Tag Archive for: AFood

Cara Bikin Cilok Ikan Tenggiri Isi Telur Puyuh, Jajanan Jadul yang naik kelas

Cara Bikin Cilok Ikan Tenggiri Isi Telur Puyuh, Jajanan Jadul yang naik kelas

Akurasi.id – Cilok memang menjadi salah satu jajanan jadul yang kini kian naik kelas. Bagaimana tidak, cilok yang awalnya hanya dibuat sederhana berupa tepung dan bumbu, sekarang bisa dikreasikan dengan cita rasa yang lebih istimewa, salah satunya cilok ikan tenggiri isi telur puyuh.

Sensasinya gurih berkat dipadu daging ikan tenggiri, bumbu, serta isian telur puyuh, benar-benar menjadikan sajian cilok yang kenikmatannya paripurna.

Langsung saja yuk bikin dengan resep cilok ikan tenggiri isi telur puyuh berikut ini!

  1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan:

  • 15 butir telur puyuh
  • 100 gram daging ikan tenggiri fillet, haluskan
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung sagu
  • 2 batang daun seledri, cincang
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • Air untuk merebus

Bahan biang:

  • 120 gram tepung sagu
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 85 ml air mendidih

Bahan saus kacang:

  • 1 siung bawang putih, goreng
  • 3 siung bawang merah, goreng
  • 50 gram kacang tanah, goreng
  • 5 buah cabai rawit merah, goreng
  • 20 gram gula merah
  • 2 sdt air asam jawa
  • 1 sdt garam
  • 300 ml air matang
  1. Rebus telur puyuh sampai matang, kemudian kupas bersih

Sebelum ke tahap pembuatan adonan, pertama-tama kita rebus telur puyuh terlebih dahulu ya. Letakkan wajan di atas kompor, tuangkan air secukupnya lalu masukkan telur puyuh.

Lalu rebus telur puyuh menggunakan api sedang sampai matang. Matikan api, angkat dan tiriskan. Biarkan hingga menghangat, kemudian kupas sampai bersih dan selesai. Sisihkan.

  1. Tahap membuat adonan cilok

Berikutnya ke tahap membuat adonan cilok. Siapkan wadah. Di dalam wadah campurkan bahan biang seperti tepung sagu dan bawang putih halus. Tuangkan air mendidih, lalu aduk-aduk dengan spatula hingga tercampur rata.

Setelah merata, tambahkan daging ikan tenggiri, tepung terigu, tepung sagu, seledri, garam, dan kaldu bubuk. Uleni dengan tangan hingga tercampur rata. Sisihkan.

  1. Ambil adonan, pipihkan, lalu beri isian telur puyuh

Terakhir adalah tahap membentuk adonan cilok dan merebus hasil adonan cilok yang telah dibentuk.

Letakkan panci di atas kompor, tuangkan air secukupnya. Didihkan menggunakan api sedang.

Sembari menunggu mendidih, baluri telapak tangan dengan tepung sagu, lalu ambil 1 sendok makan adonan cilok. Bentuk pipih kemudian letakkan telur puyuh di atasnya, lalu bentuk bulat.

Lakukan langkah ini hingga selesai.

  1. Rebus cilok ikan isi telur puyuh sampai matang, lalu sajikan selagi hangat

Setelah itu jika dirasa sudah mendidih, langsung masukkan ke dalam rebusan air. Rebus sampai matang dan mengambang. Matikan api, angkat dan tiriskan.

Untuk tahap pembuatan saus, campur semua bahan saus kacang lalu haluskan. Saus ini pun siap disajikan bersama cilok.

Bagaimana, kelezatan kreasi cilok yang satu ini benar-benar naik kelas bukan? Cocok banget dijadikan sajian saat santai. Awas ketagihan lho. (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

Resep Brownies Alpukat Lumer, Rasanya Bikin Nagih

Resep Brownies Alpukat Lumer, Rasanya Bikin Nagih

Akurasi.id – Brownies merupakan kudapan yang sudah tak asing lagi. Rasanya yang manis membuat brownies begitu digemari masyarakat. Kini, brownies tak hanya disajikan begitu saja dengan aneka taburan di atasnya. Salah satu kreasi uniknya yakni brownies alpukat.

Brownies alpukat atau yang beken dengan sebutan browkat adalah brownies yang disajikan dengan vla dan cokelat leleh. Gak heran kalau camilan ini punya tekstur yang lembut sekaligus lumer.

Kini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho karena caranya sangat sederhana dan bahan yang kamu perlukan juga mudah di temukan.

Seperti apa resep brownies alpukat lumer dan cara membuatnya? Berikut adalah ulasannya.

  1. Bahan untuk membuat brownies alpukat 

Bahan brownies kukus:

  • 4 butir telur
  • 80 gram tepung terigu
  • 35 gram cokelat bubuk
  • 75 gram cokelat batangan (DCC)
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt pasta vanila
  • 60 gram mentega
  • 60 ml minyak sayur

Bahan vla alpukat:

  • 1000 gram alpukat
  • 200 ml air
  • 3 sachet susu kental manis

Bahan whipped cream:

  • 300 gram whipped cream  instan
  • 60 ml air es

Bahan ganache cokelat:

  • 250 gram cokelat batangan (DCC)
  • 125 susu cair
  • 1 sdm mentega
  1. Buat brownies kukus terlebih dahulu 

Tim mentega dan cokelat batangan hingga mencair, sisihkan. Kocok telur, gula pasir, emulsifier serta pasta vanila hingga mengembang. Tuang campuran tepung terigu, baking powder, serta cokelat bubuk yang sudah diayak sebelumnya ke dalam adonan.

Masukkan campuran mentega dan cokelat yang sudah kita masak tadi. Campur menggunakan teknik aduk balik hingga semua adonan tercampur rata. Jika sudah, tuang ke dalam loyang dan kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang.

Angkat dan dinginkan terlebih dahulu di dalam suhu ruang.

  1. Lanjutkan dengan menyiapkan vla alpukat 

Sembari menunggu brownies dingin, buat vla alpukat terlebih dahulu, yuk! Caranya mudah banget, lho. Ambil daging buah alpukat lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan air serta susu kental manis. Selanjutnya blender semua bahan hingga benar-benar halus. Pastikan tak ada remahan daging buah alpukat, ya. Tekstur akhirnya akan kental seperti saus.

  1. Selanjutnya, kocok whipped cream

Cara membuat whipped cream cukup mudah. Kamu hanya perlu menuangkan whipped cream instan dan air es lalu kocok menggunakan mixer hingga kaku dan mengembang. Kalau di rumah kamu punya whipped cream yang sudah jadi jauh lebih memudahkanmu lagi.

Sebetulnya, whipped cream tergolong bahan yang optional dalam brownies alpukat ini, ya. Akan tetapi, bila menambahkannya akan semakin menambah kelezatan.

  1. Bikin ganache cokelat, yuk!

Ganache cokelat merupakan perpaduan antara cokelat dan krim biasanya digunakan sebagai pelapis kue.

Nah, kali ini untuk membuat lapisan brownies alpukat kita butuh untuk membuat ganache ini. Caranya sederhana dan mudah, kok.

Cukup rebus susu cair hingga panas. Tak perlu sampai mendidih, ya. Lalu masukkan cokelat batangan yang sudah kamu sisir hingga halus sebelumnya. Tambahkan mentega lantas aduk hingga adonan ganache terlihat mengkilap. Bila sudah seperti itu, matikan api.

  1. Susun brownies alpukat dan sajikan 

Karena semua bahan sudah siap, mari lanjutkan dengan menyusun brownies alpukat ke dalam wadah. Kamu bisa memakai cup salad buah yang berbentuk bulat maupun menggunakan wadah dessert box yang berbentuk persegi. Bila wadah sudah siap, potong brownies terlebih dahulu mengikuti bentuk dasar wadah yang kamu gunakan.

Lanjutkan dengan menuang vla alpukat yang dimasukkan ke dalam plastik segitiga atau piping bag. Selanjutnya letakkan whipped cream di atas vla alpukat. Terakhir, siram dengan ganache.

Bila ingin makin cantik, kamu bisa menambahkan cincangan kacang sangrai atau choco chip.  Simpan di dalam kulkas selama lebih 1 jam hingga set. Baru deh brownies alpukat siap disajikan. Dessert ini paling enak dinikmati dalam keadaan dingin.

Membuat dessert yang enak ternyata tak begitu sulit, ya. Bahkan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Tak ada salahnya juga lho menjadikan brownies alpukat lumer sebagai komoditas jualan kamu. Selamat mencoba, ya! (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

Kenapa Bikin Bolu Kukus Sering Bantat? Ketahui 7 Penyebabnya

Kenapa Bikin Bolu Kukus Sering Bantat? Ketahui 7 Penyebabnya

Akurasi.id – Bikin Bolu kukus agaknya merupakan kreasi yang terbilang tak terlalu sulit dibuat dan bahan-bahannya pun sederhana. Akan tetapi, hasil akhir bolu kukus tersebut tak jarang malah bantat atau tak mengembang sempurna.

Usut punya usut, ada beberapa faktor yang mengakibatkan bolu kukus gagal mekar. Apa sajakah itu?

  1. Pemilihan, kualitas, dan takaran bahan yang digunakan tak dilakukan dengan cermat

Pemilihan bahan sangat mempengaruhi hasil akhir dari hidangan. Misalnya adalah pemilihan jenis tepung yang cocok untuk bolu kukus. Selain itu, kualitas seluruh bahan harus terjaga. Periksa kembali tanggal kedaluwarsa.

Tak hanya itu, takaran bahan yang akan digunakan untuk membuat bolu kukus pun perlu dipertimbangkan dengan cermat. Mulai dari telur, tepung, mentega atau margarin, susu, gula, bahan pengembang, dan lain sebagainya.

  1. Menggunakan bahan-bahan bersuhu dingin (pasca dikeluarkan dari kulkas) ke dalam adonan 

Selain pemilihan, kualitas, dan takaran bahan; rupanya suhu dari bahan pun berperan penting.

Contohnya saja adalah perbedaan suhu saat bahan-bahan (seperti susu dan mentega) yang semula disimpan dalam kulkas dengan suhunya sesaat pasca dikeluarkan.  Jangan langsung mencampurkannya ke dalam adonan. Diamkan terlebih dahulu dalam suhu ruang. Kecuali jika memang hendak membuat hidangan yang memerlukan mentega bersuhu dingin seperti pie crust dan puff pastry agar tekstur akhirnya dapat memadat.

  1. Mencampurkan dan mengaduk semua bahan secara bersamaan (tak bertahap)

Walaupun terbilang sederhana, tapi proses membuat bolu kukus tetaplah harus dilakukan bertahap. Jangan langsung mencampurkan dan mengaduk semua bahan dalam waktu bersamaan. Agar tekstur akhirnya pas, masukkan dan aduklah bahan secara bertahap.

Selain itu, ayak bahan-bahan kering agar teksturnya lebih halus. Hal ini akan membuat bahan-bahan kering dapat lebih tercampur merata saat dimasukkan ke bahan basah (adonan). Alhasil saat dikukus nanti, adonan dapat mengembang dengan baik.

  1. Kukusan belum dipanaskan hingga benar-benar panas atau air kukusan kurang banyak

Sebelum mengukus adonan, pastikan pengukus memang benar sudah panas. Pasalnya, mengukus ketika panci kukus belum panas malah akan membuat bolu menjadi bantat sebab susah mengembang.

Selain itu, banyaknya air kukusan juga harus cukup. Tujuannya, supaya adonan dapat matang sempurna tanpa kekurangan air. Kendati demikian, kondisikan pula agar cipratan air tak malah mengenai adonan.

  1. Tak mengocok (mengaduk) adonan hingga mengental (mengembang)

Selain proses penambahan bahan, teksturnya juga perlu diperhatikan. Kocoklah atau aduklah adonan hingga teksturnya mengental (mengembang). Tujuannya agar bolu dapat lebih mudah merekah (mekar) saat dikukus nanti.

Untuk proses yang lebih ringkas, gunakanlah mixer. Whisk juga dapat dipakai namun prosesnya terbilang lebih lama. Cukup sesuaikan saja dengan ketersediaan alat dan waktu. Namun jangan diaduk terlalu lama ataupun dengan kecepatan terlalu tinggi.

  1. Terlalu sering membuka-menutup panci kukus selama proses pengukusan berlangsung

Saat akan mengkus, lapisi penutup panci dengan kain atau serbet bersih. Hal ini bertujuan agar uap air tak malah menetes ke adonan yang sedang dikukus nanti.

Selain itu, jangan pula terlampau sering membuka tutup panci saat proses pengukusan berlangsung. Pasalnya, perbedaan suhu di luar panci kukus dan di dalamnya memungkinkan terjadi pengaruh terhadap hasil akhir kukusan. Oleh sebab itu, beri jeda sekitar 20-30 menit jika ingin memeriksa tingkat kematangan bolu kukus.

  1. Langsung mengeluarkan bolu kukus saat baru saja matang (selesai dikukus)

Apabila bolu kukus sudah matang, jangan langsung dikeluarkan dari panci. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari perubahan suhu yang drastis saat dikukus dan pasca kukus. Diamkanlah selama 5-10 menit terlebih dahulu.

Tujuannya, agar bolu kukus yang baru saja matang tersebut dapat menyesuaikan suhunya dengan suhu ruang terlebih dahulu. Selanjutnya, keluarkan bolu kukus dan siap untuk disajikan.

Duh, walau tampak sederhana tapi bikin bolu kukus harus cermat. Kesalahan mana nih yang paling sering buatmu lalai? Nah, jangan diulangi lagi ya. (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

Cara Membuat Resep Pepes Ikan Kembung, Rasanya Mantap

Cara Membuat Resep Pepes Ikan Kembung, Rasanya Mantap

Akurasi.id – Selain digoreng, ikan kembung juga bisa diolah dengan cara dipepes. Pepes ikan kembung terbuat dari bumbu rempah-rempah yang nikmat dan gurih.

Pepes ikan biasanya terbuat dari ikan bandeng, nila, dan teri. Cara membuat pepes ikan kembung tidaklah sulit, bahan-bahan yang digunakan pun sederhana. Berikut resep pepes ikan kembung yang wajib kamu coba untuk menu keluarga di rumah.

  1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan:

  • 4 ekor ikan kembung
  • 1 sdt garam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 5 buah tahu putih
  • 1/4 ikat daun kemangi
  • 1 batang daun bawang
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah tomat
  • 2 batang serai
  • daun pisang untuk membungkus

Bahan bumbu halus:

  • 6 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm penyedap rasa
  1. Bersihkan ikan kembung dan lumuri jeruk nipis

Cuci bersih ikan kembung dengan air mengalir. Bersihkan bagian tubuh ikan sampai bersih. Setelah itu, lumuri ikan kembung dengan perasan jeruk nipis agar tidak amis. Diamkan selama 15 menit.

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus

Siapkan blender untung menghaluskan bumbu. Masukkan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, garam, gula, dan penyedap rasa. Blender hingga halus.

Berikutnya, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun salam, tomat, dan serai. Matikan kompor jika bumbu sudah masak.

  1. Haluskan tahu dengan menggunakan garpu

Masukkan tahu ke dalam wadah. Haluskan tahu dengan menggunakan garpu.

Tambahkan irisan daun bawang, kemangi, dan bumbu halus ke dalam wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

  1. Bungkus ikan kembung dan tahu

Siapkan selembar daun pisang untuk membungkus pepes ikan kembung. Letakkan ikan kembung dan tahu di atas daun pisang. Kemudian, bungkus pepes.

Setelah itu, kukus pepes hingga matang. Pepes ikan kembung siap untuk disajikan.

Nah, itulah resep pepes ikan kembung yang praktis. Membuatnya pun sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu, lho. Selamat mencoba! (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

Yuk Cobain Resep Takoyaki, Jajanan Asli Jepang yang Bikin Nagih

Yuk Cobain Resep Takoyaki, Jajanan Asli Jepang yang Bikin Nagih

Akurasi.id – Gak hanya jajanan khas Korea aja yang benar-benar lagi hype, tapi juga jajanan khas dari Negeri Sakura. Takoyaki salahsatunya. Jajanan khas Jepang ini memang bikin nagih. Mau cobain resep takoyaki?

Ya, beberapa waktu lalu takoyaki sempat booming di kalangan milenial and gen z Indonesia. Bentuknya lucu mirip bola-bola dengan topping saus dan katsuoboshi, takoyaki memadukan tekstur lembut dan gurih pedas yang bikin siapapun dibuat kecanduan.

Gampang dibikin sendiri di rumah, jadi gak perlu pelarian ke Jepang nih demi bisa mencicipinya. Yuk, langsung saja cobain resep takoyaki dan cara membuatnya berikut ini.

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan takoyaki:

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 350 ml air
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt garam
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • Crab stick, untuk isian

Bahan saus takoyaki:

  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 sdt saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  • 2 sdm saus tomat
  • 100 ml air

Bahan topping takoyaki:

  • Katsuobushi
  • Mayonaise
  • Saus sambal
  1. Buat dan masak saus takoyaki

Pertama-tama, buat sausnya dulu yuk. Siapkan wajan di atas kompor, di dalam wajan masukkan kecap inggris, saus tiram, kecap manis, kecap asin, saus tomat, dan air.

Mulai nyalakan kompor dengan api kecil, masak sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Matikan api dan sisihkan.

  1. Campurkan bahan-bahan untuk membuat adonan takoyaki

Selanjutnya, tahap untuk membuat adonan takoyaki. Siapkan wadah. Di dalam wadah, kocok lepas telur lalu tambahkan air, kecap asin, garam, dan daun bawang, lalu aduk rata. Ambil wadah. Di dalam wadah, campurkan tepung terigu dan baking powder.

Tuang campuran telur ke dalam tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai adonan tidak bergerindil. Sisihkan.

  1. Goreng takoyaki sampai matang berkulit

Terakhir, langkah ke tahap penggorengan. Letakkan cetakan takoyaki di atas kompor lalu panaskan menggunakan api sedang. Olesi cetakan takoyaki dengan minyak goreng tipis-tipis.

Tuang adonan takoyaki ke dalam cetakan hingga penuh, tambahkan potongan crab stick. Masak hingga bagian bawah berkulit.

  1. Takoyaki siap dinikmati selagi hangat

Jika dirasa bagian bawah berkulit, itu tandanya takoyaki sudah mulai matang ya. Jadi, jangan lupa balikkan dengan bantuan tusuk sate dan lanjutkan dimasak sampai matang.

Yummy! Takoyaki siap disajikan bareng siraman saus takoyaki, mayones, dan taburan katsuoboshi.

Bentuknya mungil tapi ramai diberi isian topping, takoyaki memang paling worth it deh buat camilan peneman santai. Jangan lupa, bikin banyak-banyak ya biar sekeluarga di rumah juga kebagian. Selamat mencoba! (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

Yuk Cobain! Resep Gurame Sambal Cobek Khas Sunda, Rasanya Bikin Nagih

Yuk Cobain! Resep Gurame Sambal Cobek Khas Sunda, Rasanya Bikin Nagih

Akurasi.id – Ada yang sudah mencicipi lauk khas Sunda yang satu ini belum? Namanya, gurame sambal cobek. Lauk ini mungkin sering kalian temui di beberapa restoran khas Sunda.

Nah, cobalah sesekali kamu membuatnya di rumah. Lauk ini cocok kamu nikmati ketika acara kumpul keluarga di akhir pekan. Penasaran bagaimana proses pembuatannya? Simak penjelasan di bawah ini hingga selesai. Jangan sampai di skip, ya!

  1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

Pastikan bahan-bahannya sudah lengkap, ya!

Bahan:

  • 400 gram ikan gurame
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh ketumbar bubuk
  • 5 siung bawang merah
  • 1/2 ruas jari kencur
  • 1/2 ruas jari jahe
  • 1 buah cabai merah besar
  • 25 gram cabai rawit
  • 1 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • Air panas secukupnya
  1. Ikan guramenya dimarinasi dulu, ya!

Bersihkan isian ikan gurame terlebih dahulu. Lalu, buatlah garis belahan diantara kedua sisi badan ikan sesuai selera. Hasilnya, cuci bersih dengan air mengalir.

Sementara itu, potonglah jeruk nipis menjadi 2 bagian. Ambil 1 bagian saja untuk melumuri ikan gurame. Diamkan selama 15 menit. Hasilnya, cuci bersih kembali dengan air mengalir.

  1. Saatnya menggoreng ikan gurame, nih!

Haluskan bawang putih dengan diberi 1 sendok teh garam. Lalu, lumuri ikan dengan bahan tersebut.

Sementara itu, panaskan minyak dalam wajan. Masukkan ikan dan masaklah hingga matang. Jangan lupa balikkan posisi ikan agar matangnya sempurna, ya!

  1. Sambal cobek khasnya jangan lupa, ya!

Jika ikan gurame sudah matang, angkat dan tiriskan. Simpan dalam piring yang sudah tersedia. Sementara itu, gorenglah bawang merah hingga layu.

Lalu, haluskan bawang merah bersama sisa bahan lainnya kecuali air panas dan jeruk nipis. Koreksi rasa sambal ini barangkali masih kurang bumbu. Baru, tambahkan air panas jika memang sudah pas. Aduk-aduk hingga merata.

  1. Akhirnya, gurame sambal cobek siap disajikan

Baluri ikan gurame dengan sambak cobek yang sebelumnya sudah dibuat. Selain itu, tambahkan perasan jeruk nipis.

Dan akhirnya, gurame sambal cobek buatanmu siap disajikan. Sajikan dengan nasi hangat dan lauk tambahan berupa lalaban sesuai selera. Pasti lebih nikmat, deh!
Wah, proses pembuatannya memang mudah banget. Ayo, tunggu apa lagi segera bergegas ke dapur untuk praktik! (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

Mudahnya Resep Kue Lumpang Labu Kuning, Yuk Dicoba!

Mudahnya Resep Kue Lumpang Labu Kuning, Yuk Dicoba!

Akurasi.idKue lumpang merupakan salah satu jenis kue basah tradisional khas Palembang yang punya cita rasa manis dan gurih dengan taburan kelapa parut di atasnya. Mau tahu gimana resep kue lumpang labu kuning?

Kue yang pada dasarnya terbuat dari tepung beras ini kerap diolah dengan beragam kreasi, salah satunya olahan kue lumpang dengan bahan dasar labu kuning. Berikut resep kreasi kue lumpang labu kuning yang patut kamu coba.

  1. Bahan-bahan yang diperlukan 

Untuk membuat beberapa buah kue lumpang, kamu bisa persiapkan bahan-bahan di bawah ini, ya.

Bahan-bahan :

  • 250 gram labu kuning
  • 125 gram tepung beras
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 6 lembar daun pandan
  • 140 gram gula pasir

Bahan topping :

  • 80 gram kelapa parut
  • 1/4 sendok teh garam
  1. Kukus labu hingga matang, lalu haluskan 

Langkah pertama, kupas terlebih dahulu labu kuning, lalu potong ukuran sedang agar memudahkan saat di haluskan. Siapkan panci steamer di atas kompor untuk mengukus labu.

Jangan lupa tunggu hingga panci mulai panas, kemudian masukkan labu. Tutup kembali panci dan kukus labu hingga matang selama kurang lebih 10 menit. Haluskan labu selagi panas menggunakan garpu, lalu diamkan beberapa saat hingga dingin.

  1. Campurkan adonan kue 

Jika labu sudah dingin, saatnya tambahkan tepung beras dan tapioka ke dalam labu yang telah di haluskan. Tuangkan air secukupnya secara bertahan sedikit demi sedikit hingga semua bahan tercampur merata.

Selanjutnya, masak gula bersama daun pandan dan tambahkan sedikit air. Aduk terus hingga gula pasir mulai larut. Kemudian, saring air gula dan diamkan hingga benar-benar dingin.

Tuang air gula yang telah dingin ke dalam adonan kue sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Jika sudah, saring adonan untuk menyisihkan bagian ampasnya. Adonan kue siap dikukus!

  1. Kukus adonan hingga matang 

Panaskan terlebih dahulu air yang ada di dalam alat kukus hingga mendidih. Masukkan adonan ke dalam cetakan yang telah dilapisi dengan minyak terlebih dahulu agar memudahkan saat melepas kue dari cetakan.

Kukus kue lumpang selama kurang lebih 15 menit menggunakan api sedang. Usahakan saat mengukus bungkus terlebih dahulu tutupnya dengan kain agar uap air tidak menetes ke dalam adonan.

  1. Kue lumpang labu kuning siap disajikan!

Jika dirasa sudah matang, keluarkan kue lumpang dari dalam alat kukus. Diamkan beberapa saat hingga uap panasnya hilang. Kemudian, lepas kue lumpang dari cetakannya.

Siapkan piring untuk menyajikan kue lumpang, lalu susun di atasnya. Kemudian, lumuri kue lumpang dengan campuran parutan kelapa dan garam sesuai selera. Kue lumpang labu kuning pun siap disajikan!

Cukup dengan 5 langkah mudah kamu dapat mempraktikkan olahan kuliner khas nusantara satu ini dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba! (*)

Sumber: IDNTimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

Doyan Bakar-bakaran Ikan Tawar? Yuk Cobain Resep Nila Bakar

Doyan Bakar-bakaran Ikan Tawar? Yuk Cobain Resep Nila Bakar

Akurasi.id – Olahan ikan kerap jadi menu pilihan. Namun, ikan masih beraroma amis, terkadang membuat kita enggan buat mencoba. Ini yang kadang jadi permasalahan, terutama buat anak-anak yang sangat sensitif terhadap aroma amis ikan.

Kunci utama biar gak amis ada di proses memasaknya, nih. Terutama saat kita membuat menu ikan bakar, harus tahu trik dan bahan yang tepat biar hidangan ikan gak berbau amis. Langsung simak resep nila bakar yang enak di bawah, yuk.

  1. Persiapkan bahan yang diperlukan 

Bahan utama:

  • 2 ekor ikan nila
  • mentega atau minyak secukupnya

Bumbu marinasi:

  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • sejumput garam

Bumbu nila bakar:

  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 2 lembar daun jeruk
  • garam secukupnya

Bumbu olesan:

  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tomat/sambal
  1. Cuci ikan nila dan goreng setengah matang

Di sini tahap biar ikan gak amis. Pertama, cuci bersih ikan nila terlebih dahulu. Kemudian, baluri permukaan ikan menggunakan bumbu marinasi, lalu diamkan sekitar 15 menit supaya meresap sempurna.

Selanjutnya, panaskan minyak menggunakan api sedang. Goreng ikan hingga setengah matang saja. Jangan sampai permukaan ikannya kering dan jangan dibolak balik supaya ikan tidak hancur. Jika sudah, segera angkat dan sisihkan ikan.

  1. Haluskan bumbu dan tumis 

Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, dan cabai yang sudah dicuci bersih menggunakan cobek atau blender. Kemudian, panaskan minyak di wajan dan tumis bumbu halus hingga tercium aroma harum.

Setelah itu, masukkan daun jeruk, kecap manis, dan garam. Koreksi rasanya, lalu tambahkan penyedap rasa jika kamu suka.

  1. Baluri ikan nila dengan bumbu  

Baluri bumbu ke permukaan ikan hingga merata. Pastikan di sela-sela ikan sudah terkena bumbu merata, ya.

Diamkan ikan yang sudah di lumuri menggunakan bumbu sebentar. Tunggu sekitar 30 menit supaya bumbu meresap sempurna.

  1. Bakar nila dengan teflon hingga matang

Panaskan teflon menggunakan api kecil terlebih dahulu. Kemudian, olesi nila menggunakan bumbu olesan secara merata ke seluruh bagian ikan.

Selanjutnya, masak ikan di atas teflon yang sudah dipanaskan tadi. Balik nila ketika permukaan dirasa sudah matang. Jangan terlalu sering bolak balik ikannya agar tidak mudah hancur ya.

Jika tingkat kematangan sudah sesuai dengan seleramu, angkat. Sajikan selagi hangat bersama nasi putih. Sandingkan nila bakar bersama lalapan dan sambal favoritmu, dijamin bakal kalap deh!

Gimana resep nila bakar di atas? Wajib coba ya! (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

Resep Sambal Tumpang, Makannya Pakai Nasi Putih Makin Maknyus!

Resep Sambal Tumpang, Makannya Pakai Nasi Putih Makin Maknyus!

Akurasi.idSambal tumpang adalah olahan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur. Terbuat dari tempe semangit, sambal ini bercita rasa pedas dan gurih. Biasanya, sambal tumpang menjadi pelengkap nasi tumpang atau nasi pecel. Mau tahu resep sambal tumpang?

Buat kamu yang tertarik, coba bikin sambal tumpang di rumah. Cara membuatnya gak perlu pakai tempe semangit, kamu bisa mengkreasikan dengan tempe lainnya. Berikut resep sambal tumpang yang mudah membuatnya!

  1. Bahan membuat sambal tumpang

Bahan utama:

  • 1 papan tempe
  • 200 ml santan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam

Bahan bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 ruas kencur
  • 5 buah cabai merah
  • 10 buah cabai rawit, cincang halus
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • penyedap secukupnya
  1. Rebus tempe hingga lunak

Langkah pertama adalah merebus tempe. Siapkan panci di atas kompor, lalu tuangkan air secukupnya ke dalam panci. Kemudian, nyalakan kompor dengan api sedang.

Setelah itu, tunggu hingga mendidih. Kalau sudah, masukkan satu papan tempe, lalu rebus sampai lunak. Kemudian, matikan api, angkat, dan tiriskan tempe. Taruh tempe ke dalam wadah, lalu lumatkan.

  1. Haluskan seluruh bahan bumbu dengan blender

Ambil bahan-bahan bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, kencur, cabai merah, dan cabai rawit. Cuci bersih semua bahan tersebut dengan air mengalir, lalu tiriskan.

Siapkan blender, masukkan semua bumbu-bumbu tadi dan beri sedikit air untuk memudahkan proses penghalusan. Jika sudah halus, matikan blender dan sisihkan.

  1. Tumis bumbu halus hingga harum

Letakkan wajan di atas kompor, lalu tuang minyak secukupnya. Nyalakan kompor dengan api sedang dan tunggu minyak benar-benar panas.

Setelah itu, masukkan bumbu dan tumis bersama daun salam. Tambahkan pula lengkuas sambil sesekali diaduk sampai harum dan  matang.

  1. Masak sambal tumpang sampai mendidih

Masukkan santan, tempe, garam, gula, dan penyedap. Aduk rata, lalu lanjutkan dengan menumis sambil sesekali diaduk hingga tempe tercampur bersama bumbu.

Jangan lupa koreksi rasanya, jika dirasa sudah pas, lalu matikan api. Sambal tumpang siap dihidangkan bersama lauk makan favoritmu.

