Resep

Resep Sate Tempe, Cocok Buat Vegetarian Baru

Resep Sate Tempe, Cocok Buat Vegetarian Baru

Akurasi.id – Di Indonesia, sate merupakan makanan yang disukai oleh seluruh kalangan. Biasanya sate terbuat dari bahan daging ayam, kambing, maupun sapi yang kemudian dipadukan dengan saus kacang yang nikmat. Nah ini ada yang berbahan tempe. Mau tahu resep sate tempe yang mudah dibuat?

Buat kamu yang mulai bosan dengan olahan sate berbahan daging, kamu juga bisa menggantinya dengan tempe, kok. Apalagi buat kamu para vegetarian, olahan ini bisa jadi alternatif menu makan kamu.

Bahan baku yang harganya terjangkau banget ini juga bisa diolah menjadi sate yang enak, lho. Yuk, simak resep sate tempe dan cara membuatnya berikut ini! Dilansir dari idntimes.com, Sabtu (18/09/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Sebelum mulai memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan berbagai bahan berikut ini, ya!

  • 1 papan tempe sedang
  • 2 lembar daun salam
  • Seruas lengkuas, memarkan
  • 200 ml santan
  • Garam dan gula secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Seruas kunyit
  • 1 sdt ketumbar

Bahan olesan:

  • 2 sdm kecap manis, campur dengan 1 sdt minyak sayur
  1. Tumis bumbu halus

Panaskan wajan dan beri sedikit minyak. Lalu, tumis bumbu halus. Tambahkan juga daun salam dan lengkuas. Tumis hingga bumbu mengeluarkan aroma harum.

  1. Masak tempe dengan bumbu

Setelah bumbu halus harum, masukan tempe yang telah dipotong dadu. Aduk rata, lalu tuangkan santan. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Masak hingga santan mengering dan bumbu meresap.

  1. Tusuk tempe hingga habis

Ambil beberapa tusuk sate, kemudian isi dengan empat hingga 5 potong tempe. Lakukan hingga seluruh tempe habis.

  1. Bakar sate sampai matang

Siapkan teflon anti lengket atau alat bakar sate. Olesi tempe dengan bumbu olesan hingga merata. Kemudian, bakar sate diatas teflon hingga kedua sisinya matang. Angkat, lalu sajikan.

Begitulah resep dan cara membuat sate tempe yang praktis. Rasanya gak kalah enak sama sate ayam, lho. Selamat mencoba, ya! (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

 

Resep Bolu Pandan Pisang yang Enak

Resep Bolu Pandan Pisang yang Enak

Akurasi.id – Bolu merupakan camilan keluarga yang sangat lezat. Apalagi kalau menggunakan pandan dan pisang sebagai bahan utamanya yang bikin makin kaya rasa. Mau tahu resep bolu pandan pisang?

Ingin bikin sendiri di rumah biar punya camilan saat menonton film? Cara membuatnya cukup mudah diikuti, kok. Simak cara membuat dan resep bolu pandan pisang berikut ini! Dilansir dari idntimes.com, Jumat (17/09/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 400 gram gula
  • 220 ml minyak
  • 220 ml susu
  • 8 buah pisang
  • 4 butir telur
  • 2 sendok teh soda kue
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 1/2 sendok makan baking powder
  • pasta pandan secukupnya
  1. Aduk beberapa bahan sampai merata

Di dalam wadah, masukkan tepung terigu, soda kue, baking powder, dan susu bubuk. Campurkan semua bahan sampai merata. Sementara itu, di wadah terpisah, haluskan pisang dengan garpu atau mikser. Sisihkan dahulu.

  1. Kocok telur dan gula

Masukkan telur dan gula di dalam wadah lainnya. Gunakan mikser untuk mencampurkan semua bahan sampai merata. Pastikan sampai mengembang sempurna yang ditandai dengan warnanya jadi putih.

  1. Tambahkan bahan-bahan lainnya

Tuang minyak, susu, dan pasta pandan secara perlahan sembari tetap dicampurkan dengan mikser. Barulah masukkan pisang dan tepung terigu, kemudian campurkan kembali.

Setelah merata, aduk dengan spatula. Pastikan tak ada endapan di bagian bawahnya.

  1. Panggang di dalam oven

Siapkan loyang yang telah diberi mentega, kemudian tuang adonan ke dalamnya. Barulah masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan. Panggang selama kurang lebih 40 menit, angkat dan sajikan dalam bentuk potongan, ya.

Nah, itulah cara membuat dan resep bolu pandan pisang untuk camilan spesialmu bareng keluarga di rumah. Pas banget dinikmati bersama susu atau teh hangat.

Mudah bukan? Asalkan niat pasti ada jalan, begitu kata pepatah. Coba aja dulu. Kalau ada yang tidak mengerti dari cara membuatnya, bisa bertanya ke orang terdekat. (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

 

Resep Sayap Ayam Pedas Manis

Resep Sayap Ayam Pedas Manis

Akurasi.id – Sesuai namanya, resep yang akan kita buat kali ini menggunakan sayap ayam sebagai bahan utamanya. Sayap ayam pedas manis ini cita rasanya gak kalah lezat dengan olahan ayam lainnya.

Setelah digoreng setengah matang, daging ayam ditumis dengan bumbu-bumbu yang membuat rasanya menjadi semakin nikmat dengan perpaduan rasa gurih, pedas, dan manis. Bumbunya pun meresap hingga ke tulang.

Biar kalian bisa membuatnya di rumah sebagai lauk pauk, langsung saja cek resep sayap ayam pedas manis selengkapnya di bawah ini. Gampang dan simpel banget, deh! Dilansir dari laman idntimes.com, Kamis (16/09/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan utama:

  • 10 potong sayap ayam
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 ruas laos, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 1/2 ruas jahe
  • 2 butir kemiri
  • 4 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  1. Cuci sayap ayam, lalu goreng setengah matang

Pertama, ambil sayap ayam, lalu cuci menggunakan air hingga benar-benar bersih. Jika sudah, tiriskan dan diamkan beberapa saat.

Panaskan minyak di wajan, hingga mendidih. Saat minyak sudah panas, langsung masukkan sayap ayam dan goreng hingga setengah matang. Kemudian, angkat dan tiriskan saat sudah matang. Lakukan sampai semua sayap ayam habis.

  1. Ulek dan tumis bumbu halus hingga harum

Masukkan bahan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, dan kemiri ke dalam ulekan, lalu hancurkan sampai halus. Kalian juga bisa menggunakan blender atau food chopper agar lebih mudah dan praktis.

Setelah itu, panaskan minyak di wajan dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan lada bubuk, daun jeruk, daun salam, batang serai, dan laos. Aduk dan tumis sampai bumbu mulai layu dan mengeluarkan aroma harum.

  1. Tumis ayam sampai bumbu meresap

Jika bumbu sudah harum, langsung tuang air secukupnya dan didihkan. Kemudian, masukkan sayap ayam yang sudah digoreng, lalu tutup sebentar. Biarkan sampai sayap ayam setengah matang.

Selanjutnya, bumbui masakan dengan garam, gula pasir, kecap manis, dan kaldu bubuk mesiu. Aduk merata, lalu tutup kembali dan biarkan sampai airnya menyusut. Tunggu bumbu meresap ke sayap ayam.

  1. Koreksi rasa masakan, lalu sajikan!

Koreksi rasa masakan terlebih dahulu. Kalau dirasa sudah pas, langsung angkat dan pindahkan ke piring yang sudah disiapkan. Sajikan sayap ayam pedas manis dengan sayuran yang sudah direbus, seperti wortel.

Gimana, gampang banget resep sayap ayam pedas manis di atas, kan? Kalian bisa mencoba resep di atas untuk dijadikan referensi menu baru di rumah. Selamat mencoba, ya! (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Cara Membuat Martabak Manis Lembut

Cara Membuat Martabak Manis Lembut

Akurasi.id – Siapa bilang kalau martabak manis lembut bikin sendiri di rumah gak bisa seenak buatan abang-abang kaki lima? Kalau resepnya tepat, dijamin hasil martabak manismu bakal oke.

Coba deh praktikkan sendiri di rumah resep martabak manis lembut dan cara membuatnya. Tentunya penasaran bukan seperti apa langkah-langkahnya? Intip di bawah ini, yuk! Dilansir dari idntimes.com, Selasa (14/09/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 100 gram susu kental manis putih
  • 280 ml air
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 2 sendok makan mentega, cairkan, lalu dinginkan
  • Gula pasir secukupnya untuk taburan
  • Keju parut secukupnya untuk taburan
  1. Cara membuatnya gak susah-susah banget, kok
  1. Siapkan mangkuk, campur semua bahan adonan, kecuali soda kue. Aduk hingga rata menggunakan balloon whisk.
  2. Diamkan adonan selama 15-30 menit.
  3. Setelah itu, masukkan soda kue ke dalam adonan dan aduk hingga rata.
  4. Panaskan teflon ukuran kecil, tuang adonan dan panggang dengan api sedang. Perhatikan api agar tak terlalu besar dan membuat adonan gosong.
  5. Jika sudah setengah matang dan permukaannya mulai bergelembung, taburkan gula di atasnya. Masak kembali hingga matang.
  6. Angkat martabak dari teflon, olesi dengan mentega dan taburi dengan topping sesuai selera.
  7. Potong bagian tengah martabak, lipat menjadi dua bagian. Sajikan.
  1. Tips yang bisa kamu terapkan
  1. Sesuaikan volume adonan yang dituang dengan besarnya teflon, supaya adonan bisa mengembang.
  2. Kalau kamu menggunakan teflon berukuran agak besar, jangan lupa tutup teflon saat setengah matang dan muncul gelembung di permukaan adonan. Kalau dari awal sudah ditutup, biasanya adonan bisa jadi bantat.
  3. Kamu bisa mengganti air dengan susu atau buttermilk kalau mau.

Demikianlah rekomendasi resep martabak manis lembut dan cara membuatnya yang bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat dan martabak manis siap dinikmati! Selamat mencoba! (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

 

Resep Bikin Ayam Suwir Pedas

Ayam Suwir Pedas, Mudah Resepnya

Resep Bikin Ayam Suwir Pedas

Ilustrasi ayam suwir pedas (instagram.com/ana.anggelia)

Akurasi.idDaging ayam memang paling enak diolah menjadi lauk. Salah satunya adalah ayam suwir pedas. Pencinta pedas pasti gak akan tahan kalau melihat sajian ini di rumah.

Supaya gak bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja, coba masak ayam suwir pedas ini, deh. Sensasi pedas dan gurihnya langsung bikin lapar. Simak resep menu di bawah ini! Dilansir dari idntimes.com, Senin (13/09/2021).

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 250 gram ayam filet
  • 1 batang serai, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • kaldu jamur secukupnya
  • minyak secukupnya
  • air secukupnya

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3-4 buah cabai merah besar
  • cabai rawit secukupnya
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdt kunyit bubuk
  1. Rebus ayam filet, potong-potong

Siapkan ayam filet yang sudah dibersihkan, kemudian rebus dengan air mendidih hingga matang. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Tunggu hingga dingin, kemudian suwir-suwir, lalu sisihkan dahulu.

  1. Buat bumbu halus, lalu tumis

Selanjutnya, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, jahe, dan kunyit bubuk. Setelah itu, tumis bumbu hingga halus dengan minyak panas. Masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai, kemudian aduk merata.

  1. Tambahkan bahan-bahan lainnya

Tambahkan ayam suwir, aduk hingga merata. Tambahkan garam, gula pasir, kaldu jamur, dan merica bubuk, aduk merata, kemudian koreksi rasanya.

  1. Masak ayam suwir pedas hingga matang

Masak menu ini hingga matang dan bumbu meresap. Setelah matang, angkat dan pindahkan di atas piring saji. Ayam suwir pedas siap dinikmati.

Itulah resep mudah yang nikmatnya menghasut rasa lapar. Tingkat pedasnya bisa disesuaikan dengan seleramu. Selamat memasak!

Nah itulah tadi resep mudah membuat ayam suwir pedas. Bagi kalian-kalian yang menyukai menu-menu berbau ayam serta yang pedas-pedas. maka resep ini cocok banget untuk lidahmu.

Bagaimana? apakah siap mencoba resep ini. sangat mudah sekali untuk membuatnya. apabila masih ada yang kesulitan dengan salahsatu cara yang diberikan, maka bisa kalian tanyakan kepada orangtua atau teman kalian yang pandai memasak. barangkali bisa menemukan solusinya.

(*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Cara Sederhana Membuat Otak-otak Ikan

Cara Sederhana Membuat Otak-otak Ikan

Akurasi.id – Ada banyak camilan khas Indonesia yang populer, salah satunya otak-otak ikan. Saking nikmatnya, tak jarang banyak restoran yang menyediakan hidangan ini. Rasanya gurih, bikin kita susah berhenti mengunyah.

Sayangnya, kalau beli terus bakal bikin kantong kita cepat kering. Beli di pinggir jalan memang murah sih, tapi siapa yang tahu aman atau tidaknya.

Daripada pusing, yuk kita bikin sendiri saja dengan rekomendasi resep dan cara membuat otak-otak ikan yang enak, sederhana, jadi kamu bisa coba sendiri di rumah! Intip di bawah ini, yuk! Dilansir dari idntimes.com, Sabtu (11/09/2021).

  1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan utama:

  • 500 gram ikan tenggiri filet
  • 6 buah es batu kotak
  • 14 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 250 ml santan kental
  • 300 gram tepung sagu
  • 3 sendok teh gula
  • Garam secukupnya
  • 3 batang daun bawang, iris tipis
  • Daun pisang

Bahan sambal kacang:

  • 5 buah cabai merah besar, haluskan
  • 100 gram selai kacang
  • 60 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula
  • ½ sendok teh cuka
  • 4 sendok makan minyak sayur
  1. Lumatkan ikan menggunakan es batu

Penggunaan es batu di sini hanya kalau ikan yang kamu gunakan tidak dalam kondisi beku. Protein daging bisa rusak, kalau kamu melumatkan ikan pada suhu normal. Maka dari itu, dibutuhkan es batu untuk menjaga suhu daging tetap dingin.

Gunakan es batu ketika kamu melumatkan ikan menggunakan blender atau food processor. Kalau tidak punya alatnya, kamu menggilingnya di tempat penggilingan di pasar.

  1. Cara membuat otak-otak ikan
  1. Haluskan ikan tenggiri dan es batu dengan blender, lalu sisihkan di dalam mangkuk. Jangan menggunakan air, karena bisa merusak kualitas daging.
  2. Haluskan bawang putih dan bawang merah, masukkan ke dalam adonan ikan bersama dengan putih telur. Aduk merata.
  3. Tambahkan santan, tepung sagu, gula, penyedap rasa kaldu ayam (opsional), dan daun bawang. Aduk hingga rata.
  4. Ambil sesendok makan adonan, taruh di atas daun pisang, pipihkan hingga berbentuk persegi panjang. Bungkus, lalu sematkan ujungnya dengan tusuk gigi.
  5. Ulangi prosesnya hingga adonan habis. Setelah itu, kukus selama lima menit hingga matang.
  6. Untuk membuat sambal kacang, panaskan minyak di wajan.
  7. Masukkan cabai merah yang sudah dihaluskan. Kemudian, tumis hingga harum dan matang.
  8. Masukkan selai kacang, masak dengan api kecil. Tambahkan air, garam, gula, dan cuka. Tumis kembali hingga benar-benar matang, matikan api.
  9. Sajikan otak-otak ikan dengan sambal kacang.

Itulah resep otak-otak ikan yang bisa kamu coba sendiri. Gak perlu bingung lagi beli di luar, deh! (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Resep Memasak Dendeng Balado, Lezatnya Tak Tertahankan

Resep Memasak Dendeng Balado, Lezatnya Tak Tertahankan

Akurasi.id – Harus diakui, bahwa masakan dari tanah Minang memiliki daya tarik tersendiri bagi lidah masyarakat Indonesia. Mungkin masakan yang paling terkenal khas Minang adalah rendang, namun apabila kamu yang sering singgah ke Rumah Makan Padang untuk memenuhi hasrat lapar, pasti tak asing dengan salah satu makanan khas Minang ini, dendeng balado. Mau tahu resep memasak dendeng balado?

Makanan berbahan utama daging sapi ini begitu menagih. Memiliki cita rasanya yang pedas, membuatnya sangat cocok dipadupadankan dengan nasi panas. Yuk, kita lihat resep memasak dendeng balado dan cara membuatnya! Dilansir dari idntimes.com, Jumat (10/09/2021).

  1. Siapkan bahan-bahan utama yang dibutuhkan
  • 500 gr daging sapi
  • 3 helai daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 3 irisan lengkuas
  • 1 ons cabe keriting
  • 1 buat tomat kecil
  • 7 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdm merica bubuk
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 1 sdm penyedap rasa sapi (Royko)
  • 3 sdm irisan gula aren
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 sdm garam
  • Air dan minyak goreng secukupnya
  1. Setelah semua bahan sudah tersedia, berikut cara membuatnya
  1. Iris daging sapi hingga tipis. Setalah diris, ditekan-tekan dengan garpu.
  2. Campur 1 sdm penyedap rasa Rayko rasa sapi, 1 sdm merica bubuk, 1 sdm ketumbar bubuk, 2 siung bawah putih yang diparut, kasih air secukupnya, lalu diaduk rata.
  3. Bumbu yang sudah diaduk rata, lalu membalurkan dengan daging secara merata.
  4. Lalu diamkan selama 15-30 menit.
  5. Selagi menunggu, potong menjadi dua cabe keriting sebanyak 1 ons, tomat yang telah dipotong, 4 siung bawah putih, lalu digiling/blender (jangan terlalu halus).
  6. Rebus daging sapi yang sudah didiamkan bersama 3 lembar daun salam, 3 irisan lengkuas, dan dua gelas air.
  7. Panaskan minyak dan goreng daging sapi yang telah direbus hingga agak kehitaman (bukang gosong).
  8. Setelah daging sudah bewarna agak kehitaman, kurangi minyak di wajan.
  9. Lalu masukkan 7 siung bawah merah yang sudah diiris.
  10. Sudah sedikit lama, masukkan cabe yang sudah dihaluskan. Dan juga tambahkan 3 helai daun jeruk, 3 sdm irisan gula aren, 2 sdm garam, lalu aduk.
  11. Pada saat daging dan bumbu masing digoreng, masukkan sisa air rebusan daging, aduk rata dan diamkan sampai air mengering sambil sesekali diaduk.
  12. Setelah air mengering dan berminyak, matikan kompor. Lalu sajikan ke piring terbaikmu.
  1. Agar lebih mudah, berikut referensi tutorial cara membuat dendeng balado

Dalam membuat dendeng balado, dibutuhkan kesabaran dan keahlian supaya mendapatkan hasil yang sempurna. Pastikan sewaktu menggoreng daging sapi tidak sampai gosong, melainkan mendapatkan warna daging sedikit kehitaman. Jangan lupa untuk tidak menumbuk cabe yang tak terlalu halus dan juga bumbu yang lengkap.

Nah, itu dia resep cara membuat dendeng balado khas Rumah Makan Padang. Selamat mencoba ya! (*)

Editor: Yusva Alam

 

Resep Kue Lapis Tak Lekang oleh Zaman

Resep Kue Lapis Tak Lekang oleh Zaman

Akurasi.id – Ada yang kangen dengan camilan manis nan jadul satu ini? Namanya kue lapis. Populer dengan teksturnya yang lucu dan rasa manisnya yang selalu pas, ternyata proses pembuatannya juga cukup mudah, lho. Berikut resep kue lapis, cobain ya!

Daripada kamu bingung mencari penjual kue lapis yang sudah semakin jarang, lebih baik kamu membuatnya sendiri di rumah.

Pengen tahu cara membuat resep kue lapis? Simak penjelasannya di bawah ini baik-baik, ya! Dilansir dari idntimes.com, Kamis (09/09/2021).

  1. Siapkan bahan yang diperlukan 

Sebelum mulai membuatnya, pastikan kamu sudah memiliki sederet bahan berikut ini, ya!

  • 100 gram tepung beras
  • 150 gram tepung tapioka
  • 225 gram gula
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanilli
  • 600 ml santan
  • 1 sendok makan cokelat bubuk
  1. Masaklah santan terlebih dahulu

Panaskan wajan terlebih dahulu. Jika sudah panas, masukkan santan. Masaklah hingga mendidih. Jika sudah, tinggal simpan dalam wadah.

  1. Campurkan bersama bahan-bahan lainnya

Campurkan santan tadi bersama bahan-bahan lainnya kecuali cokelat bubuk. Aduk-aduk hingga merata. Lalu, bagilah adonan menjadi 2 mangkok berbeda. Tambahkan cokelat bubuk pada bagian yang lain. Hingga tampaklah adonan berwarna cokelat dan adonan putih.

  1. Kukus selama 7 menit dengan selingan penambahan adonan  

Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega. Lalu, masukkan adonan cokelat sebagai alas. Kukuslah selama 7 menit. Setelah 7 menit, tambahkan adonan putih. Masak kembali selama 7 menit. Lakukan secara terus menerus hingga adonan habis.

  1. Kue lapis siap disajikan, nih!

Jika adonan sudah habis dan tiba masanya 7 menit terakhir, angkatlah kue lapis. Kue lapis buatanmu yang cantik dengan lapisan warna cokelat dan putih pun sudah siap disajikan. Cocok banget dijadikan camilan nongkrong sore-sore ditemani teh panas, lho!

Nah, itulah resep kue lapis yang sudah kami rangkum. Kamu tertarik untuk membuatnya? Siapkan bahan-bahannya sekarang juga, yuk! Kalau bingung bisa tanya ibumu atau teman-teman yang pernah membuatnya. Sekedar sharing aja, siapa tahu ada bahan atau cara membuat yang tidak kamu ketahui. (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Resep Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana

Resep Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana

Akurasi.id – Saat merayakan ulang tahun seseorang, kamu pasti ingin memberikan kue yang spesial. Gak melulu harus beli di luar, kamu bisa coba membuat kue sendiri, biar terasa semakin istimewa. Mau tau cara sederhana bikin kue ulang tahun?

Membuat kue ulang tahun gak sesulit yang kamu bayangkan, kok. Dengan resep berikut ini, caranya cukup mudah diikuti. Dilansir dari idntime.com, Rabu (08/09/2021), simak cara membuat dan resep kue ulang tahun sederhana di bawah ini, ya!

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 gram gula
  • 150 gram margarin
  • 40 gram susu bubuk
  • 8 butir telur
  • 2 sendok teh emulsifier
  • 1 sendok teh bubuk vanili

Bahan butter cream:

  • 800 gram margarin
  • 400 gram gula halus
  • 148 gram kental manis
  • pewarna makanan sesuai selera
  1. Campurkan beberapa bahan di dalam wadah

Masukkan bubuk vanili, emulsifier, gula, dan telur ke dalam wadah. Aduk semua bahan dengan mikser berkecepatan tinggi sampai warnanya berubah jadi putih. Tuang tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak. Lakukan secara perlahan.

  1. Aduk bahan-bahan dengan mikser

Gunakan kembali mikser untuk mencampurkan semua bahan. Gak perlu terlalu lama, supaya adonannya tetap mengembang dan gak bantat. Tambahkan margarin yang telah dilelehkan ke dalamnya, aduk semua bahan sampai merata.

  1. Tuang ke dalam loyang, lalu oven sampai matang

Olesi loyang dengan margarin dan sedikit tepung terigu biar gak lengket. Tuang adonan ke dalamnya sembari dihentakkan biar gak ada udara ke luar.

Panggang di dalam oven sampai matang. Setelah matang, dinginkan dahulu.

  1. Siapkan bahanbutter creamnya

Campurkan semua bahan untuk butter creamnya di dalam wadah. Gunakan mikser untuk mencampurkan semua bahan. Barulah bagi jadi beberapa bagian, kemudian berikan pewarna sesuai selera.

  1. Hiasi dengan butter creamdi bagian atasnya

Bagi adonan jadi dua bagian, lalu olesi dengan butter cream di bagian tengahnya. Barulah hiasi bagian atasnya dengan butter cream yang telah diwarnai sesuai selera. Setelah selesai menghias, kue ulang tahun siap disajikan.

Nah, itulah cara membuat dan resep kue ultah sederhana yang bisa kamu berikan untuk orang tersayang. Meski sederhana, tetapi rasanya lezat banget. (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

5 Resep Capcay Paling Enak dan Mudah

5 Resep Capcay Paling Enak dan Mudah

Akurasi.id – Pencinta sayuran pastinya familiar dong sama menu capcay. Olahan sayuran yang satu ini memang terkenal lezat dan segar. Capcay terdiri dari berbagai sayuran yang dicampur bumbu rempah yang bikin nagih. Mau tahu resep capcay paling enak dan mudah?

Capcay cocok banget disantap saat cuaca dingin atau saat kondisi tubuh sedang kurang fit. Pasalnya, berbagai macam sayuran yang ada di dalamnya mengandung banyak sekali vitamin dan mineral. Selain itu, kuahnya yang panas juga bisa menghangatkan badan.

Nah, kalau kamu pengin bikin capcay sendiri di rumah, berikut deretan resep capcay paling enak dan mudah dibuat. Dilansir dari idntimes.com, Selasa (07/09/2021).

  1. Capcay kuah

Bahan-bahan:

  • 1 batang wortel (iris-iris)
  • 50 gram buncis (irisi-iris)
  • 8 buah jagung muda (potong serong)
  • 100 gram sawi hijau (iris-iris)
  • air secukupnya
  • 2 siung bawang putih (geprek, lalu cincang)
  • 4 siung bawang merah (cincang)
  • 1 buah bawang bombay (iris-iris)
  • merica bubuk secukupnya
  • garam secukupnya
  • 1 sdm gula pasir
  • kaldu bubuk secukupnya
  • 1 sdm margarin
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan margarin dan sedikit minyak goreng, tumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan bawang merah dan bawang bombai. Aduk merata sampai harum.
  2. Masukkan air secukupnya dan biarkan sampai mendidih. Kemudian, masukkan wortel, buncis, dan jagung.
  3. Masukkan gula pasir dan merica secukupnya, lalu masukkan sawi hijau dan aduk sampai matang. Matikan kompor, tambahkan garam dan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk kembali hingga merata.
  4. Capcay kuah siap disajikan.
  1. Capcay kuah telur

Bahan-bahan:

  • 1 butir telur ayam
  • 100 gram kembang kol (potong-potong)
  • 50 gram brokoli (potong-potong)
  • 30 gram kacang kapri
  • 1 buah wortel (iris-iris)
  • 1 buah tomat (iris-iris)
  • 1 sdt merica putih bubuk
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 buah bawang bombay ((iris-iris)
  • minyak goreng secukupnya
  • air secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam

Cara membuat:

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus menggunakan blender atau bisa diulek. Sisihkan sejenak.
  2. Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu tumis bawang bombay. Setelah itu, masukkan bumbu halus dan sedikit air.
  3. Masukkan wortel, kembang kol, dan brokoli. Aduk kembali hingga merata dan layu.
  4. Masukkan kecap manis, saus tiram, dan merica bubuk, lalu aduk kembali hingga merata.
  5. Masukkan kacang kapri bersama dengan penyedap rasa, lalu aduk kembali hingga merata.
  6. Masukkan telur, aduk-aduk hingga menyerupai serabut. Biarkan mendidih sejenak, lalu angkat.
  7. Sajikan capcay kuah telur.
  1. Capcay goreng

Bahan-bahan:

  • 1 buah tomat merah (potong-potong)
  • 1 buah wortel (iris serong)
  • 50 gram kapri (potong serong)
  • 8 buncis (potong serong)
  • 8 jagung muda (potong serong)
  • 100 gram sawi hijau (iris-iris)
  • 100 gram kembang kol (potong-potong)
  • 50 gram jamur kuping (rendam air panas)
  • 2 batang sosis (potong-potong)
  • 4 butir bawang merah (cincang)
  • 4 siung bawang putih (cincang halus)
  • 1 butir bawang bombay (iris tipis)
  • 2 cm jahe (memarkan)
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdm kecap ikan
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 2 batang daun bawang (potong 1 cm)
  • 1 sdm maizena (larutkan dalam sedikit air)
  • 2 sdm minyak goreng
  • 50 ml air

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay hingga harum. Setelah itu, masukkan jahe dan tomat.
  2. Masukkan air, wortel, kapri, buncis, jagung, kembang kol, sawi, jamur kuping, dan sosis. Aduk kembali hingga merata.
  3. Masukkan saus tiram, gula pasir, merica, kecap ikan, garam, dan penyedap rasa. Aduk-aduk hingga rata.
  4. Masukkan daun bawang, beri larutan maizena, lalu aduk sampai mengental dan mendidih.
  5. Capcay goreng siap dihidangkan.
  1. Capcay bakso

Bahan-bahan:

  • 1 buah wortel (iris tipis serong)
  • 10 batang buncis (iris serong)
  • 15 buah jagung muda
  • 10 tangkai caisim
  • 100 gram bunga kol
  • 50 gram jamur kuping (rendam dalam air panas)
  • 3 buah bakso sapi (iris-iris)
  • 3 buah bakso ikan (iris-iris)
  • 2 butir telur (kocok ringan)
  • 2 batang daun bawang (potong 3 cm)
  • 1 buah tomat (potong-potong)
  • 2 sdt merica bubuk
  • 2 cm jahe (memarkan)
  • 750 ml air kaldu ayam
  • 1/2 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt gula pasir
  • garam secukupnya
  • 4 siung bawang putih (cincang)
  • 4 butir bawang merah (cincang)
  • 50 ml minyak goreng

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Masukkan jahe, tomat, bakso sapi, bakso ikan, dan telur. Aduk sampai merata dan telur kering.
  3. Masukkan air kaldu ayam, wortel, buncis, jagung muda, dan jamur kuping. Aduk kembali hingga merata dan sayuran setengah layu. Jangan lupa pakai api kecil ya.
  4. Masukkan saus tiram, garam, dan gula. Aduk kembali hingga rata.
  5. Masukkan caisim, bunga kol, dan daun bawang, lalu aduk kembali hingga rata dan sayuran layu.
  6. Kalau sudah, angkat dan sajikan capcay bakso.
  1. Capcay ayam

Bahan-bahan:

  • 2 potong dada ayam (potong-potong)
  • 1 buah wortel (potong-potong)
  • 1 bonggol brokoli (potong-potong)
  • 5 buah jamur kancing
  • 2 siung bawang putih (cincang)
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen
  • 300 ml air kaldu ayam
  • 2 sdm tepung maizena (larutkan dengan air)
  • lada putih secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan sedikit minyak goreng, lalu masukkan bawang putih dan tumis hingga harum.
  2. Masukkan dada ayam, lalu tumis dada ayam hingga matang dan berubah warna.
  3. Masukkan brokoli, wortel, dan jamur kancing, lalu aduk kembali hingga sayuran layu.
  4. Masukkan minyak wijen dan kecap asin, lalu aduk kembali hingga rata. Setelah itu, masukkan air kaldu ayam dan masak hingga mendidih.
  5. Masukkan lada dan larutan tepung maizena, lalu aduk kembali hingga mengental.
  6. Koreksi rasanya dan sajikan capcay ayam.

Dari lima resep capcay yang paling enak dan mudah tersebut, kamu mau masak yang mana dulu, nih? Semua bakal suka, deh! (*)

Editor: Yusva Alam