Resep aneka masakan berbahan dasar ayam

Resep Semur Ayam Betawi yang Praktis

Resep Semur Ayam Betawi yang Praktis

Akurasi.idSemur biasanya menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Kalau gak suka, daging sapi bisa digantikan dengan daging ayam yang tak kalah enak. Ingin bikin sendiri semur ayam di rumah? Ternyata cara membuatnya cukup mudah diikuti siapa pun, lho. Simak cara membuat dan resep semur ayam khas Betawi berikut ini! Dilansir dari idntimes.com, Kamis (14/10/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 1/2 ekor ayam
  • 3 buah kentang
  • 1 batang serai
  • 1 lembar daun salam
  • 1 buah biji pala
  • 1/2 batang kayu manis
  • kecap manis secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • kemiri secukupnya
  • ketumbar secukupnya
  • lada secukupnya
  1. Blender bumbu halus dahulu

Masukkan semua bahan bumbu halus ke dalam blender, lalu haluskan. Siapkan wajan yang telah diberi minyak dan panaskan. Tambahkan bumbu halus ke dalamnya. Barulah masukkan kayu manis, pala, daun salam, dan serai.

  1. Tumis bumbu halus bersama bahan lainnya

Tumis semua bahan sampai mengeluarkan aroma harum. Barulah masukkan ayam yang telah dipotong, aduk sampai merata. Tambahkan irisan kentang ke dalamnya. Tuang air sedikit demi sedikit, campurkan kembali.

  1. Masukkan kecap manis sembari diaduk

Tambahkan kecap manis ke dalamnya, aduk sampai merata. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit sampai kuahnya mengental. Cicipi dahulu kuahnya supaya rasanya pas. Pastikan tak terlalu manis atau asin, ya!

  1. Tambahkan cabai ke dalamnya

Kalau ingin rasanya lebih pedas, coba tambahkan irisan cabai ke dalamnya. Setelah itu, aduk terus-menerus sampai merata.

Cicipi kembali sebelum disajikan bersama nasi hangat. Matikan kompor, diamkan sejenak, lalu angkat. Semur ayam siap dihidangkan.

Nah, itulah cara membuat dan resep semur ayam khas Betawi. Lebih enak lagi kalau ditambahkan irisan cabai, nih! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

 

 

 

5 Resep Aneka Kari, Sajian Penuh Rempah dan Kaya Rasa!

5 Resep Aneka Kari, Sajian Penuh Rempah dan Kaya Rasa!

Akurasi.idKari identik dengan sajian lezat yang penuh dengan rempah. Hidangan yang biasanya berasal dari Timur Tengah ini populer dengan penggunaan daging sebagai bahannya. Banyak resep aneka kari yang bisa kamu coba.

Nah, buat kamu yang ingin membuat kari, berikut ini ada resep aneka kari yang simpel dan mudah untuk kamu buat di rumah. Apa saja? Yuk, cari tahu di bawah ini. Dilansir dari idntimes.com, Selasa (12/10/2021).

  1. Kari kambing

Bahan utama:

  • 500 gram daging kambing
  • 400 ml santan kental
  • 1 liter santan encer
  • 3 buah kentang
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu rempah:

  • 4 buah cengkih
  • 1 batang kayu manis
  • 1 buah bunga lawang
  • 2 buah kapulaga, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 batang daun kari
  • 1 sdm bubuk kari

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 8 cabai merah keriting
  • 5 buah cabai merah kering
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe

Cara membuat: 

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai merah kering, kemiri yang sudah disangrai, kunyit, dan jahe menggunakan food processor hingga lembut. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan semua bumbu rempah ke dalam tumisan, aduk-aduk hingga rata dan layu.
  3. Kemudian masukkan potongan daging kambing ke dalam tumisan tadi. Aduk-aduk hingga semua bagian dagingnya terlumuri bumbu tumis.
  4. Selanjutnya, tuangkan santan encer sedikit demi sedikit ke dalam masakan. Aduk-aduk hingga rata. Biarkan sebentar dan masak hingga daging kambingnya hampir matang.
  5. Tambahkan potongan kentang ke dalam kari yang sedang dimasak. Aduk-aduk hingga rata. Kemudian, tuang santan kental perlahan-lahan ke dalam masakan.
  6. Bumbui kari kambing dengan gula dan garam secukupnya, aduk-aduk kembali hingga tercampur rata. Masak hingga matang. Angkat dan siap disajikan dengan bawang goreng.
  1. Kari bihun

Bahan utama:

  • 500 gram ayam potong
  • 200 gram bihun rebus
  • 2 buah kentang
  • 400 ml santan kental
  • 1 liter santan biasa
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu rempah:

  • 3 cm kayu manis
  • 4 buah cengkih
  • 2 buah kapulaga
  • 8 lembar daun kari
  • 2 batang serai, geprek
  • 1 buah bunga lawang
  • 1 sdm kari bubuk

Bumbu halus:

  • 3 buah cabai merah kering
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 2 cm kunyit
  • 3 cm jahe

Cara membuat:

  1. Langkah pertama haluskan cabai merah keriting, cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, kemiri yang sudah disangrai, kunyit, dan jahe menggunakan ulekan hingga lembut. Sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak di dalam wajan. Kemudian tumis bumbu halus bersama bumbu rempah hingga harum dan matang.
  3. Kemudian masukkan potongan daging ayam yang sudah dibersihkan ke dalam bumbu tumisan. Aduk-aduk hingga rata. Lalu, tambahkan potongan kentang, aduk-aduk kembali hingga rata.
  4. Setelah itu, tuang santan secara perlahan ke dalam masakan. Aduk-aduk hingga warna hingga rata. Kemudian masak hingga ayamnya hampir matang.
  5. Tambahkan santan kental ke dalam masakan sedikit demi sedikit. Aduk-aduk hingga kuah kari mengental sempurna. Matikan kompor dan angkat.
  6. Setelah itu, siapkan mangkuk saji. Kemudian tata bihun di dalam mangkuk secukupnya, lalu siram dengan kuah kari bersama ayam dan kentang. Siap disajikan bersama taburan bawang goreng.
  1. Lontong kari ayam

Bahan utama:

  • 10 buah lontong yang sudah dipotong kecil
  • 1 ekor ayam yang sudah dipotong menjadi 12 bagian
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai yang sudah dimemarkan
  • 1 ruas jahe yang sudah dimemarkan
  • 2 buah cabai besar yang sudah diiris serong dan dibuang bijinya
  • 3 sdt garam
  • 2 sdt gula
  • 1/2 sdt lada
  • 1.750 ml santan
  • minyak goreng

Bumbu halus:

  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt bubuk kari
  • 1 ruas kunyit yang sudah dibakar
  • 2 butir kemiri
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 1 buah cabai merah besar
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/4 sdt jintan

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, lumuri daging ayam dengan air jeruk nipis dan beri sedikit garam lalu diamkan selama 20 menit.
  2. Kemudian siapkan wajan diatas kompor. Dalam wajan panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma harum. Lalu tambahkan cabai merah, daun salam, serai, dan jahe. Aduk-aduk hingga rata.
  3. Kemudian masukkan daging ayam dan aduk-aduk hingga daging ayam berubah warna. Tambahkan garam, gula, dan lada lalu aduk-aduk hingga rata. Setelah itu, tuangkan santan, aduk-aduk dan masak hingga matang.
  4. Siapkan mangkuk yang cukup besar, masukkan lontong ke dalam mangkuk dan tambahkan ayam beserta kuah yang telah matang. Siap dinikmati.
  1. Kari udang

Bahan utama:

  • 1 kg udang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 80 gram santan kental
  • 2 sdt air asam jawa
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt air perasan jeruk nipis
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 2 cm kunyit, bakar
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, kupas kulit udang hingga bersih. Kemudian, buang garis hitam yang ada di punggung udang sampai tak tersisa, lalu sisihkan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah keriting, kunyit, jahe, dan lengkuas menggunakan food processor hingga lembut. Sisihkan ke dalam mangkuk.
  3. Kemudian tumis bumbu halus hingga harum. Aduk-aduk hingga rata. Setelah itu, bumbui tumisan dengan garam dan gula pasir, aduk-aduk kembali hingga rata.
  4. Tuang santan ke dalam bumbu tumisan. Aduk-aduk hingga santan berubah warna menjadi kekuningan, masak hingga mengental.
  5. Masukkan udang ke dalam bumbu. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan bumbu membaluri seluruh udang.
  6. Tambahkan air asam jawa ke dalam wajan dan aduk rata. Masak hingga matang. Koreksi rasa, angkat dan siap disajikan dengan bawang goreng.
  1. Kari pare

Bahan-bahan:

  • 200 gram pare
  • 2 sdm minyak
  • 1/2 sdt jintan
  • 2 sdt cabai bubuk
  • 2 buah cabai hijau, iris
  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 2 sdm perasan jeruk lemon
  • 1 bawang bombai, cincang halus
  • 1 tangkai daun kari
  • 3 lembar daun ketumbar, cincang halus

Cara membuat:

  1. Langkah pertama, cuci pare terlebih dahulu di air yang mengalir hingga benar-benar bersih. Kemudian, buah biji pare dan potong pare tipis-tipis.
  2. Kemudian panaskan minyak dalam wajan. Tumis jintan hingga berderak. Lalu,  masukkan bawang bombai dan daun kari. Tumis semua bumbu hingga harum dan berwarna kecokelatan.
  3. Masukkan pare yang sudah diiris tipis tadi. Tambahkan garam, daun ketumbar, ketumbar bubuk, cabai bubuk, kunyit bubuk, dan perasan jeruk lemon. Tambahkan sedikit air. Masak hingga matang. Angkat dan siap disajikan.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Itulah lima resep aneka kari yang bisa kalian coba buat di rumah. Kamu mau coba buat yang mana dulu, nih? (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

 

 

 

Resep Sate Taichan Senayan, Mudah Membuatnya

Resep Sate Taichan Senayan, Mudah Membuatnya

Akurasi.id – Selain sate madura dan sate padang, Indonesia memiliki beberapa jenis sate lain. Salah satunya sate taichan khas Senayan ini. Ingin tahu resep Sate Taichan Senayan? Mudah kok membuatnya.

Perbedaannya terletak pada bumbu yang digunakan. Jika biasanya sate menggunakan bumbu kacang, sate taichan senayan ini menggunakan sambal pedas.

Selain itu, warna daging ayamnya cenderung putih. Ditambah dengan bumbu gurih dan air jeruk nipis yang membuat rasa sate ini menjadi berbeda. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, yuk ikuti resep sate taichan senayan berikut ini! Dilansir dari idntimes.com, Sabtu (09/10/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 500 gram dada ayam
  • 1/2 sdt lada
  • 1 sdt garam
  • minyak secukupnya
  • air secukupnya
  • tusuk sate secukupnya

Bahan sambal:

  • 8 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 lada
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • 1 buah jeruk nipis
  1. Marinasi dada ayam, lalu potong

Siapkan dada ayam, kemudian marinasi dengan garam dan lada. Setelah itu, potong-potong sesuai selera, lalu beri minyak secukupnya.

  1. Tusuk potongan dada ayam, lalu bakar sate

Tusukkan potongan dada ayam ke tusuk sate, lakukan hingga habis. Bakar sate hingga matang merata. Setelah matang merata, angkat dan sisihkan.

  1. Haluskan bahan sambal

Berikutnya, rebus bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit hingga matang. Setelah itu, masukkan ke dalam blender, beri lada, garam, penyedap rasa, gula pasir, dan sedikit air. Proses hingga benar-benar halus.

  1. Sate taichan senayan siap disajikan

Setelah sambal selesai diolah, sajikan dengan sate taichan yang sudah dibakar. Tambahkan air jeruk nipis secukupnya, kemudian sajikan.

Itulah resep membuat sate taichan senayan, rasanya mirip dengan yang aslinya, lho. Bisa dinikmati dengan nasi atau lontong sesuai seleramu. Karena mudah membuatnya, jangan lupa dicoba ya. Sekali mencoba dijamin ketagihan terus membuatnya. Gak hanya ketagihan membuat, tapi juga kecanduan mencicipi rasanya. Selamat mencoba! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

 

 

 

Resep Seblak Ceker Khas Bandung

Resep Seblak Ceker Khas Bandung

Akurasi.id – Satu lagi makanan khas Bandung yang jadi favorit saat ini, khususnya untuk para pecinta makanan pedas. Seblak ceker, variasi seblak yang menggunakan ceker ayam dan tulang ayam. Ingin tahu resep seblak ceker yang mantap dan nikmat?

Seblak merupakan jajanan yang sangat ngetren saat ini, khususnya seblak Bandung yang memiliki ciri khas rasa kencur. Seblak ceker khas Bandung ini juga cukup mudah membuatnya. Simak resep seblak ceker khas Bandung berikut ini ya! Dilansir dari idntimes.com, Senin (04/10/2021).

  1. Kumpulkan bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan :

  • 1/4 kg ceker ayam (sesuai selera)
  • 100 gr tulang ayam (sesuai selera)
  • 10-15 lembar daun jeruk
  • 2 liter air matang
  • 16 buah cabai merah keriting
  • 5-6 buah cabai rawit merah
  • 4 buah kencur
  • 8 siung bawang putih
  • Potongan bakso dan sosis (sesuai selera)
  • Kerupuk mentah (sesuai selera)
  • 1 butir telur
  • 2 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  1. Rebus ceker dan tulang

Tahap awal membuat seblak ceker khas Bandung adalah merebus ceker dan tulang. Masukkan ceker, tulang, daun jeruk, dan air ke dalam panci.

Rebus bahan selama 1,5 sampai 2 jam, tutup panci. Setelah matang, sisihkan ceker dan tulang yang sudah matang.

  1. Buat sambal seblak yang enak

Selanjutnya, buat sambal seblak yang enak. Kunci seblak ala pedagang yang enak adalah memasak terlebih dulu cabai dengan sedikit minyak sebelum dimasak bersama bahan lain.

Pertama, blender cabai keriting, cabai rawit, dan sedikit minyak. Setelah itu, masak cabai yang sudah diblender di atas wajan dengan sedikit minyak hingga matang, lalu sisihkan.

  1. Campur semua bahan

Selanjutnya, panaskan wajan. Beri sedikit minyak, masukkan telur, aduk-aduk sesuai selera. Lalu, masukkan bawang putih dan kencur yang sudah dihaluskan, tumis hingga wangi.

Setelah itu, masukkan sambal yang sudah dibuat tadi. Tumis sebentar, lalu masukkan ceker dan tulang yang sudah direbus.

  1. Seblak ceker khas Bandung siap disajikan

Tahap akhir, masukkan air. Agar lebih nikmat, gunakan air kaldu dari rebusan ceker dan tulang. Lalu, masukkan kerupuk, sosis, dan bakso.

Tambahkan kaldu bubuk dan gula sesuai selera. Masak hingga air mendidih dan menyusut, taruh seblak ceker di atas piring dan siap dinikmati.

Itulah cara membuat seblak ceker khas Bandung yang pedas. Kamu dapat mencoba membuatnya di rumah. Selamat mencoba! (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

 

Resep Sayap Ayam Pedas Manis

Resep Sayap Ayam Pedas Manis

Akurasi.id – Sesuai namanya, resep yang akan kita buat kali ini menggunakan sayap ayam sebagai bahan utamanya. Sayap ayam pedas manis ini cita rasanya gak kalah lezat dengan olahan ayam lainnya.

Setelah digoreng setengah matang, daging ayam ditumis dengan bumbu-bumbu yang membuat rasanya menjadi semakin nikmat dengan perpaduan rasa gurih, pedas, dan manis. Bumbunya pun meresap hingga ke tulang.

Biar kalian bisa membuatnya di rumah sebagai lauk pauk, langsung saja cek resep sayap ayam pedas manis selengkapnya di bawah ini. Gampang dan simpel banget, deh! Dilansir dari laman idntimes.com, Kamis (16/09/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan utama:

  • 10 potong sayap ayam
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 ruas laos, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 1/2 ruas jahe
  • 2 butir kemiri
  • 4 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  1. Cuci sayap ayam, lalu goreng setengah matang

Pertama, ambil sayap ayam, lalu cuci menggunakan air hingga benar-benar bersih. Jika sudah, tiriskan dan diamkan beberapa saat.

Panaskan minyak di wajan, hingga mendidih. Saat minyak sudah panas, langsung masukkan sayap ayam dan goreng hingga setengah matang. Kemudian, angkat dan tiriskan saat sudah matang. Lakukan sampai semua sayap ayam habis.

  1. Ulek dan tumis bumbu halus hingga harum

Masukkan bahan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, dan kemiri ke dalam ulekan, lalu hancurkan sampai halus. Kalian juga bisa menggunakan blender atau food chopper agar lebih mudah dan praktis.

Setelah itu, panaskan minyak di wajan dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan lada bubuk, daun jeruk, daun salam, batang serai, dan laos. Aduk dan tumis sampai bumbu mulai layu dan mengeluarkan aroma harum.

  1. Tumis ayam sampai bumbu meresap

Jika bumbu sudah harum, langsung tuang air secukupnya dan didihkan. Kemudian, masukkan sayap ayam yang sudah digoreng, lalu tutup sebentar. Biarkan sampai sayap ayam setengah matang.

Selanjutnya, bumbui masakan dengan garam, gula pasir, kecap manis, dan kaldu bubuk mesiu. Aduk merata, lalu tutup kembali dan biarkan sampai airnya menyusut. Tunggu bumbu meresap ke sayap ayam.

  1. Koreksi rasa masakan, lalu sajikan!

Koreksi rasa masakan terlebih dahulu. Kalau dirasa sudah pas, langsung angkat dan pindahkan ke piring yang sudah disiapkan. Sajikan sayap ayam pedas manis dengan sayuran yang sudah direbus, seperti wortel.

Gimana, gampang banget resep sayap ayam pedas manis di atas, kan? Kalian bisa mencoba resep di atas untuk dijadikan referensi menu baru di rumah. Selamat mencoba, ya! (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Resep Bikin Ayam Suwir Pedas

Ayam Suwir Pedas, Mudah Resepnya

Resep Bikin Ayam Suwir Pedas

Ilustrasi ayam suwir pedas (instagram.com/ana.anggelia)

Akurasi.idDaging ayam memang paling enak diolah menjadi lauk. Salah satunya adalah ayam suwir pedas. Pencinta pedas pasti gak akan tahan kalau melihat sajian ini di rumah.

Supaya gak bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja, coba masak ayam suwir pedas ini, deh. Sensasi pedas dan gurihnya langsung bikin lapar. Simak resep menu di bawah ini! Dilansir dari idntimes.com, Senin (13/09/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 250 gram ayam filet
  • 1 batang serai, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • kaldu jamur secukupnya
  • minyak secukupnya
  • air secukupnya

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3-4 buah cabai merah besar
  • cabai rawit secukupnya
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdt kunyit bubuk
  1. Rebus ayam filet, potong-potong

Siapkan ayam filet yang sudah dibersihkan, kemudian rebus dengan air mendidih hingga matang. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Tunggu hingga dingin, kemudian suwir-suwir, lalu sisihkan dahulu.

  1. Buat bumbu halus, lalu tumis

Selanjutnya, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, jahe, dan kunyit bubuk. Setelah itu, tumis bumbu hingga halus dengan minyak panas. Masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai, kemudian aduk merata.

  1. Tambahkan bahan-bahan lainnya

Tambahkan ayam suwir, aduk hingga merata. Tambahkan garam, gula pasir, kaldu jamur, dan merica bubuk, aduk merata, kemudian koreksi rasanya.

  1. Masak ayam suwir pedas hingga matang

Masak menu ini hingga matang dan bumbu meresap. Setelah matang, angkat dan pindahkan di atas piring saji. Ayam suwir pedas siap dinikmati.

Itulah resep mudah yang nikmatnya menghasut rasa lapar. Tingkat pedasnya bisa disesuaikan dengan seleramu. Selamat memasak!

Nah itulah tadi resep mudah membuat ayam suwir pedas. Bagi kalian-kalian yang menyukai menu-menu berbau ayam serta yang pedas-pedas. maka resep ini cocok banget untuk lidahmu.

Bagaimana? apakah siap mencoba resep ini. sangat mudah sekali untuk membuatnya. apabila masih ada yang kesulitan dengan salahsatu cara yang diberikan, maka bisa kalian tanyakan kepada orangtua atau teman kalian yang pandai memasak. barangkali bisa menemukan solusinya.

(*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Resep Ati Ampela Kecap, Sajian Sedap di Akhir Pekan

Ati Ampela Kecap, Resep Sedap di Akhir Pekan

Akurasi.id – Sebagian orang akan kebingungan ketika diminta untuk mengolah ati dan ampela ayam. Memasak jeroan seperti ati dan ampela memang cukup tricky dan butuh ketelitian. Jika gak diolah dengan baik, ati dan ampela akan meninggalkan bau amis yang merusak cita rasa masakan. Salah satu olahan ati ampela yang paling disukai yakni dibumbu kecap. Ati ampela kecapYuk, simak resep membuat ati ampela kecap yang bisa jadi menu masakanmu hari ini! Dijamin semua pasti suka, deh! Dilansir dari idntimes.com, Selasa (27/07/2021)

  1. Siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan untuk membuat ati ampela kecap dibagi menjadi dua bagian, yakni bahan utama dan bumbu halus. Yuk, intip daftar bahannya!

Bahan utama:

  • 5 buah ati ampela ayam (cuci bersih)
  • 3 sdm kecap manis
  • 3 cm jahe (memarkan)
  • 1 batang serai (geprek)
  • 10 lembar daun jeruk
  • 4 lembar daun salam
  • air secukupnya
  • 1 sdm garam
  • 2 sdm minyak goreng

Bahan bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdm cabai merah giling
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  1. Haluskan dulu bahan-bahan bumbu halusnya

Sebelum memasak ati ampela, haluskan terlebih dahulu bahan-bahan bumbu halusnya. Kupas bawang merah dan bawang putih, lalu siapkan blender.

Masukkan bawang merah, bawang putih, dan semua bahan bumbu halusnya lainnya ke dalam blender. Haluskan semuanya dengan blender hingga benar-benar halus dan tercampur rata.

  1. Rebus ati ampela bersama rempah-rempah

Masukkan ati ampela bersama dengan serai, jahe, daun jeruk, daun salam, garam, dan air secukupnya ke dalam panci. Rebus semuanya selama sekitar 10 menit atau hingga ati ampela matang. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

  1. Tumis bumbu halus hingga harum

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan ati ampela, lalu aduk hingga rata. Masukkan sedikit air, lalu aduk kembali hingga rata.

  1. Masukkan kecap manis dan masak

Terakhir, masukkan kecap manis. Aduk kembali hingga rata. Masak ati ampela hingga bumbu meresap sempurna dan kuah menyusut. Koreksi rasanya, lalu angkat dan pindahkan ati ampela kecap di atas piring saji.

Ati ampela kecap ini cocok banget disajikan bersama dengan nasi hangat dan olahan sayur favoritmu. Selamat memasak! (*)

Editor: Yusva Alam

 

Resep Bumbu Opor Ayam, Gurih dan Mudah Bikinnya

Resep Bumbu Opor Ayam, Gurih dan Mudah Bikinnya

Akurasi.id – Opor ayam merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Berikut bumbu opor ayam, resep dan cara memasak masakan yang identik banget dengan perayaan hari besar di Indonesia.Kalo kamu ingin menyajikan bumbu opor ayam yang gurih di hari raya nanti, kamu bisa mencontek resep berikut ini, dilansir dari idntimes.com, Senin (19/07/2021) :

  1. Bahan-bahan memasak opor ayam

Bumbu yang dihaluskan :

  • 3 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt jintan
  • 2 sdt merica
  • 6 butir kemiri
  • 3 cm kencur
  • 3 cm lengkuas
  • 100 g bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdt garam
  • 2 sdm gula merah

Bahan utama :

  • 4 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 2 batang Serai memarkan
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • 3 lembar daun salam
  • 1 ekor ayam potong jadi 8 bagian
  • 500 ml santan kelapa kental
  • 1 liter santan kelapa encer
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk rasa ayam
  1. Cara membuat opor ayam
  • Panaskan minyak, lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan serai, daun jeruk dan daun salam, aduk-aduk. Tumis hingga harum.
  • Masukkan potongan ayam, aduk-aduk.
  • Tuangkan santan encer, masak hingga mendidih dan ayam empuk. Masaknya menggunakan api sedang ya.
  • Tambahkan santan kental, garam, dan kaldu bubuk, aduk-aduk tunggu sampai mendidih. Saat sudah mendidih kecilkan api, masak lagi sebentar sampai santan agak berminyak.
  • Setelah matang, sajikan opor ayam. Tambahkan bawang goreng diatasnya.

Itulah rekomendasi resep opor ayam dan cara membuatnya dengan gampang, hari raya Lebaran jadi bisa kumpul dengan keluarga. Selamat mencoba!

  1. Resep memasak opor ayam spesial

Bahan-bahan:

1 kg ayam merah
4 lembar daun salam
Kaldu ayam secukupnya
Garam secukupnya
1 buah lengkuas, memarkan
Gula Jawa secukupnya
1 buah serai, digeprek
3 cm jahe
2 bungkus santan kemasan
1 sendok teh ketumbar
Merica secukupnya

Bahan bumbu halus:

8 butir kemiri
6 buah bawang merah
2 lembar daun jeruk
6 buah bawang putih
1 buah kunyit
Cara membuat:

Bersihkan dulu ayamnya, lalu potong-potong sesuai selera. Rebus ayam hingga setengah matang.

Selagi menunggu, kamu bisa menghaluskan bumbu dengan cobek dan ulek-ulek. Kemudian, sangrai bumbu halus tanpa minyak supaya bisa menghilangkan kandungan airnya agar lebih tiris.

Setelah bumbu berubah warna, masukkan ayam ke dalam tumisan bumbu, lalu sangrai lagi hingga merata dan daging ayam mengeluarkan lemaknya.

Tuang 500 ml air panas, masukkan serai, daun salam, daun jeruk, merica, gula Jawa, garam, dan kaldu. Koreksi rasanya.

Terakhir, tambahkan santan dan aduk-aduk hingga merata.

Opor ayam spesial siap disantap.

Demikianlah 5 resep opor ayam yang enak dan lezat seperti di atas. Kalau ingin daging ayamnya lebih empuk, kamu bisa merebusnya lagi selama kurang lebih enam jam. Selamat mencoba! (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Gurih, Yuk Cobain Resep Ayam Serapah Khas Bali!

Gurih, Yuk Cobain Resep Ayam Serapah Khas Bali!

Gurih, Yuk Cobain Resep Ayam Serapah Khas Bali!

Selain ayam betutu di Bali ada ayam serapah, kuliner yang nikmat. (instagram.com/pawonkoe)

Akurasi.id – Indonesia memiliki beragam masakan olahan daging ayam yang menggugah selera. Bali menjadi salah satu wilayah dengan kuliner daging ayam yang nikmat. Gak selalu ayam betutu, ada pula ayam serapah yang lezat.

Ayam digoreng dengan baluran bumbu rempah, lalu disajikan dengan bumbu serapahan. Bumbu tersebut berupa bawang merah, serai, dan cabai yang digoreng.

Kalau kamu penasaran dengan rasanya, cobalah bikin sendiri di rumah. Bahannya gampang ditemukan, simak resep ayam serapah khas Bali berikut ini, dilansir dari idntimes.com, Selasa (29/06/2021).

  1. Bahan membuat ayam serapah

Bahan utama:

  • 500 gram daging ayam pejantan
  • 4 lembar daun jeruk, iris
  • 2 batang seledri
  • 3 sdt air asam jawa
  • 1 sdt bubuk kunyit
  • 1 sdt bubuk ketumbar
  • 1/2 sdt bubuk jintan
  • lada secukupnya
  • garam secukupnya

Bahan serapahan:

  • 8 siung bawang merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 buah cabai keriting
  • 2 batang daun bawang
  • 1 batang serai
  1. Cuci dan potong daging ayam

Sebelum diolah, bersihkan daging ayam terlebih dahulu. Cuci daging dengan air mengalir sambil diusap hingga bersih. Jika sudah, keringkan hingga tuntas.

Setelah itu, letakkan daging ayam di atas talenan. Potong-potong daging ayam menjadi beberapa bagian sama besar, kira-kira 6-8 potong. Sisihkan ke dalam wadah cukup besar.

  1. Bumbui daging ayam dengan bumbu

Berikan bubuk ketumbar, bubuk jintan, bubuk kunyit, irisan daun jeruk, air asam jawa, dan garam ke dalam wadah berisi potongan ayam. Aduk seluruh daging ayam bersama bumbu tersebut hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, tunggu meresap.

  1. Goreng ayam dan iris bahan serapahan

Tuang minyak ke dalam wajan dan panaskan hingga mendidih. Goreng daging ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Masukkan semua potongan daging bersama daun jeruknya juga, ya.

Sembari menunggu daging ayam matang, siapkan bahan membuat serapahannya. Iris bawang merah tipis-tipis, begitu pula dengan daun bawang dan serainya. Iris serong cabai rawit dan cabai keriting.

  1. Sajikan ayam goreng dengan bumbu

Kalau ayam goreng sudah matang, segera angkat dan sisihkan. Tuang minyak dalam wajan, lalu panaskan kembali. Goreng semua bahan serapahan yang tadi sudah disiapkan hingga garing.

Setelah itu, saring bumbu serapahan dan tiriskan. Sajikan ayam goreng dengan bumbu serapahan dan nasi putih hangat.

Itulah resep ayam serapah khas Bali yang rasanya gurih dan segar. Mudah bukan! Daging ayam dijamin lembut, bumbu serapahnya pun nikmat. Saatnya bikin olahan daging ayam selain ayam goreng tepung, nih! (*)

Editor: Yusva Alam

Resep Sup Ayam Pedas Jamur, Menambah Selera Makan

Resep Sup Ayam Pedas Jamur, Menambah Selera Makan

Resep Sup Ayam Pedas Jamur, Menambah Selera Makan

Sup ayam pedas jamur hangat bisa dimasak di rumah sebagai menu istimewa. (MAHI)

Akurasi.id – Percayakah kamu jika sup ayam pedas jamur bisa menambah selera makan? Disajikan dalam mangkuk saji sebagai teman nasi, menu ini bisa membuatmu tidak bisa berhenti menyantapnya. Rasa pedas, asam, gurih bersatu. Belum lagi rasa yang khas dari jamur shiitake dan jamur kuping. Menu ini semakin spesial dihidangkan di kala cuaca dingin!

Pertama-tama, potong fillet dada ayam tanpa kulit setebal 2 cm. Setelahnya iris kedua jamur dengan beberapa trik yang harus diperhatikan. Untuk jamur kuping yang bertekstur kenyal, rendam terlebih dulu di air bersuhu ruangan sekitar 10 menit. Hal ini berfungsi melembutkan jamur kuping sehingga mudah untuk diiris dan disantap. Setelah direndam, potong bagian tengah jamur lalu iris memanjang. Begitu pula dengan jamur shiitake diiris memanjang.

Sedikit berbeda dengan sup ayam berkuah bening, menu ini berkuah kental dari larutan tepung maizena yang dimasukkan di penghujung proses memasak. Masukkan larutan ini sambil aduk sup secara perlahan. Ketika kuah sup mulai mengental, masukkan air perasan jeruk limau. Aduk rata, dan matikan kompor. Sajikan selagi hangat.

Dilansir dari masakapahariini.com, Rabu (23/06/2021), kamu bisa mencoba menu sup lainnya yang tidak kalah istimewa seperti sup ayam tomat, sup makaroni nanas, atau sup krim a la Jerman.

Bahan-bahan

  • 200g fillet dada ayam, potong dadu
  • ½buah bawang bombay, cincang
  • 1cm jahe, memarkan
  • 6lembar jamur kuping, rendam, iris memanjang
  • 40g jamur shiitake, iris tipis
  • 65g saus tomat
  • 2buah cabai merah kering
  • ½sdm saus sambal
  • 1bungkus Royco Kaldu Ayam
  • ½sdt garam
  • ¼sdt merica putih bubuk
  • 750ml air, untuk merebus
  • 1sdt tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air
  • 1buah jeruk limau, peras
  • 1sdm margarin

Cara membuat

  1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan jahe hingga harum.
  2. Masukkan ayam, masak hingga berubah warna.
  3. Masukkan semua jamur, aduk rata.
  4. Masukkan cabai kering, saus tomat, saus sambal, Royco Kaldu Ayam, garam, dan merica.
  5. Tuang air, masak dengan api sedang hingga mendidih.
  6. Masukan larutan tepung maizena. Aduk rata. Masak hingga kuah mengental.
  7. Tambahkan perasan air jeruk limau. Aduk rata. Angkat dan sajikan. (*)

Editor: Yusva Alam