6 Kuliner Lokal Jadi Andalan Menu Sarapan

6 Kuliner Lokal Jadi Andalan Menu Sarapan

Akurasi.id – Tak hanya roti atau nasi goreng, kuliner-kuliner lokal Indonesia juga bisa menjadi andalan untuk menu sarapan. Walaupun tiap-tiap daerah memiliki menu andalannya tersendiri, namun enam kuliner lokal ini merupakan menu yang cukup populer disantap oleh masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Jadi andalan menu sarapan.

Enam kuliner yang jadi andalan menu sarapan ini memiliki cita rasa yang lezat, menyehatkan, dan tentunya mampu memberi energi di pagi hari. Buat yang penasaran ada makanan apa saja, yuk disimak! Dilansir dari idntimes.com, Selasa (12/10/2021).

  1. Pecel

Salah satu makanan lokal yang menyehatkan dan cocok untuk sarapan, yaitu pecel. Di beberapa daerah di Indonesia, pecel merupakan menu sarapan yang cukup populer. Bisa dikatakan, pecel merupakan salad lokalnya Indonesia.

Pecel dianggap sebagai menu sarapan sehat, karena komponen utama pecel adalah sayur-sayuran yang direbus. Sayuran tersebut kemudian disiram menggunakan bumbu pecel yang nikmat dan dimakan bersama krupuk atau peyek. Supaya lebih mengenyangkan, pecel juga cocok disantap bersama lontong ataupun nasi.

  1. Bubur ayam

Di Indonesia, bubur ayam menjadi salah satu menu sarapan yang populer di Indonesia. Bubur ayam kerap dipilih sebagai menu sarapan, karena hidangannya yang sederhana dan dianggap bukan makanan yang terlalu berat untuk dikonsumsi di pagi hari.

Ada berbagai jenis bubur ayam di Indonesia, mulai dari bubur ayam Jakarta, bubur ayam Tegal, dan lain-lain. Umumnya komponen bubur ayam terdiri atas bubur, suwiran ayam, kacang, seledri, bawang goreng, dan kerupuk. Beberapa jenis bubur ayam juga menggunakan kuah berwarna kuning sebagai pelengkapnya, yang membuat rasanya semakin gurih.

  1. Lontong sayur

Bagi masyarakat Indonesia, lontong kerap dijadikan sebagai pengganti nasi. Selain menjadi pendamping sate, lontong juga bisa dijadikan sebagai makanan yang nikmat seperti lontong sayur. Kuliner ini tak hanya disajikan saat hari raya lebaran, tetapi juga dijadikan sebagai menu sarapan sehari-hari.

Semangkuk lontong sayur, umumnya berisi potongan lontong, sayur, dan kerupuk sebagai pelengkap. Di Indonesia ada beragam jenis lontong sayur, tentunya jenis sayur yang digunakan juga berbeda-beda. Beberapa pedagang, juga kerap mengganti lontong dengan ketupat.

  1. Nasi uduk

Di beberapa daerah seperti Jakarta, nasi uduk merupakan menu sarapan yang populer. Nasi uduk yang dikonsumsi untuk sarapan, tentunya berbeda dengan nasi uduk yang biasa ditemukan di warung pecel lele atau pecel ayam.

Nasi uduk yang dijual pada pagi hari, umumnya terdiri atas beberapa komponen utama seperti bihun, semur tahu atau jengkol, tempe orek,  telur, sambal dan kerupuk. Supaya lebih kenyang, nasi uduk biasanya juga disantap bersama gorengagoreng seperti tahu atau tempe.

  1. Soto

Walau pada umumnya soto merupakan menu makan siang, namun tak jarang pula soto dijadikan sebagai menu untuk sarapan. Soto termasuk menu sarapan yang menyehatkan, karena komponen soto juga terdiri atas sayur-sayuran.

Selain menjadi menu sarapan sehat, soto juga cukup mengenyangkan untuk dikonsumsi di pagi hari. Soto biasanya juga dimakan bersama nasi putih, yang mampu memberi tambahan energi di pagi hari.

  1. Nasi kuning

Selain nasi uduk, nasi kuning juga merupakan menu sarapan yang cukup populer di Indonesia. Di beberapa daerah, pada pagi hari banyak ditemukan pedagang nasi kuning yang berjualan. Selain rasanya yang nikmat, nasi kuning juga umumnya dijual dengan harga yang cukup terjangkau sehingga banyak masyarakat Indonesia yang memilih nasi kuning sebagai menu untuk sarapan.

Nasi kuning terdiri atas beberapa komponen, yaitu irisan telur dadar, mi goreng, orek tempe, sambal, dan kerupuk. Beberapa pedagang nasi kuning, juga kerap menyediakan menu tambahan lain, seperti kentang balado, ayam, ataupun telur balado.

Itu dia, enam kuliner lokal yang jadi menu andalan masyarakat Indonesia untuk sarapan. Enam kuliner ini, tidak kalah nikmat dengan menu-menu sarapan pada umumnya, lho! Di antara enam kuliner tersebut, mana yang merupakan menu favoritmu untuk sarapan? (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Tag

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *