Resep Kue Bikang Mawar yang Merekah

Resep Kue Bikang Mawar yang Merekah

Akurasi.id – Indonesia memiliki berbagai jenis kue tradisional yang enak. Salah satunya kue bikang yang dibentuk seperti bunga mawar. Kue Bikang Mawar termasuk kuliner yang digemari masyarakat Indonesia.

Terbuat dari bahan dasar tepung beras, tepung terigu, dan santan. Diberi pewarna untuk membuat tampilannya menarik. Di beberapa daerah, kue bikang disajikan saat acara syukuran atau pernikahan.

Ternyata cara membuatnya cukup mudah, lho. Menariknya, ada teknik khusus untuk membentuk kue bikang mawar. Simak resep kue bikang di bawah ini!

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 125 gram tepung beras
  • 125 gram tepung terigu
  • 200 ml santan
  • 250 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 helai daun pandan
  • pewarna makanan hijau secukupnya
  • pewarna makanan merah secukupnya
  1. Rebus santan

Masukkan santan ke dalam panci, lalu tambahkan air. Masukkan daun pandan, kemudian rebus sambil diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan kompor dan sisihkan.

  1. Buat adonan kue bikang

Selanjutnya, campurkan tepung beras, tepung terigu, gula pasir, dan garam, lalu aduk merata. Setelah itu, tambahkan santan secara bertahap sambil diaduk hingga tercampur rata.

Setelah adonan halus dan gak bergerindil, pisahkan adonan menjadi tiga bagian. Beri pewarna hijau dan merah pada dua adonan.

  1. Masak adonan dengan cetakan

Panaskan cetakan bulat. Tuang adonan merah, masak sebentar, lalu timpa dengan adonan putih, diamkan sebentar. Setelah itu, timpa dengan adonan hijau. Masak hingga kue mengembang.

  1. Bentuk kue bikang dan sajikan

Setelah kuenya hangat, tekan bagian tengahnya dengan tutup botol air mineral. Kemudian, gunting empat sisi pinggirnya dan lebarkan hingga membentuk mawar. Kue bikang mawar siap disajikan.

Itulah resep kue bikang mawar yang merekah, empuk, dan lembut. Selain cocok untuk acara spesial, kamu bisa membuatnya untuk inspirasi camilan untuk keluarga di rumah.

Jangan lupa dicoba ya. Jangan pantang menyerah untuk mencoba resepnya. Apabila telah berhasil dijamin ketagihan terus membuatnya. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *