5 Kuliner Lokal Terbuat dari Sayuran, Sayang Makin Langka

5 Kuliner Lokal Terbuat dari Sayuran, Sayang Makin Langka

Akurasi.id – Pernah mencicipi nikmatnya pecel semanggi? Kuliner yang identik dengan Kota Surabaya ini keberadaannya mulai sulit dijumpai lantaran daun semanggi yang merupakan bahan dasar dari kuliner ini juga mulai langka, apalagi bila musim kemarau tiba. Masih ada lagi aneka kuliner terbuat dari sayuran.

Ternyata gak cuma pecel semanggi, lima kuliner lokal ini juga terbuat dari sayuran hingga tanaman yang keberadaannya mulai susah dicari alias langka. Apa saja? Dilansir dari idntimes.com, Rabu (15/09/2021).

  1. Sayur besan

Kuliner yang dulu sering banget meriahkan pernikahan adat Betawi, ini diracik dengan kuah santan kaya rempah. Isinya pun beragam mulai dari jagung muda, kembang kol, kentang, wortel, labu, hingga terubuk.

Nah, terubuk inilah sayuran langka yang bikin sayur besan sulit dijumpai. Terubuk sendiri sepintas mirip tebu. Banyak yang menyebutnya juga sebagai tebu telur karena jika dibelah, di dalamnya terdapat telur kecil-kecil layaknya telur ikan.

  1. Lumpia rebung

Lumpia merupakan kuliner yang jadi ciri khas Kota Semarang. Makanan berbungkus dari kulit pangsit, ini bisa dijumpai dalam bentuk kukus maupun goreng. Apapun pilihannya, keduanya tetaplah nikmat.

Apalagi, lumpia dibuat dengan beragam isi. Ada lumpia isi daging cincang, sayuran, dan paling menarik perhatian yakni lumpia isi rebung. Rebung termasuk kategori tanaman yang mulai langka, lho!

  1. Pecel kembang turi

Saat pelesiran ke Yogyakarta, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan kenikmatan dari pecel kembang turi. Memang sih, pecel adalah sesuatu makanan yang mudah dijumpai bahkan dibuat sendiri di rumah.

Masalahnya, tambahan kembang turi bikin pecel satu ini berbeda dari lainnya. Kembang turi sendiri mulai sulit dicari. Wajar saja jika harga pecel kembang turi biasanya sedikit lebih mahal ketimbang pecel sayur pada umumnya.

  1. Kue kantong semar

Singkawang di Kalimantan Barat terkenal sekali dengan ragam kulinernya yang unik dan enak. Sebab itu, jika suatu saat kamu sampai ke kota ini untuk pelesiran, sempatkan untuk menjajal kenikmatan dari kue kantong semar.

Dikenal juga dengan nama cong thien ang, kue kantong semar terbuat dari beras ketan yang dikombinasikan dengan santan serta gula. Sebelum digunakan, kantong semar yang kini mulai sulit dijumpai, dibersihkan bagian dalamnya hingga bersih agar hilang kotorannya.

  1. Pakkat

Kuliner asal Tapanuli Selatan ini mudah sekali dijumpai saat Ramadan tiba karena sering dipilih sebagai kudapan untuk berbuka puasa. Pakkat sendiri dibuat dari pucuk rotan yang dibakar di atas bara api. Saat matang, pakkat dipisahkan dengan kulitnya, baru kemudian disajikan dengan sambal.

Dari lima kuliner di atas, apakah kamu pernah mencoba di antaranya? Semakin banyak kuliner lokal yang popularitasnya makin meredup seiring zaman. (*)

Editor: Yusva alam

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *