Sanggara Balanda, Satu Lagi Camilan Pisang dari Makassar

Sanggara Balanda, Satu Lagi Camilan Pisang dari Makassar

Akurasi.id – Makassar dan wilayah lain di Sulawesi Selatan dikenal punya berbagai menu kuliner dari olahan pisang. Yang paling terkenal tentu pisang ijo. Jika pisang ijo sudah terlalu mainstream, mungkin kamu perlu mencoba sanggara balanda, camilan pisang dari Makassar. Menu ini juga termasuk menu tradisional dan jadi resep turun-temurun di masyarakat.

Sanggara balanda, umumnya berwujud buah pisang goreng utuh yang bagian tengahnya dibelah memanjang. Pada bagian tengah kemudian diisi dengan saos kacang giling, yang pada perkembangannya bisa diganti dengan saus lain.

Makanan ini banyak ditemui terutama pada bulan Ramadan, meski tak seramai pisang ijo. Pedagang biasanya membatasi stok karena menu kue basah ini relatif tidak bisa disimpan bertahan lama. Berikut penjelasan dan cara membuat camilan pisang dari Makassar tersebut. Dilansir dari idntimes.com, Rabu (06/10/2021).

  1. Terinspirasi dari kebiasaan orang Belanda

Sanggara, dalam bahasa Bugis dan Makassar berarti pisang goreng. Sedangkan penyematan nama Belanda konon karena menu ini terinspirasi dari orang Belanda di masa lampau.

Bukan pisang, namun inspirasi berasal dari saos isiannya. Sebab orang umumnya menggunakan campuran margarin dan keju, yang akrab sebagai produk dan makanan orang Belanda. Sanggara balanda cocok disajikan hangat maupun dingin setelah disimpan di lemari es.

  1. Berbahan dasar pisang raja

Menurut sejumlah pengguna Cookpad, sanggara balanda sebaiknya menggunakan bahan dasar pisang raja. Untuk bahan takjil sekeluarga, bisa disiapkan satu sisir pisang matang.

Bahan berikutnya yang mesti disiapkan adalah margarin dan gula pasir. Lalu kacang tanah, dan telur kocok. Siapkan juga minyak untuk menggoreng.

  1. Cara membuat

Menurut Ikka Dhani di Cookpad, membuat seporsi sanggara balanda butuh waktu sekitar tiga puluh menit. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buat isian. Sangrai kacang, lalu cincang kasar. Campur dengan margarin, gula pasir, dan keju hingga merata. Kemudian sisihkan.
  • Panaskan minyak, goreng pisang hingga kecoklatan. Angkat pisang, lalu balurkan ke dalam adonan telur. Goreng kembali sebentar saja hingga adonan telur matang, angkat.
  • Saat pisang masih panas, buat belahan memanjang pada pisang, tapi jangan sampai putus. Isikan bahan isian secukupnya ke dalam belahan tadi. Karena pisang masih panas, bahan isian akan lumer. Pisang goreng siap disajikan. Enak juga disajikan dingin (masukkan ke kulkas).
  • Bagi yang suka manis, pisang goreng ini bisa disajikan dengan menambahkan lagi saus gula. Cara membuat: Campurkan 3 sdm gula pasir dengan 75 ml air. Masak hingga gula larut dan warnanya agak kecokelatan. Siramkan ke atas pisang. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *