Makanan Rakyat Sederhana dan Penuh Gizi

Tahu, Makanan Rakyat yang Sederhana dan Penuh Gizi

Tahu, makanan rakyat yang sederhana dan penuh gizi merupakan ungkapan yang tepat bagi makanan mungil satu ini. Selain murah, tahu termasuk jenis bahan makanan yang mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Maka tidak heran jika makanan yang terbuat dari perasan biji kedelai ini banyak digemari masyarakat. Selain mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan, tahu juga cukup mudah dalam hal pengolahannya untuk berbagai jenis makanan.

Makanan Rakyat Sederhana dan Penuh Gizi

tofubud.com

Mengenal Tahu, Makanan Rakyat yang Sederhana dan Penuh Gizi

Tahu merupakan olahan dari kacang kedelai yang cukup populer di kalangan masyarakat. Dapat dikatakan bahwa tahu adalah makanan andalan untuk perbaikan gizi. Hal ini dikarenakan makanan ini kaya akan mutu protein nabati terbaik. Serta mempunyai komposisi asam amino yang paling lengkap serta diyakini mempunyai daya cerna yang cukup tinggi.

Kandungan Gizi pada Tahu

Kandungan gizi pada tahu tidak kalah tinggi dibandingkan dengan ikan, daging serta telur. Harganya pun relatif murah, sehingga menjadikannya sebagai makanan favorit semua kalangan.

Selain mengandung protein yang cukup tinggi, tahu putih juga mempunyai kandungan lemak, karbohidrat, mineral, fosfor, kalori serta Vitamin B-kompleks. Vitamin B-Komplek yang terdapat di dalam tahu terdiri dari riboflavin, vitamin E, vitamin B12, thiamin, kalsium dan juga kalium.

Tahu juga dikenal mengandung senyawa antioksidan. Dalam sebuah hasil penelitian, antioksidan yang terkandung di dalam tahu bermanfaat untuk mengurangi resiko oksidatif.

Terdapat pula kandungan isoflavon serta isoflavonoid yang berperan sebagai agen antioksidan. Dengan adanya kandungan ini sangat bermanfaat bagi tubuh agar lebih sehat serta mampu meningkatkan sistem imun.

Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

Dengan banyaknya kandungan gizi yang cukup tinggi pada tahu, maka tidak heran jika makanan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat tahu bagi tubuh antara lain kandungan Vitamin B12 yang terdapat di dalam tahu bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Selain itu, rajin mengkonsumsi tahu putih yang tinggi protein juga dapat mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2.

Makanan rakyat yang sederhana dan penuh gizi juga terbukti mampu meregenerasi kulit. Selain kandungan protein yang tinggi, adanya zat saponin juga bermanfaat untuk mengeluarkan kotoran yang tersumbat dalam pori-pori kulit. Serta kandungan vitamin E dan isoflavon pada tahu bermanfaat untuk melembabkan kulit.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.