Buka Puasa dengan yang Manis Tak Boleh Sembarangan

Buka Puasa dengan yang Manis Tak Boleh Sembarangan, Bagaimana Baiknya? 

Buka Puasa dengan yang manis memang sangat nikmat sekali. Setelah seharian menahan haus dan lapar, memilih makanan atau minuman yang manis banyak menjadi pilihan. Banyak suguhan makanan untuk berbuka puasa dengan kandungan gula yang cukup banyak. Mulai dari es manis hingga kudapan yang manis.

Buka Puasa dengan yang Manis Tak Boleh Sembarangan

pranataprinting.com

Buka Puasa dengan yang Manis Ternyata Kurang Baik

Pada saat puasa, kadar gula dalam tubuh cenderung menurun. Oleh sebab itu, berbuka dengan makanan manis banyak dipilih oleh kebanyakan orang. Namun ternyata, ketika anda mengkonsumsi makanan atau minuman manis, akan membuat kadar gula darah anda melonjak seketika.

Tentunya lonjakan tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Selain itu, mengkonsumsi gula terlalu banyak juga akan menjadi lemak yang menumpuk pada tubuh. Sehingga tentunya akan menyebabkan gangguan pada kesehatan anda.

Bagaimana Sebaiknya Saat Berbuka Puasa?

Saran berbuka puasa yang disampaikan oleh ahli gizi adalah dengan segelas air putih dan beberapa biji kurma. Dengan mengkonsumsi kurma dan air putih, ternyata sudah cukup untuk mengembalikan kesegaran tubuh setelah seharian berpuasa.

Terpenting dari berbuka puasa adalah rehidrasi atau mengembalikan cairan dalam tubuh. Minuman terbaik untuk rehidrasi sendiri sebenarnya adalah air putih.

Mengkonsumsi air putih saat berbuka puasa akan mengembalikan cairan yang hilang setelah seharian berpuasa, dan terpenting adalah air putih ini dapat diserap tubuh dengan baik.

Jika anda ingin buka puasa dengan yang manis, anda bisa memilih kurma. Kurma sendiri mengandung karbohidrat dan serat yang diperlukan oleh tubuh. Namun jika anda kurang suka dengan kurma, anda bisa mengkonsumsi kelapa muda, kolang kaling atau buah lontar untuk berbuka puasa. Tentunya dengan kandungan gula yang tidak banyak.

Jika anda sangat memperhatikan kesehatan anda, mengkonsumsi buah dan sayur bisa menjadi alternatif menu buka puasa. Dengan kandungan antioksidan dan serat yang tinggi tentu akan menjaga kestabilan gula darah anda.

Dampak yang Dirasakan

Buka Puasa dengan yang manis mempengaruhi lonjakan gula darah. Hal tersebut akibat dari makanan manis yang dikonsumsi saat berbuka dapat menyebabkan penyakit, salah satunya adalah diabetes. Dampak langsung yang akan dirasakan adalah rasa kantuk yang tidak tertahan. Akibatnya tidak bisa berkonsentrasi saat ibadah tarawih atau bahkan tertidur karena tidak kuat menahan kantuk.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *