Resep Kue Pancong Lumer, Camilan untuk Santai Soremu

Resep Kue Pancong Lumer, Camilan untuk Santai Soremu

Akurasi.id – Beberapa jajanan tradisional khas Indonesia kini mulai sulit dicari. Salah satunya kue pancong asal Jakarta. Kue ini terbuat dari tepung terigu, gula pasir, santan, dan kelapa parut. Rasanya sangat gurih. Kami bagikan resep kue pancong untuk menemani santai soremu.Kue pancong paling enak disajikan dengan teh hangat sembari santai sore. Manis dan gurihnya melekat banget di mulut.

Walau mulai sulit didapatkan, kamu bisa bikin kue pancong sendiri, kok. Simak resep kue pancong lumer berikut ini, ya! Dilansir dari idntimes.com, Jumat (06/08/2021).

  1. Bahan membuat kue pancong

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung ketan
  • 300 gram kelapa setengah tua
  • 250 gram gula merah
  • 500 ml santan cair
  • 1 sdm air kapur sirih
  • 1 sdm gula pasir
  • garam secukupnya
  1. Parut kelapa dan gula merah

Kupas terlebih dahulu kulit kelapa hingga bersih. Cuci kelapa dengan air mengalir, lalu keringkan. Kemudian, parut kelapa di dalam wadah sampai habis. Sisihkan.

Setelah itu, lanjutkan dengan memarut atau menyisir gula merah. Lakukan sampai habis tanpa membuatnya meleleh. Sisihkan di dalam wadah berbeda.

  1. Campur tepung ketan dengan bahan lain

Siapkan wadah cukup besar, lalu masukkan tepung ketan, parutan kelapa, air kapur sirih, gula pasir, dan garam. Aduk semua bahan tersebut hingga merata.

Selanjutnya, tuang santan cair perlahan ke dalam adonan tepung. Lakukan sambil diaduk dengan spatula. Aduk terus sampai menjadi adonan yang kental dan tak ada yang menggumpal.

  1. Masak kue pancong hingga matang

Letakkan cetakan kue pancong di atas kompor. Panaskan sebentar dengan api kecil, lalu olesi dengan minyak atau mentega tipis-tipis.

Tuang adonan ketan ke dalam cetakan, cukup separuh bagian saja. Tambahkan sisiran gula merah di setiap cetakan dan tumpuk lagi dengan adonan. Tutup cetakan dan biarkan matang.

  1. Sajikan kue pancong dengan lelehan gula

Kalau dirasa sudah matang, periksalah dengan melihat bagian bawahnya. Kalau sudah kecokelatan dan kering, segera angkat dan dinginkan. Lakukan proses memasak hingga adonannya habis.

Sajikan kue pancong dengan taburan gula halus atau bisa juga lelehan gula merah. Tipis-tipis saja, karena di dalamnya sudah diberi isian. Nikmati kue pancong selagi hangat.

Begitulah resep dan cara praktis membuat kue pancong yang lumer di mulut. Gurih dan manisnya berpadu sempurna, menggoyang lidah banget. Selamat mencoba! (*)

Editor: Yusva Alam

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *