5 Makanan Khas Gresik Wajib Dicoba Selain Pudak

5 Makanan Khas Gresik Wajib Dicoba Selain Pudak

Akurasi.id – Gresik merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur. Ada berbagai julukan untuk kota yang satu ini mulai dari kota semen, kota santri, hingga kota pudak. Makanan Khas Gresik pun terkenal lezat.

Sudah tahu kan apa itu pudak? Pudak adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu, gula jawa dan santan lalu dimasukkan ke kemasan yang berasal dari pelepah pisang. Makanan ini sangatlah populer dan tidak heran jika menjadi icon makanan dari Gresik.

Apakah hanya pudak yang merupakan kuliner enak asli Gresik? Tentu saja tidak. Jadi, yuk, simak 5 rekomendasi makanan khas Gresik yang wajib dicoba, dilansir dari idntimes.com, Selasa (03/08/2021).

  1. Jenang jubung

Jenang yang satu ini teksturnya sama dengan jenis jenang lainnya, kenyal dan lembut. Jenang jubung ini umumnya terbuat dari ketan hitam dan santan.

Proses pematangan jenang jebung biasanya memakan waktu 4-5 jam tanpa jeda. Setelah matang, jenang dimasukkan ke dalam pelepah pisang yang sudah dikeringkan dan dibentuk bulat. Jangan lupa untuk menambahkan biji wijen untuk memperkaya rasa.

Di zaman serba online ini, tidak sulit untuk membeli jenang jubung karena hampir semua e-commerce menjualnya.

  1. Sego Roomo

Sego artinya nasi dalam bahasa jawa, sedangkan roomo adalah nama sebuah desa di kabupaten Gresik.

Sego roomo adalah nasi yang diberi sayur, bumbu, koya atau poya dan juga sambal. Racikan bumbunya terdiri dari tepung, cabe keriting, cabe merah, udang, lengkuas dan  bawang. Tekstur bumbu ini menyerupai bubur, sangat lembut di mulut.

Ingin menikmati sego roomo? Tidak susah menemukan ibu-ibu penjual sego roomo yang berjejer di sepanjang jalan saat pagi hari. Tapi, ibu-ibu penjual itu hanya ada di daerah Roomo dan sekitarnya. Harganya murah saja, hanya Rp10.000 per porsi. Jadi setelah pandemi berakhir, tidak ada salahnya jalan-jalan ke Roomo dan menikmati nikmatnya makanan ini.

  1. Sego krawu

Kalau warga Gresik ditanya apa makanan khas dari Gresik? Mungkin nasi krawu akan menempati peringkat ke-2 setelah pudak. Ya, seperti itulah kepopuleran sego krawu.

Makanan ini dasarnya terdiri dari nasi putih yang pulen, suwiran daging yang sudah dibumbui, lalu diberi sambal. Selain itu, ada juga yang ditambahi semur daging atau semur telur.

  1. Sego karak

Sego karak. Karak atau yang biasa disebut aking, adalah nasi yang dikeringkan. Tapi, sego karak yang satu ini bukan lah nasi yang dikeringkan.

Sego karak Gresik adalah nasi merah yang diberi tambahan serundeng kelapa dan lauk tempe goreng. Simpel bukan? Makanan khas Gresik ini gampang dijumpai pagi hari di wilayah Gresik utara.

  1. Otak-otak bandeng

Jika berkunjung ke Gresik, jangan lupa untuk membeli otak-otak bandeng sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara. Harganya mulai dari Rp 20.000 per porsi.

Adonan otak-otak bandeng ini hampir sama saja dengan otak-otak lainnya. Hanya saja pada akhir pengerjaan otak-otak bandeng dibungkus dengan daun pisang. Otak-otak bandeng paling enak disantap dengan nasi hangat dan sambal yang pedas penambah cita rasa.

Itu tadi 5 makanan khas Gresik yang tak kalah enak dan terkenal dari pudak. Jangan lupa mencobanya saat kalian berkunjung ke Gresik!

Editor: Yusva Alam

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *