Pujasera

Yuk Cobain Resep Takoyaki, Jajanan Asli Jepang yang Bikin Nagih

Yuk Cobain Resep Takoyaki, Jajanan Asli Jepang yang Bikin Nagih

Akurasi.id – Gak hanya jajanan khas Korea aja yang benar-benar lagi hype, tapi juga jajanan khas dari Negeri Sakura. Takoyaki salahsatunya. Jajanan khas Jepang ini memang bikin nagih. Mau cobain resep takoyaki?

Ya, beberapa waktu lalu takoyaki sempat booming di kalangan milenial and gen z Indonesia. Bentuknya lucu mirip bola-bola dengan topping saus dan katsuoboshi, takoyaki memadukan tekstur lembut dan gurih pedas yang bikin siapapun dibuat kecanduan.

Gampang dibikin sendiri di rumah, jadi gak perlu pelarian ke Jepang nih demi bisa mencicipinya. Yuk, langsung saja cobain resep takoyaki dan cara membuatnya berikut ini.

  1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan takoyaki:

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 350 ml air
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt garam
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • Crab stick, untuk isian

Bahan saus takoyaki:

  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 sdt saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  • 2 sdm saus tomat
  • 100 ml air

Bahan topping takoyaki:

  • Katsuobushi
  • Mayonaise
  • Saus sambal
  1. Buat dan masak saus takoyaki

Pertama-tama, buat sausnya dulu yuk. Siapkan wajan di atas kompor, di dalam wajan masukkan kecap inggris, saus tiram, kecap manis, kecap asin, saus tomat, dan air.

Mulai nyalakan kompor dengan api kecil, masak sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Matikan api dan sisihkan.

  1. Campurkan bahan-bahan untuk membuat adonan takoyaki

Selanjutnya, tahap untuk membuat adonan takoyaki. Siapkan wadah. Di dalam wadah, kocok lepas telur lalu tambahkan air, kecap asin, garam, dan daun bawang, lalu aduk rata. Ambil wadah. Di dalam wadah, campurkan tepung terigu dan baking powder.

Tuang campuran telur ke dalam tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai adonan tidak bergerindil. Sisihkan.

  1. Goreng takoyaki sampai matang berkulit

Terakhir, langkah ke tahap penggorengan. Letakkan cetakan takoyaki di atas kompor lalu panaskan menggunakan api sedang. Olesi cetakan takoyaki dengan minyak goreng tipis-tipis.

Tuang adonan takoyaki ke dalam cetakan hingga penuh, tambahkan potongan crab stick. Masak hingga bagian bawah berkulit.

  1. Takoyaki siap dinikmati selagi hangat

Jika dirasa bagian bawah berkulit, itu tandanya takoyaki sudah mulai matang ya. Jadi, jangan lupa balikkan dengan bantuan tusuk sate dan lanjutkan dimasak sampai matang.

Yummy! Takoyaki siap disajikan bareng siraman saus takoyaki, mayones, dan taburan katsuoboshi.

Bentuknya mungil tapi ramai diberi isian topping, takoyaki memang paling worth it deh buat camilan peneman santai. Jangan lupa, bikin banyak-banyak ya biar sekeluarga di rumah juga kebagian. Selamat mencoba! (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

Wajib Dikunjungi! 5 Outlet Jajanan Pedas Kekinian di Bekasi

Wajib Dikunjungi! 5 Outlet Jajanan Pedas Kekinian di Bekasi

Akurasi.id – Padat penduduk membuat Bekasi menjadi salah satu daerah Jabodetabek. Wisata kuliner di Kota Patriot ini juga sangat beragam sekali. Jadi buat foodies gak cukup sehari untuk menjelajah kulinernya.

Beberapa outlet jajanan pedas di Bekasi ini wajib dikunjungi bagi para pencinta makanan pedas, nih. Selain kekinian, rasa pedasnya nendang abis!

  1. Pisang goreng moala

Selain dikenal sebagai Aldebaran di sinetron Ikatan Cinta, Arya Saloka bersama dengan Arie Kriting merintis bisnis dengan menjual pisang goreng yang bernama Moala. Kabar baiknya, di Bekasi sudah ada cabang Moala yang bisa kamu kunjungi bersama temanmu, nih.

Pisang goreng ini memiliki tekstur renyah yang bikin siapa pun jadi ketagihan. Apalagi, penambahan sambal khas Nusantara ini bikin tiap cocolan jadi lebih nikmat.

Alamat: Jalan Lele Raya No.55, RT.004/RW.006, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan.

Jam Buka: 10.00 – 20.00 WIB.

  1. MANTAN by Mgdalenaf

Setelah sukses merintis bisnis kuliner kekinian di ibu kota, kini Mgdalenaf membuka cabang baru MANTAN di Bekasi, lho. Buat yang belum tahu, MANTAN merupakan akronim dari makaroni setan. Jadi, kamu bisa menikmati olahan makaroni dengan saus pedas yang menggelegar.

Ada pilihan topping seperti bakso goreng, mi, hingga sate seafood dengan pilihan saus 5 macam. Harga menu kuliner kekinian ini dibawah Rp50.000 saja.Worth it sekali, ya.

Alamat: Grand Galaxy City Ruko RGA No 17 Jl. Boulevard Raya, RT.001/RW.002 Jaka Setia, Bekasi Selatan.

Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB.

  1. Mie Lavar

Pencinta makanan pedas, pasti tidak asing lagi dengan mie gacoan. Nah, di Bekasi sendiri ada olahan mi yang mirip dengan mie gacoan, namanya ialah Mie Lavar. Lokasinya sendiri masuk ke dalam gang tepatnya di jalan Rahayu 2 nomor 3.

Satu porsi Mie Lavar berisi olahan mi yang diberi sambal pedas dengan tambahan topping pangsit goreng dan acar nanas. Sensasi rasa pedas, asin, dan asam inilah yang bikin outlet Mie Lavar selalu diburu oleh anak masa kini.

Alamat: Jalan Rahayu 2 nomor 3, Bekasi.

Jam Buka: 11.00 – 21.00 WIB.

  1. Seblak Mewek

Seblak Mewek merupakan salah satu outlet yang selalu ramai dikunjungi setiap hari di jam 10.00 hingga 22.00 WIB. Sesuai dengan namanya, Seblak Mewek bikin siapapun yang makan jadi mewek karena sensasi rasa gurih dan pedasnya bikin nampol dan nagih.

Topping seblak di sini beraneka macam mulai dari bakso aci, cuanki, siomay kering dan masih banyak lagi. Jangan lupa siapin tisu sebelum menyantap kuliner kekinian yang satu ini, ya.

Alamat: Kavling Taman Wisata Blok E. 20 No. 30, RT 02, RW 32, Kecamatan Babelan, Bekasi Utara.

Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB.

  1. Sate Taichan Bengawan

Rugi banget kalau ke Bekasi gak nyobain Sate Taichan Bengawan yang selalu buka di sore hari hingga menjelang tengah malam. Tempatnya juga nyaman karena terdapat smoking area dan outdoor.

Rata-rata pengunjung di sini menghabiskan biaya di bawah Rp50.000 saja. Soal rasa, gak usah ditanyakan lagi, deh. Pedas segarnya bikin gagal move on!

Alamat: Jalan Boulevard Raya Timur Blok RGB No.68, RT.001/RW.002, Jaka Setia, Bekasi Selatan.

Jam Buka: 15.00 – 23.00 WIB.

Rugi sekali bagi para penggila makanan pedas untuk skip outlet jajanan pedas yang ada di Bekasi. Oh iya, buat yang lagi galau, bisa dicoba nih jajanan pedas supaya mood menjadi lebih baik. (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

5 Cafe Outdoor di Malang dengan Lanskap Menawan

5 Cafe Outdoor di Malang dengan Lanskap Menawan

Akurasi.id – Selain Surabaya, Malang juga menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang selalu diagendakan untuk dikunjungi. Apalagi wilayah dengan hawa dingin ini mempunyai sederet keunikan selain wisata alam itu sendiri. Banyak juga terdapat café outdoor di Malang yang layak dikunjungi.

Nah, buat kamu yang kebetulan sedang melakukan rekreasi di Malang, cobain yuk obati segala lelah penatmu dengan nongkrong di cafe outdoor di Malang berhiaskan lanskap menawan. Dijamin deh, sajian plus panorama alam yang ditawarkan bakal menenangkan hati.

Ini dia rekomendasi cafe outdoor di Malang yang dapat kamu jajal.

  1. Pupuk Bawang

Cafe outdoor bernama Pupuk Bawang ini menjadi salah satu tempat nongkrong favorit bagi warga Malang dan sekitarnya dengan menempati kawasan perbukitan. Nah, di spot hangout hits inilah kamu akan diberikan udara alam yang sejuk, area perkebunan sayur, gunung, hingga hamparan persawahan khas pedesaan.

Penasaran seperti keseruan nongkrong di cafe Pupuk Bawang dan apa saja menu-menu asyik yang bisa kamu coba? Langsung saja yuk meluncur ke sini.

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman No.116, Pesanggrahan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 55313.

  1. Gartenhaus

Tak seperti kebanyakan cafe outdoor pada umumnya yang lebih menyatu dengan alam, Gartenhaus memiliki konsep unik ala suasana perumahan namun tetap diberi aksen alam seperti tanam-tanaman hijau disekelilingnya.

Unik dan berbeda, itulah ciri khas dimiliki Gartenhaus yang membuat pengunjung merasa makin nyaman buat nongkrong.

Lokasi: Jl. Kenanga Indah No.1, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141.

  1. De Kleine

Berada di kawasan dataran tinggi, menjadikan De Kleine memiliki pemandangan alam pegunungan dengan lanskap yang sangat menawan. Tempatnya yang nyaman serta udara yang sejuk, membuat De Kleine bisa menjadi destinasi liburan menarik di Malang.

Selain menikmati hidangan, jangan lupa bawa kamera dan abadikan momen seru ini selama berada di De Kleine ya.

Lokasi: jalibar, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65311

  1. Kon.co Garden & Coffee

Vibesnya adem serasa berada di belakang rumah, Kon.co Coffee & Garden bisa jadi referensi menarik sebagai tempat nongkrong kali ini nih.

Walau area ruangan yang dimiliki tak terlalu besar, namun berkat gabungan konsep homey, industrial, dan outdoor; Kon.co Coffe & Garden benar-benar menawarkan perpaduan vibes yang jarang kamu temui.

Lokasi: Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142

  1. Bukit Delight

Bukit Delight menawarkan cafe outdoor dengan suasana romantis berlatarkan perbukitan di pinggiran kota Malang.

Beroperasi mulai sore hingga malam hari, Bukit Delight mencapai puncak keindahan ketika malam hari karena pengunjung akan disuguhi kerlap-kerlip lampu yang menghiasi di sekitaran cafe. Nuansanya benar-benar romantis banget.

Lokasi: Jl. Joyo Agung No.1, Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144.

Gak perlu bingung kalau tiba-tiba pengin hangout bareng di sekitaran kota Malang karena kamu bisa mengunjungi cafe di atas. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

Kuliner Kaki Lima di Surabaya yang Top Markotop

Kuliner Kaki Lima di Surabaya yang Top Markotop

Akurasi.idWarung tenda kaki lima menjadi solusi favorit banyak orang saat kelaparan tengah malam. Selain rasanya yang enak dan mudah ditemukan, kuliner kaki lima juga biasanya memiliki harga yang jauh lebih ramah ketimbang restoran.

Kalau kamu berkunjung ke Surabaya, kamu juga akan menemukan banyak warung tenda kaki lima yang menjual aneka kuliner nikmat. Biar gak bingung mau pilih yang mana, berikut 5 rekomendasi kuliner kaki lima di Surabaya!

  1. Rawon Kalkulator 

Terletak di Taman Bungkul, Rawon Kalkulator menjadi salah satu spot favorit anak muda di Surabaya untuk berkumpul. Salah satu alasannya apalagi kalau bukan rawonnya yang juara.

Rawon di warung tenda ini punya kuah yang berwarna hitam pekat dengan potongan daging yang besar dan empuk. Biar makin puas, pelanggan juga bisa minta tambahan lauk berupa telur asin, tempe goreng, paru, plus kerupuk udang.

Alamat: Sentra PKL Tamam Bungkul, Jl. Raya Darmo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241.

Jam buka: setiap hari pukul 08.00 – 22.00 WIB.

Harga: Rp30.000.

  1. Bakso Omen Again

Buat kamu yang bosen sama bakso yang gitu-gitu aja, sepertinya bakso Omen Again cocok buat kamu. Di bakso Omen, varian baksonya beragam. Ada bakso puyuh, bakso biasa, bakso goreng, bakso keju, bakso daging, sampai bakso jamur.

Selain bakso yang beragam, kuah kaldunya juga gurih dan beneran enak. Seporsi bakso berisi aneka jenis bakso pilihan kamu, ditambah bihun, tahu putih, taoge, plus kuah kaldu panas.

Alamat: Jl. Dharmahusada Indah Timur No.44, Kota Surabaya, Jawa Timur 60115.

Jam buka: Senin hingga Sabtu, pukul 16.00 sampai 22.00 WIB (Minggu tutup).

Harga: Rp3.000 – 12.000/bakso.

  1. Bebek Goreng Tugu Pahlawan 

Ke Surabaya belum lengkap kalau kamu belum nyicipin bebeknya. Kota Pahlawan ini memang terkenal banget dengan aneka kuliner bebeknya, salah satu yang jadi favorit adalah warung bebek goreng Tugu Pahlawan.

Warung satu ini terkenal banget dengan nasi bebeknya. Nasi hangat, potongan bebek goreng, plus sambel terasi yang nendang banget rasanya. Daging bebeknya empuk dan gurih sampai ke tulang. Pokoknya enak deh!

Alamat: Jl. Tembaan No.17F, Alun-alun Contong, Kota Surabaya, Jawa Timur 17960.

Jam buka: setiap hari pukul 18.00 sampai 22.00 WIB.

Harga: Rp12.000 – 22.000.

  1. Sop Kaki Kambing Bang Oya 

Udara dingin di malam hari memang paling klop kalau menyantap makanan berkuah hangat. Kalau kamu bosan makan bakso, kamu bisa mampir ke sop kaki kambing Bang Oya. Sesuai dengan namanya, warung tenda ini hanya menjual sup kaki kambing dan sup kaki sapi.

Kaki kambing atau sapi direbus bersama aneka rempah dalam waktu lama agar dagingnya lembut dan kuah kaldunya gurih. Warung sop kaki kambing Bang Oya sendiri baru buka saat matahari sudah terbenam. Tapi ada baiknya kalau kamu datang lebih awal supaya enggak kehabisan.

Alamat: Jl. Kedung Doro No.105, Kota Surabaya, Jawa Timur 60251.

Jam buka: setiap hari pukul 18.00 sampai 24.00 WIB.

Harga: Rp7.000-36.000.

  1. Nasi Cumi Pasar Atom 

Buka dari tahun 1917, Nasi Cumi Pasar Atom adalah salah satu kuliner legendaris di Surabaya. Meski tempatnya hanya berupa warung tenda, rasa nasi cumi di tempat ini jelas enggak bisa diremehkan.

Ada tiga pilihan nasi cumi yang bisa kamu coba. Pertama, nasi cumi biasa yang terdiri dari nasi, cumi, dan peyek udang. Nasi campur yang berisi nasi, cumi, peyek udang, empal, dan telur. Terakhir yaitu nasi komplit yang berisi nasi, cumi, peyek udang, empal, telur, babat, usus, dan paru. Lengkap banget kan?

Alamat: Jl. Waspada No.30, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60161.

Jam buka: setiap hari, 24 jam.

Harga: Rp30.000.

Meski harga makanan di warung tenda lebih murah, rasa makanannya enggak kalah kok dari restoran. Enggak percaya? Buktiin aja sendiri! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

5 Kedai Cwiemie di Malang yang Wajib Dikunjungi

5 Kedai Cwiemie di Malang yang Wajib Dikunjungi

Akurasi.id – Nah, buat yang belum tahu, cwiemie adalah makanan khas Malang yang terdiri dari mie bertekstur lembut, makanya diberi nama ‘cwie’ yang artinya ‘kecil’. Sementara itu, penyajian cwiemie gak jauh berbeda dengan mie ayam biasa yaitu dengan cincangan ayam, kuah, pangsit, dan daun bawang.  Banyak terdapat kedai cwiemie di Malang yang laik dikunjungi.

Biar gak penasaran dan menebak-nebak bagaimana rasa cwiemie ini, mending datang dan cobain sendiri deh ke 5 Kedai cwiemie di Malang yang terkenal nampol rasanya ini. Bikin ngiler!

  1. Kedai Mie Sutoyo

KMS atau Kedai Mie Sutoyo bisa dibilang sebagai restoran legendaris di Malang, nih. Sudah buka sejak 1940-an, tentu banyak yang jadi langganan setia dari warung yang kini sudah dikelola oleh generasi ketiga ini.

Di antara menunya yang beragam, tentu kamu wajib menjajal cwimie ayam yang punya tekstur lembut dengan rasa gurih.

Memang sih satu porsinya gak banyak, tapi justru jadi kesempatan kamu untuk menjajal berbagai varian cwimienya sendiri. Mulai dari cwimie ayam katsu, cwimie ayam pangsit, sampai cwimie ayam bakso. Bingung ‘kan mau pilih yang mana?

Alamat: Jalan Letjen Sutoyo Nomor 41A, Lowokwaru, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Hari dan jam buka: setiap hari, dari jam 09.00 sampai 21.00

  1. Hot Cui Mie

Gak kalah legend dan terkenal, ada cwimie ayam dari Hot Cui Mie yang sudah buka sejak 20 tahun lalu. Rasanya jelas autentik dan tersedia berbagai menu yang bikin kalap ingin dipesan semua. Mau yang kekinian dan super pedas? Ada cwimie ayam sambal geprek. Atau mau menjajal yang seafood? Ada cwimie udang dan cwimie kakap.

Jangan ketinggalan buat menjajal kudapan terkenal mereka, apalagi kalau bukan pangsit goreng yang renyah abis!

Tempat makan di sini terdiri dari dua lantai yang semuanya nyaman, bersih, dan instagramable. Makan sambil foto-foto, jelas bisa banget.

Alamat: Ruko Parman, Jalan Letjend S. Parman Nomor 56, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Malang.

Hari dan jam buka: setiap hari, dari jam 09.00 sampai 21.00.

  1. Depot Hok Lay

Gak lengkap kalau membahas cwimie enak di Malang yang halal tanpa adanya Depot Hok Lay. Sudah buka sejak 1946, resep memasak cwimie yang dipakai masih sama dengan yang resep generasi pertama, jadi gak heran kalau rasanya gak berubah dan pelanggan pun setia.

Selain cwimie, ada juga lunpia berukuran besar yang rasanya sama enaknya. Ada dua varian lunpia nih, yaitu lunpia basah dan goreng yang disajikan dengan saus tauco.

Alamat: Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 10, Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Hari dan jam buka: setiap hari, dari jam 09.00 dan 13.30 dan 17.00 dan 20.30.

  1. Depot Pangsit Mie Bromo Pojok

Buka sejak 1984, Depot Pangsit Mie Bromo Pojok adalah lokasi yang sempurna jika kamu mau merasakan makan cwimie di tempat yang vintage, luas, dan banyak menu pilihan.

Meny yang diutamakan di sini adalah menu mie dengan pangsit yang punya berbagai macam pilihan. Mulai dari pangsit mie jawa, pangsit mie lada hitam, dan pangsit mie sosis keju.

Mau yang segar-segar? Tenang, di sini macam minuman dinginnya juga gak kalah banyak. Namun, kalau kamu penasaran dengan yang paling populer, ada es campur artistik melon yang rasanya manis legit. Bentuknya yang unik seperti kerucut warna hijau, bikin sayang buat dimakan!

Alamat: Jalan Patimura Nomor 53, Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Hari dan jam buka: setiap hari, dari jam 09.00 sampai 18.00.

  1. Pangsit Mie Dempo Abadi

Punya tagline ‘warung tenda rasa restoran’, ada Pangsit Mie Dempo Abadi yang nyaris tak pernah sepi. Banyak yang datang ke sini karena selain rasanya enak, harganya pun lebih bersahabat sehingga cocok dijadikan menu jajan di tanggal tua.

Soal menu, gak kalah bervariasi, lho! Ada cwimie biasa, cwimie bakso, cwimie bakso ati ayam, dan menu lain seperti mie ayam dan bakso urat.

Pangsit Mie Dempo Abadi juga punya daya tarik lain, yaitu es dempo dan es teler durian yang dalam sehari bisa menjual sampai ratusan mangkok.

Alamat: Jalan Gede, Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Hari dan jam buka: hari Jumat tutup, buka dari jam 09.00 sampai 21.00.

Memang paling cocok saat berkunjung ke sebuah kota, buat menjajal makanan khasnya. Apalagi seperti cwimie ini yang jarang ditemui di kota lain. Jadi, kapan nih mau jalan-jalan dan wisata kuliner di Malang? (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

5 Kuliner Serba Ayam di Yogyakarta

5 Kuliner Serba Ayam di Yogyakarta

Akurasi.id – Sebagai kota tujuan pariwisata, Yogyakarta tentu juga memiliki sederet kuliner serba ayam andalan yang sudah cukup populer. Meski sederet rekomendasi kuliner ini mengolah daging ayam ini menjadi hidangan yang berbeda, mereka semua punya satu kesamaan; antrian pengunjung selalu panjang dan memadati kedai mereka setiap harinya.

Bisa jadi salah satu jujukan kuliner di Yogyakarta, berikut sederet kuliner serba ayam terpopuler. Catat ulasannya, kunjungi masing-masing kedai satu per satu setelahnya.

  1. Ayam Panggang Mbah Mo 

Proses memasak di Ayam Panggang Mbah Mo masih menggunakan cara tradisional, yaitu menggunakan teknik memanggang di dalam kuali tanah dengan menggunaka kayu bakar asli. Tanpa minyak dan tidak tersentuh api, cara ini terus dilestarikan agar tidak merusak tekstur ayam saat dimasak sekaligus untuk menghasilkan rasa dan aroma yang khas.

Menggunakan ayam kampung asli dan bumbu resep warisan leluhur, tekstur daging ayam di sini sangat empuk dan bumbunya meresap. Di sini juga tersedia variasi menu tradisional khas Jawa, seperti garang asem, nasi pecel Madiun, nasi rawon Magetan, dan bothok lamtoro. Aneka minuman yang tersedia di sini antara lain, kopi ireng Mbah Mo, teh krampul, beras kencur, wedang kopi susu jahe, jus durian, jus timun jeruk, jus buah naga, es kunir asem, dan es kelapa muda.

Alamat: Jalan Kaliurang Km16.5, Sleman, Yogyakarta
Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00-20.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp34 ribu

  1. Ayam Bakar Taliwang Papin 

Bagi penggemar ayam Taliwang khas Lombok, kamu bisa mampir ke Ayam Bakar Taliwang Papin di daerah Sagan, Yogyakarta. Di warung makan ini kamu akan menemukan cita rasa ayam Taliwang yang otentik karena penjualnya asli berasal dari Lombok, nih. Bahkan, bahan baku bumbu dan terasinya pun sampai didatangkan langsung dari Lombok.

Cara pengolahannya, pertama-tama ayam digoreng dahulu setengah matang.

Walaupun menggunakan ayam kampung, tapi tesktur ayam di sini sangat empuk. Bumbunya yang tasty dan meresap banget, pun, jadi salah satu resep andalan di Ayam Bakar Tawilang Papin. Warna merah bumbunya yang membaluri seluruh permukaan ayam pun segera menggugah selera.

Alamat: Jalan Prof Dr Yohanes Nomor 1060, Sagan, Yogyakarta.
Jam operasional: Setiap hari, pukul 11.00-20.00 WIB.
Harga: Mulai dari Rp13 ribu.

  1. Ayam Goreng Kuning Cak Gembong 

Ayam goreng fenomenal di utara Terminal Condongcatur ini bernama Ayam Goreng Kuning Cak Gembong. Di sini kamu bisa request mau ayam negri atau ayam kampung. Porsi ayamnya yang terkenal besar dan bikin puas saat menyantapnya ini pun jadi karakteristik Ayam Goreng Kuning Cak Gembong yang rahasia.

Sebelum digoreng, ayam terlebih dahulu dilumuri dulu menggunakan bumbu kuning rahasia tersebut. Proses penggorengan ayam dilakukan dua kali supaya teksturnya benar-benar crispy.

ulit ayam yang crispy tentu makin menambah sensasi “pecah” di mulut. Jangan lupa cicipi juga sederet lauk tambahan yang disediakan, seperti sate usus, sate ampela, hingga pete biar momen makan kamu semakin nikmat. Harganya yang bersahabat dengan rasa yang begitu nikmat bikin rumah makan ini tak pernah sepi pembeli.

Alamat: Jalan Anggajaya 1 (ruko kelapa hijau), Condongcatur, Sleman, yogyakarta.
Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.00-22.00 WIB.
Harga: Mulai dari Rp15 ribu.

  1. Tongseng Ayam Sudimoro 

Beralih ke hidangan berkuah, kamu juga sangat disarankan untuk menyicipi Warung Tongseng Ayam Sudimoro. Warung legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1965, lho.

Terletak di pinggir jalan deretan ruko sebelah selatan Pasar Bantul, warung tongseng fenomenal ini tampak pernah sepi pembeli, lho; mulai dari kedai buka hingga kembali tutup di malam hari.

Menu di warung ini hanya ada dua macam, yakni tongseng ayam dan gulai ayam. Jika biasanya sajian tongseng dipasangkang bersama daging kambing atau sapi, penggunaan daging ayam pada olahan yang satu ini juga tak kalah sedap, nih!

Satu lagi yang menjadi daya tarik kuliner yang satu ini adalah proses memasaknya yang masih menggunakan cara tradisional menggunakan arang. Tak heran jika rasanya pun masih sangat otentik sekaligus berbeda dari kedai rumah makan yang lain. Untuk camilan, warung ini juga menyediakan tempe koro yang dibacem manis.

Alamat: Jalan Jendral Sudirman Nomor 59B, Bantul, Yogyakarta.
Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.00-15.00 WIB.
Harga: Mulai dari Rp16 ribu.

  1. Ayam Bakar Pak Yanto 

Ayam Bakar Pak Yanto adalah ayam bakar terfavorit yang selalu ramai pengunjung di kala sore. Warung ini boleh dibilang termasuk di jajaran kuliner legend karena sudah berdiri sejak tahun 2004 silam

. Dalam sehari, Pak Yanto bisa menghabiskan hingga 75 ekor ayam, lho. Untuk mendapatkan tekstur ayam yang empuk, sebelum dibakar, daging ayam perlu diberi bumbu terlebih dahulu. Ayam pun perlu melakoni proses pengungkepan agar bumbu bisa meresap hingga ke dalam daging.

Alamat: Jalan Wardhani Kotabaru, Gondokusuman (belakang SMP 5), Yogyakarta.
Jam operasional: Setiap hari, pukul 17.00-20.00 WIB.
Harga: Mulai dari Rp13 ribu.

Bikin ngiler semua, bukan? Kalau sudah sampai di Yogyakarta, rugi banget kalo gak cobain salah satu dari sederet rekomendasi kuliner tersebut. Saat berkunjung ke beberapa tempat tersebut, sebaiknya kamu datang lebih awal agar tidak terjebak di antrian yang cukup panjang, ya! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

5 Tempat Makan Keluarga di Bandung

5 Tempat Makan Keluarga di Bandung

Akurasi.id – Menghabiskan waktu bersama keluarga merupakan sebuah momen yang paling ditunggu. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan agar momen tersebut menciptakan suasana yang bahagia. Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah makan bersama keluarga. Karenanya perlu tahu dimana tempat makan keluarga yang cocok untuk kumpul-kumpul.

Jika kamu kebetulan berada di Bandung dan mencari tempat makan yang cocok untuk tempat makan keluarga, berikut adalah 7 tempat makan di Bandung yang bisa kamu jadikan pilihan. Simak yuk!

  1. De’Tuik Resto dan Resort 

Resto satu ini berada di tempat terpencil. Berlokasi di Jalan Bojong Koneng Atas, Kampung Haur Manggung, Cikutra Bandung memang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Pemandangan yang disajikan gak kalah keren. View perbukitan yang hijau akan menemani waktu makanmu bersama keluarga. Ada taman bermain untuk anak-anak serta spot-spot foto untuk mengabadikan moment bersama keluarga.

Menu makanannya juga banyak dengan harga yang terbilang murah. Gimana, cocok kan untuk acara makan bersama keluarga?

  1. Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk 

Berada di Jl. Soekarno Hatta No. 508, Bandung Kidul, rumah makan ini bisa kamu jadikan pilihan bila ingin makan bersama keluarga tercinta.

Yang paling unik dari rumah makan ini adalah sambal “geugeuden”. Sambal tersebut dulunya hanya dinikmati oleh orang-orang penting saja. Kini sambal tersebut bisa dinikmati oleh siapa saja.

Jika kamu ingin menikmati bersama keluargamu, maka sempatkanlah datang kesini untuk menikmati lezatnya sambal tersebut bersama keluarga.

  1. RM Alas Daun 

Ingin menghabiskan waktu bersama keluarga sambil makan tanpa menggunakan piring, RM Alas Daun bisa dijadikan pilihan. Tempat makan yang berada di Jl. Citarum No.34, Bandung wetan ini memiliki keunikan

Sajian makanan khas Sunda bisa kamu pesan di sini. Kamu tidak akan diberi sendok ataupun piring. Melainkan menggunakan alas daun pisang yang digunakan sebagai penggantinya.

Tempat makan ini cukup luas. Jadi kamu bisa mengajak seluruh keluarga untuk bersantap siang sambil menikmati quality time bersama keluarga.

  1. Dapoer Pandan Wangi 

Menikmati makanan khas Sunda bersama keluarga memang tarasa nikmat. Salah satu yang menjadi referensi adalah Dapoer Pandan Wangi yang bertempat di Jl. Patuha No.38, Lengkong, Bandung.

Rumah makan ini menyediakan cita rasa Sunda yang patut kamu datangi. Ayam ungkep, sop gurame, ceker bacem; menjadi olahan yang harus kamu coba bersama keluarga.

Tempatnya nyaman yang sangat cocok kamu gunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Ditemani dengan alunan musik sunda menambah syahdu tempat ini.

Gimana, mau coba?

  1. Kampung Daun 

Ingin menikmati lezatnya makanan dengan suasana kampung yang sejuk dan asri? Kampung Daun yang berada di Jl. Villa Triniti, Parongpong, Bandung Barat ini bisa jadi pilihan yang pas.

Selain rindangnya pepohonan, di tempat ini juga terdapat aliran sungai serta air terjun mini yang bisa kamu nikmati sembari menunggu makanan yang kamu pesan disajikan.

Menu makanan khas di Kampung Daun adalah makanan khas Sunda yang autentik. Selain itu terdapat menu masakan Indonesia dari daerah lain dan bahkan western.

Bandung merupakan daerah dengan banyaknya destinasi wisata yang menarik. Hal inilah yang mendatangkan para wisatawan dari luar daerah hingga luar negeri. Selain wisata alam, ternyata wisata kuliner di Bandung juga menarik perhatian para wisatawan.

Kuliner-kuliner tersebut memang paling pas kamu nikmati dengan keluarga tercinta. Dari daftar di atas, mana yang ingin kamu kunjungi bersama keluarga? (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

5 Rekomendasi Kuliner Nikmat di Sekitar Alun-Alun Malang

5 Rekomendasi Kuliner Nikmat di Sekitar Alun-Alun Malang

Akurasi.id – Alun-alun kota Malang menjadi salah satu tempat favorit banyak warga lokal. Sama seperti kebanyakan alun-alun di kota lain, alun-alun kota Malang juga jadi spot favorit warga untuk berkumpul. Selain karena lokasinya yang strategis, alun-alun Malang juga merupakan gudangnya kuliner nikmat di kota ini.

Buat kamu yang punya niatan berkunjung ke Malang, kamu wajib banget nih menghabiskan waktu di alun-alun kota sekaligus juga mencicipi 5 kuliner nikmat di sekitar alun-alun Malang!

  1. Tahu Lontong Lonceng 

Kalau kamu bosan menikmati olahan tahu yang gitu-gitu aja, maka kamu bisa mencicipi tahu lontong Lonceng di kota Malang. Sudah berjualan sejak tahun 1935, rasa tahu lontong di sini selalu istimewa karena menggunakan bahan-bahan berkualitas terbaik.

Memesan seporsi tahu lontong, kamu akan mendapatkan potongan tahu, lontong, telur, kecambah, potongan seledri, disiram kuah kacang dan petis. Tidak lupa taburan koya biar rasanya lebih nikmat!

Alamat: Jl. Martadinata No. 66, Kota Malang, Jawa Timur 65118

Jam buka:

  • Minggu sampai Jumat pukul 10.45 sampai 22.00 WIB
  • Sabtu pukul 11.00 sampai 22.00 WIB:

Harga: Rp10-12 ribu

  1. Rawon Nguling 

Jalan-jalan ke alun-alun Malang belum lengkap kalau kamu belum nyicipin rawon Nguling. Potongan daging yang besar dan empuk ditambah kuah hitam dari keluwek yang khas, bikin hidangan ini makin nikmat.

Seporsi rawon disajikan dengan nasi, kecambah, dan sambal. Biar makin enak, kamu bisa memesan tempe, perkedel, empal, paru, dan aneka jeroan lainnya.

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.62, Kota Malang, Jawa Timur 65119

Jam buka: setiap hari pukul 07.30 sampai 15.30 WIB

Harga: Rp22-55 ribu

  1. Cui Mie Gloria 

Cui mie adalah olahan mie pangsit khas Malang. Berbeda dengan mie ayam, cui mie berukuran lebih kecil dengan toping potongan ayam kecap, selada, dan bawang goreng. Di Malang sendiri, favoritnya adalah cui mie Gloria.

Mie di sini merupakan hasil produksi sendiri dengan menggunakan bahan berkualitas. Selain cui mie, tempat ini juga menyediakan aneka menu lain seperti mie ayam pangsit, bihun goreng, atau bistik sapi.

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.18 A, Kota Malang, Jawa Timur 65119

Jam buka: setiap hari pukul 06.30 sampai 17.00 WIB

Harga: Rp29-69 ribu

  1. Pos Ketan Legenda 1967 

Biasanya ketan disajikan dengan parutan kelapa yang sudah dikukus, tapi di Pos Ketan Legenda 1967, ketan disajikan dengan cara yang berbeda. Ketan yang sudah ditanak diberi tambahan aneka toping.

Mulai dari topping biasa seperti kelapa dan bubuk kacang, topping manis dengan tambahan parutan keju plus susu, ketan gurih berupa suwiran ayam pedas, atau yang paling istimewa yaitu ketan durian. Pokoknya enak deh!

Alamat: Jl. Kartini No.6, Malang, Jawa Timur 65311

Jam buka:

  • Minggu sampai Jumat pukul 08.00 sampai 23.00 WIB
  • Sabtu pukul 08.00 sampai 23.45 WIB

Harga: Rp4-10 ribu

  1. Depot Hok Lay 

Selain cui mie Gloria, kamu juga bisa mencicipi cui mie di depot Hok Lay. Sudah berjualan sejak tahun 1946, depot mie satu ini enggak pernah kehilangan pelanggan sejak dulu. Seporsi cui mie dihidangkan dengan taburan ayam cincang, pangsit goreng, dan daun bawang.

Selain cui mie-nya, depot ini juga terkenal dengan minuman fosco-nya. Fosco sendiri adalah susu murni yang dicampur dengan cokelat. Uniknya, minuman ini disajikan di dalam botol minuman bersoda.

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Kota Malang, Jawa Timur 65118

Jam buka: setiap hari pukul 09.00 sampai 20.30 WIB

Harga: Rp5-25 ribu

Buat kamu yang punya rencana liburan ke kota Malang, kamu wajib mampir dan mencicipi kuliner di sekitar alun-alun Malang ya! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: idntimes.com

 

 

 

 

Tempat Nongkrong di Yogyakarta dengan Area Terbuka Hijau

Tempat Nongkrong di Yogyakarta dengan Area Terbuka Hijau

Akurasi.idRefereshing di akhir pekan penting untuk dilakukan agar pikiran tidak stres. Salah satu cara refreshing yang mudah dilakukan adalah dengan nongkrong bersama keluarga atau teman di tempat terbuka hijau. Bagi yang domisili Jogja, banyak terdapat tempat nongkrong di Yogyakarta dengan area terbuka hijau. Yuk cari tahu!

Era new normal ini membuat tak sedikit orang memilih nongkrong di kafe yang memiliki area terbuka. Di Yogyakarta sendiri terdapat banyak tempat nongkrong dengan area terbuka yang luas.

Bagi yang masih bingung mencari tempat nongkrong dengan area terbuka, yuk simak beberapa rekomendasi tempat nongkrong di Yogyakarta dengan area terbuka hijau berikut ini!

  1. Warung Layar Sentuh 

Warung Layar Sentuh merupakan tempat nongkrong yang cukup populer di Yogyakarta.

Eits, jangan salah ya, Warung Layar Sentuh bukan warteg lho, tetapi kafe dengan tema vintage dan boho yang unik. Kafe ini berada di dekat area persawahan sehingga nuansanya sejuk dan asri.

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan juga menggugah selera. Terdapat hidangan tradisional hingga modern yang siap memanjakan lidah.

Lokasi: Jalan Palem Raya, Tambakan, Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00 – 21.30 WIB.

Harga: Rp5 ribu – Rp25 ribu.

  1. Camp Coffee and Nature 

Ingin merasakan pengalaman nongkrong dengan suasana berkemah? Yuk, cus datang ke Camp Coffee and Nature!

Camp Coffee and Nature adalah kafe yang mengusung konsep alam terbuka. Kafe ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu didesain layaknya tempat berkemah.

Tak hanya itu, kafe ini juga memiliki banyak spot foto yang instagramable. Cocok dikunjungi bagi kamu yang suka berswafoto.

Lokasi: Kwarasan, Nogotirto, Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari pukul 14.00 – 21.00 WIB.

Harga: Rp17 ribu – Rp65 ribu.

  1. Ekstens Coffee and Space 

Ingin nongkrong dengan nuansa tradisional Jawa? Berkunjung ke Ekstens Coffee and Space bisa jadi jawabannya. Kafe ini memadukan desain tradisional Jawa dan modern pada bangunannya.

Ekstens Coffee and Space juga dikelilingi oleh pepohonan hijau. Suasananya teduh banget deh! Menu yang disajikan juga cukup beragam. Mulai dari minuman, camilan hingga makanan berat ada di kafe ini.

Lokasi: Jalan Raya Janti No. 486, Modalan, Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00 – 23.00 WIB.

Harga: Rp12 ribu – Rp65 ribu.

  1. Warung Cucimulut Jogja 

Sesuai dengan namanya, kafe ini menyajikan hidangan cuci mulut sebagai menu andalannya. Jika kamu berkunjung ke kafe ini wajib untuk mencicipi signature dessert-nya yaitu matcha grally dan basic grally n friend.

Kafe ini juga memiliki area terbuka yang luas. Sejuknya suasana kafe ditambah semangkuk dessert yang legit dijamin bikin happy.

Lokasi: Jalan Bima, Dentan, Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00 – 22.00 WIB.

Harga: Rp16 ribu – Rp35 ribu.

  1. Rajaklana Resto 

Kangen dengan suasana Bali, tetapi malas pergi ke Bali? Yuk datang ke Rajaklana Resto aja! Resto ini menyuguhkan pemandangan alam yang memesona.

Tak hanya itu, suasananya juga mirip di Bali. Kamu dapat menikmati hidangan lezat sembari menatap indahnya panorama alam di sini. Dijamin rasa lelah dan stress akan hilang seketika.

Lokasi: Jalan Lembah Wisata, Sembung, Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00 – 21.30 WIB.

Harga: Rp49 ribu – Rp89 ribu.

Kelima tempat nongkrong di atas menarik banget buat dikunjungi bukan? Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan jika berkunjung ya! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

5 Restoran Mewah di Jaksel Cocok untuk Dinner Romantis

5 Restoran Mewah di Jaksel Cocok untuk Dinner Romantis

Akurasi.id – Jakarta Selatan (Jaksel) menjadi daerah yang tepat untuk kamu kunjungi dalam menikmati suasana malam yang mempesona dan pelayanan maksimal yang ditawarkan oleh berbagai restoran mewah, di mana kamu dapat menemukan kualitas rasa terbaik dari berbagai varian menu yang menarik untuk dicoba. Banyak terdapat restoran mewah di Jaksel.

Nah, beberapa restoran mewah di Jaksel ini mampu menawarkan cita rasa hidangan dengan kualitas terbaik. Yuk, lihat apa saja!

  1. Plataran Dharmawangsa

Restoran yang dikenal secara luas melalui desain interior yang membawa konsep tradisional Jawa di dalamnya ini telah menerima penghargaan dalam bidang kuliner sehingga kamu dapat menikmati berbagai varian menu khas Indonesia dengan cita rasa yang lezat.

Selain itu, Plataran Dharmawangsa juga menawarkan desain interior yang mampu membawa suasana nyaman dan mewah di dalamnya melalui perpaduan aspek tradisional yang mempesona. Nah, salah satu menu terpopuler dari restoran mewah ini adalah Ayam Dharmawangsa, dendeng batokok, dan berbagai varian menu lainnya.

  1. PASOLA Jakarta

Kamu dapat menemukan Pasola pada lantai 6 dari The Ritz Carlton Pacific Place, di mana restoran ini telah dikenal sebagai salah satu restoran mewah yang terletak di Jakarta Selatan sehingga kamu perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp700 ribu untuk menikmati cita rasa yang lezat dari menu yang ditawarkan oleh Pasola, ya.

Nah, Pasola menawarkan berbagai varian menu yang berasal dari perpaduan hidangan Barat dan tradisional Indonesia seperti rendang dan sop buntut. Selain itu, kamu juga dapat menikmati interior ruangan dengan suasana mewah yang didampingi oleh pemandangan malam dari Kota Jakarta yang mempesona.

  1. House of Yuen 

Bila kamu merupakan pecinta hidangan Tiongkok, maka House of Yuen menjadi destinasi kuliner yang tepat untuk kamu kunjungi di daerah Senayan, Jakarta Selatan. Kamu dapat menikmati berbagai varian menu ala Kanton yang mampu membawa cita rasa yang lezat dan penampilan visual yang mempesona.

Dengan interior yang didominasi oleh elemen berwarna emas, House of Yuen mampu menawarkan suasana mewah dan nyaman di dalamnya sehingga kamu dapat menemukan berbagai sudut estetik pada keseluruhan ruangan. Nah, pastikan kamu telah menyiapkan budget sekitar Rp700 ribu, ya.

  1. OKU Japanese Restaurant

OKU Japanese Restaurant menjadi salah satu restoran yang telah dikenal secara luas oleh berbagai kalangan masyarakat melalui varian menu ala Jepang yang diawasi secara langsung oleh Chef Kazumasa Yazawa. Kamu dapat menemukan restoran mewah ini pada Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Selain itu, OKU juga menawarkan hidangan ala Jepang yang dipadukan dengan unsur modern dan tradisional sehingga kamu dapat menikmati sashimi, sushi, dan makanan laut lainnya yang menggunakan bahan segar dan berkualitas tinggi. Bahkan, bahan tersebut akan diimpor secara langsung dari Pasar Ikan Toyosu yang terletak di Tokyo.

  1. Amuz Gourmet 

Dengan menawarkan suasana romantis melalui desain interior yang mempesona, Amuz Gourmet menjadi destinasi yang tepat untuk kamu kunjungi dalam menikmati candle light dinner bersama dengan pasangan kamu. Nah, pastikan kamu sudah melakukan reservasi minimal 2 hari sebelum berkunjung ke Amuz Gourmetya.

Restoran yang terletak di daerah Jendral Sudirman ini menawarkan berbagai varian menu makanan ala Perancis dan minuman dengan cita rasa yang lezat. Amuz Gourmet memiliki range harga makanan yang dimulai dari Rp120 ribu sampai dengan Rp875 ribu.

Beberapa restoran mewah yang terletak di Jakarta Selatan mampu menjadi destinasi kuliner yang tepat untuk kamu kunjungi dalam menikmati cita rasa hidangan dan pelayanan terbaik, di mana kamu dapat menemukan interior ruangan yang mempesona dengan didampingi pemandangan malam dari Kota Jakarta. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com