Berusia Puluhan Tahun, Ini 5 Kedai Kopi Legendaris di Sumatra Utara

Berusia Puluhan Tahun, Ini 5 Kedai Kopi Legendaris di Sumatra Utara

Berusia Puluhan Tahun, Ini 5 Kedai Kopi Legendaris di Sumatra Utara

Gak diragukan lagi kopi-kopi khas Sumut sudah dikenal luas bahkan sampai mancanegara. (instagram/@coffoodstory)

Akurasi.id – Gak usah ragu soal kuliner kalau berkunjung ke Sumatra Utara. Mulai dari makanan sampai minuman khas ada, terutama di kota Medan. Apalagi kedai kopi legendaris…maknyuuss.

Salah satu yang gak boleh kamu lewatkan adalah mencicipi kopi khas. Gak diragukan lagi kopi-kopi khas Sumut sudah dikenal luas bahkan sampai mancanegara. Misalnya Kopi Sidikalang dan Kopi Mandailing Natal.

Nah, kalau kamu datang ke Medan ataupun kota di Sumut lainnya, jangan lupa berkunjung ke 5 kedai kopi legendaris ini. Cukup legendaris dan sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Dilansir dari idntimes, Senin (12/07/2021).

  1. Kedai kopi Apek

Semua warga kota Medan pasti sangat mengenal kedai kopi yang satu ini. Karena memang inilah kedai kopi tertua yang ada di kota Medan.

Berdiri sejak tahun 1923 dan sudah dikelola oleh generasi ketiga, kedai kopi Apek masih mampu bertahan dan memiliki konsep desain yang sama.

Kopi andalan di kedai ini adalah kopi Sidikalang. Kopi ini biasa diracik dan disajikan dengan tambahan susu kental manis. Rasanya nikmat sekali jika disantap dengan roti bakar Srikaya dan telur ayam kampung setengah matang.

  1. Kopi Tiam Ong

Tiam Ong merupakan kedai kopi di kota Medan yang masih mempertahankan desain yang klasik namun sudah memiliki variasi menu yang lebih beragam dan modern. Kedai kopi ini didirikan tahun 1968 dan memiliki filosofi yang cukup unik, yakni “Minum Cangkir Pertama sebagai Orang Asing, Cangkir Kedua sebagai Teman, dan Cangkir Ketiga sebagai Saudara”.

Menu yang tersedia di kedai kopi ini ada kopi tubruk, kopi Ong klasik, kopi Ong klasik susu, kopi Ong madu klasik, kopi Talua khas Bukittinggi, hingga es kopi blended modern.

Menikmati kopi di kedai ini akan semakin terasa nikmat jika ditemani dengan sepiring pisang goreng, roti bakar, dan selat popiah.

  1. Kedai Kopi Kok Tong Siantar

Sedikit bergeser ke Pematang Siantar dari kota Medan, di kota ini terdapat kedai kopi legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1925. Kedai kopi Kok Tong Siantar namanya. Sama seperti kedai kopi Apek, saat ini yang mengelola kedai kopi Kok Tong adalah generasi yang ketiga.

Keunikan yang terdapat di kedai ini adalah kopi yang disajikan hanya ada 2 jenis yakni kopi hitam dan kopi susu. Keduanya tersedia dalam pilihan panas maupun dingin.

Jenis kopi yang dipakai di kedai ini adalah kopi Robusta yang berasal dari dataran tinggi Simalungun, dan diproses secara manual.

  1. Kedai kopi Sedap Siantar

Kedai kopi yang satu ini masih terletak di kota Pematang Siantar, letaknya tidak jauh dari kedai kopi Kok Tong Siantar. Selain kopi yang nikmat, kedai kopi Sedap Siantar ini lebih dikenal dengan kelezatan selai srikayanya yang unik.

Di kedai ini kamu bisa mencicipi segelas kopi hitam pahit, ditemani dengan sepiring roti bakar Srikaya yang gurih dan manis. Keduanya merupakan perpaduan yang tepat dan dijamin bikin kamu ketagihan.

  1. Kedai kopi Kurnia

Kedai kopi Kurnia yang terletak di kawasan Jalan Mayor Jenderal Sutoyo Siswomihardjo juga menjadi salah satu kedai yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Kopi yang banyak dipesan di kedai kopi ini adalah kopi tubruk khas Medan yang harum.

Selain itu sama seperti kedai kopi di Medan pada umumnya, kedai kopi ini juga menyediakan menu roti bakar srikaya yang memakai selai srikaya buatan sendiri.

Kalau kamu lapar sekali, kedai kopi ini juga menyediakan aneka menu makanan lainnya yang sangat mengenyangkan yakni kwetiaw goreng dan mie Hokkien.

Medan memang sudah sejak lama dikenal sebagai kota kuliner. Dan kamu pun bisa mencicipi kopinya yang legendaris dengan mengunjungi kedai di atas. Selamat mencoba! (*)

Editor: Yusva Alam

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *