Kenapa Bikin Bolu Kukus Sering Bantat? Ketahui 7 Penyebabnya

Kenapa Bikin Bolu Kukus Sering Bantat? Ketahui 7 Penyebabnya

Akurasi.id – Bikin Bolu kukus agaknya merupakan kreasi yang terbilang tak terlalu sulit dibuat dan bahan-bahannya pun sederhana. Akan tetapi, hasil akhir bolu kukus tersebut tak jarang malah bantat atau tak mengembang sempurna.

Usut punya usut, ada beberapa faktor yang mengakibatkan bolu kukus gagal mekar. Apa sajakah itu?

  1. Pemilihan, kualitas, dan takaran bahan yang digunakan tak dilakukan dengan cermat

Pemilihan bahan sangat mempengaruhi hasil akhir dari hidangan. Misalnya adalah pemilihan jenis tepung yang cocok untuk bolu kukus. Selain itu, kualitas seluruh bahan harus terjaga. Periksa kembali tanggal kedaluwarsa.

Tak hanya itu, takaran bahan yang akan digunakan untuk membuat bolu kukus pun perlu dipertimbangkan dengan cermat. Mulai dari telur, tepung, mentega atau margarin, susu, gula, bahan pengembang, dan lain sebagainya.

  1. Menggunakan bahan-bahan bersuhu dingin (pasca dikeluarkan dari kulkas) ke dalam adonan 

Selain pemilihan, kualitas, dan takaran bahan; rupanya suhu dari bahan pun berperan penting.

Contohnya saja adalah perbedaan suhu saat bahan-bahan (seperti susu dan mentega) yang semula disimpan dalam kulkas dengan suhunya sesaat pasca dikeluarkan.  Jangan langsung mencampurkannya ke dalam adonan. Diamkan terlebih dahulu dalam suhu ruang. Kecuali jika memang hendak membuat hidangan yang memerlukan mentega bersuhu dingin seperti pie crust dan puff pastry agar tekstur akhirnya dapat memadat.

  1. Mencampurkan dan mengaduk semua bahan secara bersamaan (tak bertahap)

Walaupun terbilang sederhana, tapi proses membuat bolu kukus tetaplah harus dilakukan bertahap. Jangan langsung mencampurkan dan mengaduk semua bahan dalam waktu bersamaan. Agar tekstur akhirnya pas, masukkan dan aduklah bahan secara bertahap.

Selain itu, ayak bahan-bahan kering agar teksturnya lebih halus. Hal ini akan membuat bahan-bahan kering dapat lebih tercampur merata saat dimasukkan ke bahan basah (adonan). Alhasil saat dikukus nanti, adonan dapat mengembang dengan baik.

  1. Kukusan belum dipanaskan hingga benar-benar panas atau air kukusan kurang banyak

Sebelum mengukus adonan, pastikan pengukus memang benar sudah panas. Pasalnya, mengukus ketika panci kukus belum panas malah akan membuat bolu menjadi bantat sebab susah mengembang.

Selain itu, banyaknya air kukusan juga harus cukup. Tujuannya, supaya adonan dapat matang sempurna tanpa kekurangan air. Kendati demikian, kondisikan pula agar cipratan air tak malah mengenai adonan.

  1. Tak mengocok (mengaduk) adonan hingga mengental (mengembang)

Selain proses penambahan bahan, teksturnya juga perlu diperhatikan. Kocoklah atau aduklah adonan hingga teksturnya mengental (mengembang). Tujuannya agar bolu dapat lebih mudah merekah (mekar) saat dikukus nanti.

Untuk proses yang lebih ringkas, gunakanlah mixer. Whisk juga dapat dipakai namun prosesnya terbilang lebih lama. Cukup sesuaikan saja dengan ketersediaan alat dan waktu. Namun jangan diaduk terlalu lama ataupun dengan kecepatan terlalu tinggi.

  1. Terlalu sering membuka-menutup panci kukus selama proses pengukusan berlangsung

Saat akan mengkus, lapisi penutup panci dengan kain atau serbet bersih. Hal ini bertujuan agar uap air tak malah menetes ke adonan yang sedang dikukus nanti.

Selain itu, jangan pula terlampau sering membuka tutup panci saat proses pengukusan berlangsung. Pasalnya, perbedaan suhu di luar panci kukus dan di dalamnya memungkinkan terjadi pengaruh terhadap hasil akhir kukusan. Oleh sebab itu, beri jeda sekitar 20-30 menit jika ingin memeriksa tingkat kematangan bolu kukus.

  1. Langsung mengeluarkan bolu kukus saat baru saja matang (selesai dikukus)

Apabila bolu kukus sudah matang, jangan langsung dikeluarkan dari panci. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari perubahan suhu yang drastis saat dikukus dan pasca kukus. Diamkanlah selama 5-10 menit terlebih dahulu.

Tujuannya, agar bolu kukus yang baru saja matang tersebut dapat menyesuaikan suhunya dengan suhu ruang terlebih dahulu. Selanjutnya, keluarkan bolu kukus dan siap untuk disajikan.

Duh, walau tampak sederhana tapi bikin bolu kukus harus cermat. Kesalahan mana nih yang paling sering buatmu lalai? Nah, jangan diulangi lagi ya. (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *