5 Rekomendasi Warung Soto Nikmat nan Murmer di Balikpapan

5 Rekomendasi Warung Soto Nikmat nan Murmer di Balikpapan

5 Rekomendasi Warung Soto Nikmat nan Murmer di Balikpapan

Soto Banjar yang disajikan dengan lontong juga dikenal dengan sebutan sop. (Instagram @brasa.bnjar)

Akurasi.id – Bagi pecinta kuliner berkuah, soto adalah salah satu makanan favorit. Balikpapan, Kalimantan Timur merupakan kota dengan penduduk yang kebanyakan pendatang dari berbagai daerah baik dari Pulau Jawa maupun berbagai pulau lainnya. Tak heran kuliner soto di Kota Minyak ini jadi amat beragam.

Dilansir dari idntimes.com, Rabu (23/06/2021), untukmu pecinta soto atau makanan berkuah, kami merangkum 5 rekomendasi warung soto nikmat dengan harga murmer alias murah meriah di Balikpapan. Simak dan catat lokasinya, ya.

  1. Soto Banjar

Untuk jenis soto yang satu ini pastinya sudah tak asing bagi kebanyakan warga Balikpapan. Rasanya segar dan biasanya disajikan dengan kecap asin, sambal dan jeruk nipis. Soto Banjar sangat menggugah selera karena kuahnya yang creamy dan gurih.

Nah, di Balikpapan ada beberapa warung atau rumah makan soto Banjar yang terkenal enak. Salah satunya adalah Soto Banjar Kuin Abdhu di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Gunungsari Ilir. Kisaran harganya mulai Rp15 ribu – 25 ribuan saja. Soto disajikan dengan irisan kentang goreng yang memperkaya kenikmatannya.

Atau kamu juga bisa menikmati soto di warung Brasa Bnjar. Rumah makan ini juga berlokasi di Jalan Mekar Sari, Kelurahan Gunung sari Ilir. Sebuah rumah makan ala kafe yang harganya murah meriah dan tak hanya menyediakan soto banjar tapi juga sop ala Banjar. Rasanya tak kalah nikmatnya dan pastinya segar .

  1. Cotto Makasar

Tidak kalah terkenal, sajian khas Makassar banyak sekali bisa dijumpai di Kota Balikpapan. Isian cotto Makassar biasanya jeroan dan daging sapi. Jeroannya ada usus, ati, babat, juga paru.

Cotto yang ramai dikunjungi salah satunya adalah Cotto Makassar Hj Judding. Lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman Klandasan Ulu. Tepatnya, di area Pasar Klandasan.

Menikmati cotto Makassar tentunya dengan lontong yang dibungkus ala ketupat. Di sini, pengunjung bisa makan sambil menikmati panorama Teluk Balikpapan.

Cotto Makassar lain yang tak kalah enak juga ada di Sop Konro Johnny. Warung ini lokasinya lumayan terjepit, karena ada di gang kecil sebelah Kantor Cabang Bank BCA, Jalan Mulawarman, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Selatan. Meskipun warungnya kecil, tapi tempat ini cukup terkenal. Rata-rata cotto dijual dengan harga Rp25 ribuan sampai Rp30 ribuan.

  1. Soto Lamongan

Soto Lamongan juga sudah banyak dikenal di Indonesia. Khasnya adalah ayam, baik ayam kampung atau pun ayam broiler. Kalau di Balikpapan, soto ayam Lamongan yang jadi favorit kebanyakan orang adalah Soto Dondang. Kuahnya kental, plus rasa koya yang gurih.

Harga soto yang berlokasi di Jalan Dondang, samping Polresta Balikpapan ini memang cenderung lebih mahal dibanding soto sejenis. Biasanya dibanderol Rp25 ribu. Tapi rasanya memang nikmat banget.

  1. Soto Semarang

Kangen rasa khas Jawa Tengah? Kamu bisa menikmati soto Semarang yang juga ada lho di Balikpapan. Nikmatnya soto Semarang dimakan bersama sate usus, kerang, telur puyuh, dan hati ampela,

Soto Semarang Rahmat ada di Jalan Jenderal Ahmad Yani, tepatnya di pertigaan Puskib. Tempatnya sedikit menanjak, tepat di seberang pertigaan. Harganya terjangkau banget, untuk ukuran kecil hanya Rp12 ribuan saja, untuk mangkok besar Rp15 ribuan. Warung Soto Semarang Rahmat ini selalu ramai terutama pada jam makan siang.

  1. Soto Kikil

Soto kikil berkuah bening dan sedikit berlemak. Seperti namanya, soto dilengkapi kikil dan ada juga kulit sapi atau krecek. Rasanya nikmat, apalagi dimakan pedas ditambah kecap manis.

Soto kikil yang laris dan nikmat di Balikpapan adalah Soto Kikil Antasari, yang ada di Jalan Ahmad Yani. Warung kecil ini buka pada malam hari. Soto kikil ini sering disebut ‘harga kaki lima, rasa bintang lima’. Kisaran harganya Rp20 ribuan, dijamin mengenyangkan. Kalau lapar tengah malam, soto kikil ini bisa juga jadi pilihan.

Nah, itulah sejumlah rekomendasi warung soto nikmat atau restoran soto dari berbagai daerah yang ada di Balikpapan. Soto memang sajian segar yang nikmat, dan mengenyangkan.Kamu paling suka makan soto apa nih, guys? (*)

Editor: Yusva Alam

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *