenis ini memiliki tekstur yang lebih padat dan sedikit keras.

Namun untuk sekarang ini sudah banyak molded cookies yang menggunakan alat untuk membentuknya dan bentuknya sudah tidak selalu berbentuk bola-bola kecil, namun sudah sangat beragam dan bervariasi.

  1. Sandwich cookies

Dari namanya saja kalian sudah tahu, bukan? Sandwich cookies adalah kukis yang menggunakan dua keping kukis berbentuk koin dengan ketebalan 0,5 cm yang di dalamnya dilapisi krim atau selai.

Ada juga yang menggunakan marshmallow untuk membuat kepingan kukis tersebut dapat menempel. Isian kukis jenis ini memang beragam.

  1. Rolled cookies

Sesuai namanya, rolled cookies adalah kukis yang dibentuk menjadi gulungan panjang. Setelah itu, kukis dipotong-potong menggunakan cutter khusus untuk kukis.

Setelah itu, kukis ditaruh di loyang untuk dipanggang. Bentuknya dan rasanya unik, lho.

  1. Bar cookies

Adalah kukis yang adonannya diratakan dalam loyang hingga setebal 1–1½ cm, kemudian dipanggang hingga setengah matang. Setelah itu, loyang akan dikeluarkan dari dalam oven.

Kemudian adonan yang masih ada di dalam loyang tersebut akan dipotong-potong hingga berbentuk persegi panjang. Selanjutnya adonan akan dipanggang kembali di dalam oven hingga matang.

  1. Pressed cookies

Pressed cookies adalah cookies yang adonannya akan dimasukkan ke dalam cetakan atau alat khusus untuk pres adonan cookies. Ujung alat pres ini bisa dibongkar pasang dengan mudah dan memiliki beragam motif yang bisa disesuaikan dengan selera.

Cara menggunakannya cukup mudah, adonan yang sudah disiapkan akan dimasukkan dalam tabung alat pres, lalu pasang pola motif diujungnya. Kemudian tekan hingga berbentuk cookies yang sesuai dengan motif tersebut. Atur adonan yang telah terbentuk dalam loyang dan panggang hingga adonan matang.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan berbagai ragam jenis cookies berdasarkan bentuk dan cara membentuknya? Meskipun sangat beragam, cookies yang dihasilkan dengan cara apapun pasti selalu enak dan cocok untuk dijadikan teman minum teh atau kopi. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

5 Camilan Bentuk Spiral, Cantik nan Menggiurkan

5 Camilan Bentuk Spiral, Cantik nan Menggiurkan

Akurasi.id – Bentuk makanan menjadi salah satu aspek yang membuat suatu kudapan dilirik oleh banyak peminat. Maka dari itu, memperhatikan hasil akhir hidangan merupakan poin yang cukup krusial dalam membuat masakan. Salahsatu hasil akhir yang unik adalah camilan bentuk spiral.

Terdapat banyak sekali ragam makanan yang dibentuk serupa spiral, namun kamu dapat menjadikan lima camilan bentuk spiral berikut sebagai andalannya.

  1. Kentang spiral

Buat kamu yang mengikuti perkembangan jajanan yang ada belakangan ini, kentang spiral pasti pernah dijumpai dan dijual di berbagai street food. Kentang ini terbuat dari bentuk utuh yang dipanjangkan memakai suatu alat khusus.

Proses pembuatan kentang spiral memerlukan setidaknya satu tusukan kebab karena bentuknya yang cukup panjang. Kemudian kentang bisa dimasak dengan cara digoreng dan berikan bumbu perasa agar hidangan tersebut semakin enak.

  1. Kukis spiral

Salah satu olahan andalan yang begitu memperhatikan penampilan terhadap hasil akhir makanan adalah kukis. Seperti diketahui, makanan dengan bentuk pipih ini akan makin cantik bila terdapat corak khusus di dalamnya.

Bahan pembuatan spiral kukis ini bisa didukung dengan tepung terigu, gula, telur, mentega, dan bubuk pengembang. Bagi menjadi dua adonan, dan berikan bubuk cokelat di salah satunya, untuk menciptakan perpaduan warna yang cantik.

  1. Scones spiral

Scones adalah makanan berikutnya yang paling cocok untuk dibentuk serupa dengan cinnamon roll yang memiliki bentuk spiral. Makanan ini bisa disisipi menggunakan isian dari macam-macam keju agar lebih enak.

Sedangkan bahan dasar pembuatan scones sendiri tidak lain adalah tepung terigu, bubuk pengembang, susu, mentega, dan penambah rasa. Uleni adonan dengan seksama lalu gulung bersama isian yang dipilih untuk dipanggang.

  1. Quiche spiral

Quiche adalah variasi pai asin yang biasanya diisi menggunakan perpaduan antara telur dan sayur-mayur. Namun kali ini, quiche bisa dibuat lebih spesial lantaran bentuk isiannya yang dibuat menjadi spiral.

Gunakan irisan wortel, terung, bawang bombai, serta zukini. Susun dengan bentuk melintang seperti spiral, lalu tutup memakai adonan telur yang telah ditambahi menggunakan ricotta, parmesan, serta bumbu perasa.

  1. Pigs in a blanket spiral

Kreasi makanan yang bisa diolah menjadi bentuk spiral adalah pigs in a blanket. Nama tersebut merujuk pada olahan sosis dibalut dengan adonan pastri yang tampak seperti selimut.

Bahan-bahan yang dipersiapkan pun terbilang sederhana. Selain sosis, kamu memerlukan crescent dough instan untuk dibentuk spiral. Gunakan juga tusuk satai demi mempercantik makanan.

Macam-macam camilan di atas ternyata tetap menarik apabila dibentuk spiral. Bahkan rupanya jadi kian cantik untuk disantap dalam acara penting tertentu. Yuk, coba buat salah satunya! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com