Cita rasanya pedas dan gurih dari sambal tumpang ini bisa kamu nikmati bersama nasi hangat. Meski tidak dinikmati bersama nasi tumpang ataupun nasi pecel, ternyata kenikmatannya tak berkurang sama sekali. Wajib cobain, deh! (*)

Sumber: IDNtimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

Wajib Dikunjungi! 5 Outlet Jajanan Pedas Kekinian di Bekasi

Wajib Dikunjungi! 5 Outlet Jajanan Pedas Kekinian di Bekasi

Akurasi.id – Padat penduduk membuat Bekasi menjadi salah satu daerah Jabodetabek. Wisata kuliner di Kota Patriot ini juga sangat beragam sekali. Jadi buat foodies gak cukup sehari untuk menjelajah kulinernya.

Beberapa outlet jajanan pedas di Bekasi ini wajib dikunjungi bagi para pencinta makanan pedas, nih. Selain kekinian, rasa pedasnya nendang abis!

  1. Pisang goreng moala

Selain dikenal sebagai Aldebaran di sinetron Ikatan Cinta, Arya Saloka bersama dengan Arie Kriting merintis bisnis dengan menjual pisang goreng yang bernama Moala. Kabar baiknya, di Bekasi sudah ada cabang Moala yang bisa kamu kunjungi bersama temanmu, nih.

Pisang goreng ini memiliki tekstur renyah yang bikin siapa pun jadi ketagihan. Apalagi, penambahan sambal khas Nusantara ini bikin tiap cocolan jadi lebih nikmat.

Alamat: Jalan Lele Raya No.55, RT.004/RW.006, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan.

Jam Buka: 10.00 – 20.00 WIB.

  1. MANTAN by Mgdalenaf

Setelah sukses merintis bisnis kuliner kekinian di ibu kota, kini Mgdalenaf membuka cabang baru MANTAN di Bekasi, lho. Buat yang belum tahu, MANTAN merupakan akronim dari makaroni setan. Jadi, kamu bisa menikmati olahan makaroni dengan saus pedas yang menggelegar.

Ada pilihan topping seperti bakso goreng, mi, hingga sate seafood dengan pilihan saus 5 macam. Harga menu kuliner kekinian ini dibawah Rp50.000 saja.Worth it sekali, ya.

Alamat: Grand Galaxy City Ruko RGA No 17 Jl. Boulevard Raya, RT.001/RW.002 Jaka Setia, Bekasi Selatan.

Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB.

  1. Mie Lavar

Pencinta makanan pedas, pasti tidak asing lagi dengan mie gacoan. Nah, di Bekasi sendiri ada olahan mi yang mirip dengan mie gacoan, namanya ialah Mie Lavar. Lokasinya sendiri masuk ke dalam gang tepatnya di jalan Rahayu 2 nomor 3.

Satu porsi Mie Lavar berisi olahan mi yang diberi sambal pedas dengan tambahan topping pangsit goreng dan acar nanas. Sensasi rasa pedas, asin, dan asam inilah yang bikin outlet Mie Lavar selalu diburu oleh anak masa kini.

Alamat: Jalan Rahayu 2 nomor 3, Bekasi.

Jam Buka: 11.00 – 21.00 WIB.

  1. Seblak Mewek

Seblak Mewek merupakan salah satu outlet yang selalu ramai dikunjungi setiap hari di jam 10.00 hingga 22.00 WIB. Sesuai dengan namanya, Seblak Mewek bikin siapapun yang makan jadi mewek karena sensasi rasa gurih dan pedasnya bikin nampol dan nagih.

Topping seblak di sini beraneka macam mulai dari bakso aci, cuanki, siomay kering dan masih banyak lagi. Jangan lupa siapin tisu sebelum menyantap kuliner kekinian yang satu ini, ya.

Alamat: Kavling Taman Wisata Blok E. 20 No. 30, RT 02, RW 32, Kecamatan Babelan, Bekasi Utara.

Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB.

  1. Sate Taichan Bengawan

Rugi banget kalau ke Bekasi gak nyobain Sate Taichan Bengawan yang selalu buka di sore hari hingga menjelang tengah malam. Tempatnya juga nyaman karena terdapat smoking area dan outdoor.

Rata-rata pengunjung di sini menghabiskan biaya di bawah Rp50.000 saja. Soal rasa, gak usah ditanyakan lagi, deh. Pedas segarnya bikin gagal move on!

Alamat: Jalan Boulevard Raya Timur Blok RGB No.68, RT.001/RW.002, Jaka Setia, Bekasi Selatan.

Jam Buka: 15.00 – 23.00 WIB.

Rugi sekali bagi para penggila makanan pedas untuk skip outlet jajanan pedas yang ada di Bekasi. Oh iya, buat yang lagi galau, bisa dicoba nih jajanan pedas supaya mood menjadi lebih baik. (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id