5 Camilan dari Kedondong yang Indonesia Banget

5 Camilan dari Kedondong yang Indonesia Banget

Akurasi.id – Kedondong merupakan salah satu buah yang sering ditemui sebagai konsumsi favorit masyarakat Indonesia. Masuk ke dalam keluarga mangga, maka nggak heran kalau bentuk buah kedondong dan mangga pun hampir serupa. Banyak pula kuliner nusantara utamanya camilan dari kedondong. Mau tahu apa aja?

Kedondong sendiri cenderung lebih keras dan ciri utamanya adalah sensasi rasa masam yang bikin potongan buah makin segar. Di Indonesia sendiri cukup populer beberapa variasi olahan dari buah kedondong.

Bisa jadi inspirasi camilan dari kedondong yang populer di Indonesia berikut ini bikin kamu tertarik mencobanya.

  1. Rujak kedondong

Sebagian besar masyarakat di dalam negeri tentu sudah begitu akrab dengan keberadaan rujak. Perpaduan manis, asam, dan pedas, bikin rujak selalu jadi pilihan dalam mengisi waktu santai untuk melegakan tenggorokan.

Rujak sendiri cukup banyak jenis dan proses pengolahannya. Namun, kamu bisa mengkombinasikan antara terasi, gula merah, kacang, cabai rawit, serta air untuk dicampurkan ke dalam buah dengan rasa asam tersebut.

  1. Manisan kedondong

Manisan adalah salah satu kudapan yang sering dijumpai untuk memperpanjang “usia” suatu makanan. Tidak terkecuali buah kedondong. Dengan begini, biasanya cita rasa buah pun jadi terasa lebih manis dan kenyal.

Diperlukan setidaknya air, gula pasir, sejumput garam, dan pewarna kuning makanan untuk merebus potongan kedondong. Namun, sebelumnya buah harus direndam memakai kapur sirih biar hasilnya lebih maksimal.

  1. Es kedondong

Sebagai salah satu buah dengan cita rasa yang bikin melek, kedondong pun cocok untuk diolah menjadi es potong yang lekat dengan lidah masyarakat Indonesia. Kesegarannya nggak kalah juara dan patut dicoba, nih!

Biar es kedondong terasa lebih nikmat, maka tahapan yang harus dilalui adalah dengan cara mengiris buah atau diparut. Lalu, masak bersama air dan gula sebelum dimasukan ke cetakan khusus dan biarkan di dalam kulkas.

  1. Asinan kedondong

Praktis, cepat, dan bikin ketagihan. Kiranya itulah yang menggambarkan kreasi asinan kedondong menggugah selera yang satu ini. Sudah bukan lagi rahasia kalau kedondong memang klop banget kala disandingkan dengan olahan cabai.

Biasanya, kuah dari asinan tersebut didapatkan dari proses perebusan air bersama aneka jenis cabai, terasi, bumbu perasa, hingga tambahan cuka. Kemudian, satukan komponen tersebut hingga tercampur merata sebelum akhirnya bisa disantap.

  1. Kedondong cabe garam

Menikmati kedondong biar terasa maksimal juga bisa didapatkan melalui bumbu cabe garam. Selain mengandung perpaduan yang bikin mulut sulit berhenti makan, proses pembuatan kedondong cabe garam ini juga sederhana.

Kedondong bisa diiris-iris dan dicampur bersama perpaduan antara bubuk cabai dan garam. Selain itu, siapkan juga tambahan pepaya atau mangga muda biar momen ngemil kamu jadi lebih seru.

Bukan hanya dimakan langsung, kedondong pun bisa dinikmati bersama beragam olahan kudapan sedap. Jika kamu tengah memiliki persediaan kedondong yang melimpah di rumah, segera kreasikan dengan sederet olahan tersebut, ya! Selamat mencoba! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *