Info Kuliner

Ragam Olahan Manis Eggnog, dari Kuning Telur yang Creamy

Ragam Olahan Manis Eggnog, dari Kuning Telur yang Creamy

Akurasi.idTelur merupakan bahan baku penting dan kaya manfaat yang sering diolah menjadi sajian unik. Salah satunya eggnog. Terdapat bermacam-macam olahan manis eggnog. Mau tahu?

Secara umum, eggnog adalah minuman dari kuning telur dan susu. Terdapat macam-macam olahan manis eggnog, seperti lima sajian ini misalnya. Yuk, simak ulasannya! Siapa tau bisa jadi inspirasi kamu berikutnya. Dilansir dari idntimes.com, Sabtu (18/09/2021).

  1. Classic eggnog

Sebelum memasuki ragam olahan unik dari eggnog, belum lengkap bila tidak menyinggung hidangan klasik yang menjadi favorit di beberapa negara. Minuman ini terasa kaya rempah dan rasanya agak tajam.

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan eggnog klasik adalah kuning telur, susu, gula, ekstrak vanilla, heavy cream, bubuk pala, dan kayu manis. Campur bahan lalu hangatkan di atas kompor. Setelah itu sajikan bersama krim di atasnya.

  1. Eggnog cookies

Meskipun asalnya adalah sebuah minuman, bukan berarti eggnog tak bisa dikreasikan bersama makanan, ya. Diolah menjadi kukis adalah salah satu contohnya. Meskipun dikenal sebagai salah satu makanan renyah, tetapi kukis mampu bersanding dengan olahan telur ini.

Kukis dapat diproses menggunakan tepung terigu, gula cokelat, mentega, telur, bubuk pala, kayu manis, ekstrak vanilla, dan tambahan eggnog untuk membuat rasa kukis jadi lebih unik dan berbeda.

  1. Eggnog cheesecake

Eggnog kali ini akan disandingkan bersama salah satu kudapan favorit para pencinta keju. Apalagi jika bukan cheesecake. Rasa keduanya tidak akan bertabrakan. Justru, kombinasi antara eggnog dan keju ini mampu menciptakan keunikan terendiri yang khas.

Eggnog dapat ditambahkan ke dalam adonan isi bersama cream cheese. Namun, supaya rasa cheesecake lebih nendang, kamu bisa turut memasukkan pumpkin pie spice yang terdiri dari rempah-rempah.

  1. Eggnog pancake

Panekuk biasanya diolah dengan rasa yang cenderung tawar. Oleh sebab itu, penyajian makanan ini memerlukan sesuatu yang lebih dominan agar perpaduan rasanya jadi seimbang.

Nah, dalam kreasinya kali ini, panekuk akan dimasak menggunakan campuran eggnog dalam adonan tepung. Selain itu, eggnog pun bisa pula dijadikan saus supaya rasa olahan makin nikmat.

  1. Eggnog panna cotta

Panna cotta menjadi sajian alternatif untuk membuat hidangan pencuci mulut yang manis dan lembut. Biasanya, makanan ini dapat dikreasikan dengan saus buah dan bahan baku tambahan, seperti eggnog.

Komponen pembuatan panna cotta tidak memerlukan bahan baku yang banyak. Cukup dengan susu, eggnog, pemanis tambahan, serta gelatin untuk mengentalkan hidangan. Setelah itu, campur dengan buah kesukaan.

Rupanya banyak sekali olahan dari eggnog yang menarik hati. Keberadaan bahan ini mampu membuat olahan jadi lebih unik untuk dicicipi. Gimana, apakah kamu tertarik mencobanya? (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

 

Ragam Kudapan dari Biskuit Ladyfinger selain Tiramisu

Ragam Kudapan dari Biskuit Ladyfinger selain Tiramisu

Akurasi.idLadyfinger atau kerap kali disebut sebagai biskuit jari adalah bahan baku populer khususnya dalam pembuatan kue. Makanan ini memiliki warna kekuningan dengan bentuk memanjang. Kudapan dari biskuit ladyfinger pun beragam macamnya.

Biasanya, ladyfinger digunakan untuk membuat tiramisu. Hal tersebut lantaran rasa biskuit yang menarik dan memiliki tekstur renyah dan lembut ketika dikonsumsi dengan bermacam-macam cara.

Nah, tidak cuma tiramisu, biskuit jari ini pun populer untuk diolah sebagai aneka kue nikmat lainnya, seperti lima contoh berikut ini kudapan dari biskuit ladyfinger. Dilansir dari idntimes.com, Jumat (17/09/2021).

  1. Trifle with ladyfinger

Kreasi pertama yang bisa dibuat menggunakan biskuit jari adalah trifle. Hidangan ini menjadi sangat pas disantap saat siang hari. Sebab krim dan buah segar yang ada di dalamnya akan berpadu sangat sempurna.

Dalam kreasinya, kamu bisa menggunakan bermacam-macam buah, mulai dari keluarga beri, nanas, atau buah kesukaan lain. Susun buah tersebut bersama campuran heavy cream dan krim keju, lalu tambahkan pula ladyfinger agar semakin sedap.

  1. Ladyfinger ice cream cake

Tidak kalah enak dengan santapan sebelumnya, olahan ladyfinger kali ini pun masih termasuk cocok apabila disajikan sebagai penuntas dahaga saat tengah hari. Bagaimana tidak, sebagian banyak komponen yang dipakai adalah es krim.

Untuk membuat sajian terasa ramai dan bertekstur, kamu bisa menyusun biskuit di seluruh sisi mangkuk yang digunakan. Setelah itu, letakkan macam-macam es yang disukai dan diamkan beberapa saat di lemari es.

  1. Ladyfinger sandwich

Bila ingin menikmati aneka makanan dengan bentuk yang lebih mini, namun tetap memiliki kelembutan ekstra, maka ladyfinger sandwich ini akan cocok sekali untuk menemani berbagai acara santai dan penting.

Biskuit ladyfinger bisa disisipi menggunakan aneka isian favorit, mulai dari heavy cream, atau cream cheese. Setelah itu, tutup kembali menggunakan biskuit jari dan hias dengan sedikit taburan gula bubuk.

  1. Chocolate covered ladyfinger

Untuk kamu yang ingin menikmati biskuit jari tersebut dengan penampilan berbeda, namun tidak banyak menggunakan bahan baku, maka chocolate covered ladyfinger ini bisa menjadi inspirasi terbaik.

Gunakan cokelat yang telah dilelehkan bersama tambahan gula dan ekstrak vanilla. Kemudian celupkan biskuit ke dalam adonan tersebut, lalu diamkan beberapa saat sampai cokelat kembali mengeras.

  1. Ladyfinger cheesecake

Makanan berikutnya yang paling pas disantap bersama biskuit jari adalah cheesecake. Seperti diketahui, dalam varian no bake cheesecake, diperlukan adanya remahan biskuit untuk dijadikan dasar kudapan.

Gak cuma ditaruh sebagai crust, biskuit jari ini pun bisa disusun pada setiap sisi loyang, sehingga penampilan dari ladyfinger cheesecake jadi lebih cantik, sekaligus memberikan tekstur yang makin ramai.

Menggunakan biskuit jari terhadap aneka makanan rupanya membuat suatu olahan terkesan lebih menarik dan makin enak. Buat kamu pencinta makanan dengan sentuhan biskuit lembut, lima sajian di atas dapat menjadi inspirasi, lho. (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

5 Olahan Latte dengan Rempah, Bikin Tubuh Hangat

5 Olahan Latte dengan Rempah, Bikin Tubuh Hangat

Akurasi.id – Saat ini terdapat banyak sekali varian kopi menarik yang sering dijajakan pada aneka tempat termasuk di cafe, restoran, sampai coffee shop sekalipun. Beragam sajian populer ramai mewarnai, salah satunya adalah latte. Tapi ternyata ada pula olahan latte dengan rempah.

Minuman ini memiliki ciri khas berupa busa tipis pada lapisan teratas dan selalu terdapat ide berkreativitas dengan menggambar minuman menyerupai bentuk hati dan macam-macam objek menarik lainnya.

Tak hanya latte yang terbuat dari kopi, ada banyak macam olahan latte dengan rempah dan  tambahan bumbu dapur yang berkhasiat menghangatkan tubuh saat meminumnya. Apa aja? Cekidot! Dilansir dari idntimes.com, Kamis (16/09/2021).

  1. Pumpkin spice latte

Pumpkin spice latte nampaknya masih menduduki peringkat terfavorit di beberapa kedai kopi yang menjajakan minuman bercita rasa manis. Hidangan ini jadi kian berbeda dengan pemakaian labu puree di dalamnya.

Selain itu bahan lain yang diperlukan dalam membuat minuman ini terdiri dari espresso, susu, ekstrak vanilla, dan bahan paling penting adalah pumpkin pie spice yang mengandung campuran kayu manis, cengkih, pala, hingga jahe.

  1. Turmeric latte

Latte yang satu ini memiliki penampilan mencolok karena warna utamanya cenderung menguning. Hal tersebut bukan lain akibat dari pemakaian kunyit dalam adonan utama, sehingga tampilannya pun jadi agak berbeda.

Turmeric latte sangat umum dikonsumsi oleh vegan dan orang-orang yang menghindari kopi. Tidak ada pemakaian espresso dalam sajian ini, melainkan susu almond, kunyit, jahe, kayu manis, sedikit lada, serta ada pula yang menambahkan santan.

  1. Gingerbread latte

Siapa bilang gingerbread cuma bisa ditemukan dalam kreasi makanan. Sebab minuman kopi pun gak mau kalah. Hidangan tersebut bisa jadi sajian hangat untuk menemani di saat cuaca sedang tidak menentu.

Terdapat dua tahapan yang perlu diolah dalam minuman ini. Pertama adalah gingerbread syrup yang terbuat dari air, gula, jahe, kayu manis, dan allspice. Setelah itu olah latte dengan bahan espresso, gingerbread syrup, dan susu.

  1. Cinnamon latte

Bila ingin menikmati olahan kopi dan susu dengan cita rasa rempah yang tidak terlalu ramai, maka hidangan yang pas buat menemani waktu bersantai kamu adalah cinnamon latte berikut ini.

Dalam pembuatan latte yang terdiri dari aneka macam susu dan espresso, kamu bisa menambahkan bubuk kayu manis ke dalamnya. Bila ingin tambah manis, silakan untuk memasukkan gula atau brown sugar, ya.

  1. Maple spice latte

Olahan latte rempah kali ini akan terasa berbeda akibat penggunaan pemanis yang berasal dari sirup maple. Sehingga kamu tidak memerlukan gula tambahan untuk membuatnya lebih enak.

Selain itu, diperlukan penambahan rempah-rempah bubuk yang bisa terdiri dari kapulaga, cengkih, kayu manis, dan pala. Dengan begini, hidangan pun akan terasa semakin menghangatkan saat dikonsumsi.

Rupa-rupa olahan latte dengan rempah ternyata bukan perpaduan yang aneh, lho. Sebaliknya, rasa minuman menjadi kian enak sekaligus memiliki aroma menggugah selera. Terlebih jika aneka latte di atas dikonsumsi saat cuaca dingin. (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

 

5 Kuliner Lokal Terbuat dari Sayuran, Sayang Makin Langka

5 Kuliner Lokal Terbuat dari Sayuran, Sayang Makin Langka

Akurasi.id – Pernah mencicipi nikmatnya pecel semanggi? Kuliner yang identik dengan Kota Surabaya ini keberadaannya mulai sulit dijumpai lantaran daun semanggi yang merupakan bahan dasar dari kuliner ini juga mulai langka, apalagi bila musim kemarau tiba. Masih ada lagi aneka kuliner terbuat dari sayuran.

Ternyata gak cuma pecel semanggi, lima kuliner lokal ini juga terbuat dari sayuran hingga tanaman yang keberadaannya mulai susah dicari alias langka. Apa saja? Dilansir dari idntimes.com, Rabu (15/09/2021).

  1. Sayur besan

Kuliner yang dulu sering banget meriahkan pernikahan adat Betawi, ini diracik dengan kuah santan kaya rempah. Isinya pun beragam mulai dari jagung muda, kembang kol, kentang, wortel, labu, hingga terubuk.

Nah, terubuk inilah sayuran langka yang bikin sayur besan sulit dijumpai. Terubuk sendiri sepintas mirip tebu. Banyak yang menyebutnya juga sebagai tebu telur karena jika dibelah, di dalamnya terdapat telur kecil-kecil layaknya telur ikan.

  1. Lumpia rebung

Lumpia merupakan kuliner yang jadi ciri khas Kota Semarang. Makanan berbungkus dari kulit pangsit, ini bisa dijumpai dalam bentuk kukus maupun goreng. Apapun pilihannya, keduanya tetaplah nikmat.

Apalagi, lumpia dibuat dengan beragam isi. Ada lumpia isi daging cincang, sayuran, dan paling menarik perhatian yakni lumpia isi rebung. Rebung termasuk kategori tanaman yang mulai langka, lho!

  1. Pecel kembang turi

Saat pelesiran ke Yogyakarta, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan kenikmatan dari pecel kembang turi. Memang sih, pecel adalah sesuatu makanan yang mudah dijumpai bahkan dibuat sendiri di rumah.

Masalahnya, tambahan kembang turi bikin pecel satu ini berbeda dari lainnya. Kembang turi sendiri mulai sulit dicari. Wajar saja jika harga pecel kembang turi biasanya sedikit lebih mahal ketimbang pecel sayur pada umumnya.

  1. Kue kantong semar

Singkawang di Kalimantan Barat terkenal sekali dengan ragam kulinernya yang unik dan enak. Sebab itu, jika suatu saat kamu sampai ke kota ini untuk pelesiran, sempatkan untuk menjajal kenikmatan dari kue kantong semar.

Dikenal juga dengan nama cong thien ang, kue kantong semar terbuat dari beras ketan yang dikombinasikan dengan santan serta gula. Sebelum digunakan, kantong semar yang kini mulai sulit dijumpai, dibersihkan bagian dalamnya hingga bersih agar hilang kotorannya.

  1. Pakkat

Kuliner asal Tapanuli Selatan ini mudah sekali dijumpai saat Ramadan tiba karena sering dipilih sebagai kudapan untuk berbuka puasa. Pakkat sendiri dibuat dari pucuk rotan yang dibakar di atas bara api. Saat matang, pakkat dipisahkan dengan kulitnya, baru kemudian disajikan dengan sambal.

Dari lima kuliner di atas, apakah kamu pernah mencoba di antaranya? Semakin banyak kuliner lokal yang popularitasnya makin meredup seiring zaman. (*)

Editor: Yusva alam

 

 

 

Ragam Olahan Menyegarkan Buah Cranberry

Ragam Olahan Menyegarkan Buah Cranberry

Akurasi.idCranberry merupakan salah satu bagian dari keluarga buah berry yang memiliki warna merah menggugah selera. Rasa cranberry cenderung lebih asam, sehingga cocok disantap sebagai penambah rasa untuk menciptakan kudapan segar. Dari buah ini ternyata banyak variasi olahan menyegarkan buah cranberry. Mau tahu?

Buah mengandung antioksidan tinggi tersebut bisa dikreasikan dengan macam-macam hidangan, lho. Berikut lima di antara olahan menyegarkan buah cranberry. Dilansir dari idntimes.com, Jumat (10/09/2021).

  1. Cranberry cupcake

Menikmati kue mangkuk belum lengkap rasanya bila tidak menggunakan bahan tambahan, untuk menciptakan rasa kudapan yang lebih legit dan menggugah selera. Salah satu varian tersebut didapat melalui pemakaian buah cranberry.

Bahan yang diperlukan dalam pembuatan cupcake adalah tepung terigu, susu, mentega, gula, baking powder, dan baking soda. Penggunaan cranberry beku pun dibutuhkan untuk menciptakan tekstur menarik terhadap makanan.

  1. Cranberry jelly

Jeli mempunyai tekstur makanan yang kenyal dan lembut, disertai karakteristik kudapan yang mudah hancur di mulut. Olahan ini pun dapat dijadikan penutup atau camilan segar ketika tengah hari.

Proses pembuatan jeli bisa dibuat menggunakan agar-agar ataupun gelatin. Campur dengan jus cranberry, gula, orange zest, dan tambahkan pula buah cranberry utuh supaya sajian lebih menarik.

  1. Cranberry cake

Siapa di antara kamu yang menggemari olahan kue buah? Biasanya makanan ini sering dimasak memakai buah kaleng atau buah kering yang lebih asam. Namun, kali ini kue bisa pula diproses dari cranberry utuh, lho.

Cukup campurkan buah segar tersebut bersama tepung terigu, susu, mentega, baking powder, gula, dan garam. Kemudian panggang beberapa saat. Sajikan bersama saus manis agar lebih nikmat.

  1. Cranberry pavlova

Pavlova menjadi kudapan pencuci mulut yang pas. Hidangan ini bisa disajikan dalam berbagai acara santai ataupun untuk memeriahkan suatu perayaan. Sebab, pavlova memiliki bentuk yang menarik dan tekstur agak crunchy.

Seperti diketahui, pavlova diolah menggunakan putih telur dan campuran krim tartar yang dipanggang. Sementara untuk mendampingi hidangan, kamu bisa membuat cranberry compote dan taruh di atas hidangan yang sudah matang.

  1. Cranberry bread

Tak cuma kue, cranberry pun termasuk buah yang cocok untuk disantap sebagai penambah rasa bagi olahan kaya karbohidrat seperti roti. Keberadaan buah akan membuat rasa roti menjadi lebih nikmat dan memiliki penampilan cantik.

Roti bisa diproses menggunakan tepung terigu, ragi, mentega, gula, garam, dan susu. Sementara itu, cranberry bisa dimasak lebih dulu bersama gula dan mentega, sebelum ditambahkan ke dalam adonan yang telah kalis.

Cranberry ternyata bisa dimanfaatkan sebagai penambah rasa untuk aneka makanan sedap. Buat kamu yang gemar dengan olahan bercita rasa segar, lima kudapan di atas wajib untuk dicicipi dalam waktu dekat. (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Olahan Sagu Mutiara yang Enak dan Cantik

Olahan Sagu Mutiara yang Enak dan Cantik

Akurasi.id – Sagu mutiara telah lama ada di Indonesia. Bentuknya yang bulat dan begitu dimasak teksturnya kenyal. Sekilas mirip boba yang saat ini sedang digemari anak milenial. Olahan sagu mutiara ternyata beragam, apa aja sih?

Sagu mutiara banyak nih digunakan sebagai bahan baku makanan atau camilan tradisional Indonesia. Mulai dari dijadikan bubur hingga puding, sagu mutiara sangat enak dan menghasilkan warna yang cantik saat matang.

Berikut lima olahan sagu mutiara enak untuk dijadikan camilan dirumah. Dilansir dari idntimes.com, Kamis (09/09/2021).

  1. Bubur mutiara

Bila membahas olahan sagu mutiara, yang tak boleh ketinggalan adalah bubur mutiara. Makanan ini cukup simpel, namun butuh teknik khusus dalam memasaknya agar lebih cepat.

Bubur sagu mutiara disukai hampir semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Biasa dijadikan camilan saat santai, bubur mutiara juga sering dijadikan sarapan, lho!

  1. Awuk-awuk sagu mutiara

Awuk awuk sagu mutiara adalah camilan tradisional yang punya warna cantik dan rasa gurih. Warnanya yang pink kemerahan karena campuran sagu mutiara dan santan.

Awuk awuk sagu mutiara banyak dipilih masyarakat buat suguhan acara resmi atau santai. Biasanya makanan ini disajikan dengan dibungkus dengan daun pisang.

  1. Jentik manis

Sagu mutiara adalah bahan baku utama membuat kue tradisional jentik manis atau cantik manis. Kue ini dibuat dari tepung hunkwe, sagu mutiara, santan, gula, garam.

Adonan dicetak dengan cetakan khas aneka bentuk dan dikukus. Setelah matang, kue jentik manis terlihat sangat cantik bak bunga karena warna pinknya yang menawan.

  1. Puding sagu mutiara

Puding sagu mutiara adalah kreasi olahan cantik dan enak yang bisa dijadikan camilan dirumah. Memadukan rasa segar dari puding dan kenyalnya sagu mutiara.

Camilan ini sangat pas dinikmati bersama keluarga dan teman. Apalagi saat cuaca panas, puding sagu mutiara ini bisa jadi pilihanmu.

Editor: Yusva Alam

 

 

Varian Es Dawet Paling Menggoda Selera

Varian Es Dawet Paling Menggoda Selera

Akurasi.id – Siapa yang tak terpincut sama kesegaran es dawet? Minuman asli nusantara ini memadukan kuah santan, cincau, sagu mutiara, saus gula merah, serta es batu yang membuat makin ramai serta memikat. Apalagi bila varian es dawet ini beragam, tentu lebih nikmat lagi.

Rasanya manis legit dan gurih alami tanpa pengawet, membuat es dawet banyak digemari oleh berbagai kalangan. Bahkan, saking nikmatnya, es dawet ternyata memiliki berbagai macam varian lho. Mau tahu apa saja? Dilansir dari idntimes.com, Rabu (08/09/2021). Yuk, mari simak deretan varian es dawet seperti berikut ini!

  1. Es dawet jepara

Kalau berbicara soal es dawet terenak, es dawet jepara pastilah juaranya. Sesuai nama, minuman segar ini es berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Berbeda dengan es dawet dari daerah lain, es dawet jepara lebih memilih menggunakan tepung sagu aren sebagai bahan pembuatannya lho.

Sehingga, es dawet jepara punya tekstur lembut dan kenyal. Dalam seporsi es dawet jepara disajikan berisian saus gula merah, adonan dawet, santan, irisan buah, dan es batu. Tampilannya warna-warni dipadu isian melimpah, yakin, nih, gak mau coba kesegaran es dawet jepara?

  1. Es dawet grandul ketan

Tak kalah memikat dari es dawet jepara, minuman segar berasal dari Blitar ini juga memiliki cita rasa yang istimewa. Dalam penyajiannya, es dawet grandul ketan disajikan dengan isian candil, bubur sumsum, ketan hitam, sagu mutiara, kuah santan, es batu, dan saus gula merah.

Rasanya mantap dengan memadukan isian berlimpah, dijamin langsung puas deh menyantap satu mangkuk es dawet grandul ketan.

  1. Es dawet sambel

Dari deretan es dawet yang pernah kamu jumpai, mungkin sajian yang satu ini terbilang aneh tapi unik. Yup, es dawet ini dinamakan es dawet sambel. Dalam satu mangkuk es dawet asli Kulon Progo, Jogja, ini berisi adonan dawet berwarna putih, kecambah, bawang goreng, serta sambal kacang.

Menyuguhkan tampilan mirip soto ayam, tentu es dawet sambel menawarkan cita rasa manis pedas gurih yang bikin lidah terpana. Wajib dicicip, kala berwisata kulineran di Jogja ya!

  1. Es dawet ayu

Mungkin belum banyak yang tahu kalau es dawet ayu pernah dinobatkan sebagai minuman terpopuler lewat Anugerah Pesona Indonesia. Es dawet ayu memiliki komposisi cendol, kuah santan, saus gula merah, irisan buah nangka, durian, dan es batu.

Dilihat dari tampilannya, es dawet ayu menawarkan warna-warni kesegaran yang tak dapat kamu temui di luar daerah Banjarnegara. Aja kelalen dicicipi ya!

  1. Es dawet ireng

Menempuh waktu dua jam dari Banjarnegara ke Purworejo, kamu akan disuguhkan kesegaran es dawet ireng yang mampu menghilangkan haus dahaga. Dalam satu mangkuk sajian ini disuguhkan adonan dawet berwarna hitam, kuah santan, serta es batu.

Meski terlihat sederhana dan agak terasa kurang ramai, namun kenikmatan dari es dawet ireng tetaplah juara di lidah. Gak percaya? Cobain aja sendiri ketika mengunjungi Purworejo, dijamin pasti ketagihan deh!

  1. Es dawet durian

Mengunjungi Kota Semarang paling pas menikmati segarnya es dawet durian. Es dawet ini disajikan berupa isian buah durian, tape ketan, cincau, potongan nangka, alpukat, kuah santan, saus gula merah, dan tak lupa diberi serutan es batu.

Cita rasanya yang manis legit, makin menggugah selera berkat memadukan ragam isian melimpah. Wajib masuk bucket-list kulineranmu di Semarang ya.

  1. Es dawet telasih

Salah satu jajanan yang layak dicoba kala berada di Solo adalah es dawet telasih, tempatnya terletak di Pasar Gede Hardjonagoro. Es dawet telasih ini terdiri dari ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, biji selasih, sirup gula, kuah santan, dan es batu.

Disajikan dengan beragam isian melimpah membuat es dawet telasih terlihat berbeda dengan es dawet lain pada umumnya, tapi tidak mengurangi rasa kesegaran es dawet telasih itu sendiri.

  1. Es dawet batil

Meski dinamakan es dawet batil, sajian minuman segar khas Lamongan ini tidak diberi isian dawet melainkan batil. Batil merupakan sejenis roti yang dibuat dari tepung beras, ragi, dan parutan kelapa dengan cita rasa cenderung asam.

Jadi, satu porsi es dawet batil berisikan kacang hijau, agar-agar, buah siwalan, kuah santan, saus gula aren, dan es batu. Memiliki perpaduan cita rasa asam, manis, dan gurih. Pas banget dinikmati kala cuaca panas melanda, maknyus tenan!

  1. Es dawet jabung

Varian es dawet terakhir yang wajib kamu coba saat ke Ponorogo ialah bernama es dawet jabung. Es dawet jabung sendiri terdiri dari isian tape ketan, cendol, gempol, irisan nangka, es batu, saus gula aren, dan kuah santan.

Tekstur adonan gempol yang empuk dengan dipadu rasa manis gurih, sensasinya benar-benar menyegarkan tenggorokan.

Ragam sajian es dawet di atas memiliki tampilan menggugah selera dan isian melimpah yang jadi ciri khasnya masing-masing. Begitu pun dengan sensasi rasanya ada yang memadukan pedas, manis, asam, dan gurih segar. Kira-kira, mana saja nih varian es dawet yang pengin banget kamu coba dikala lapar haus melanda? (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Nama - Nama Unik Kuliner Khas Kalimantan Timur, Pernah Dengar?

Nama – Nama Unik Kuliner Khas Kalimantan Timur, Pernah Dengar?

Akurasi.idKalimantan Timur memang memiliki banyak sekali keunikan di dalamnya, salah satunya program transmigrasi sebagai penyeimbang tenaga kerja kala itu. Tak sedikit dari suku Jawa yang mulai tinggal di Kalimantan Timur dan menjadi masyarakat mayoritas di sana. Tak ayal, kondisi inipun berpengaruh terhadap kuliner khas Kalimantan Timur.

Meskipun banyaknya etnis Jawa yang menetap, bukan berarti adat dan makanannya menjadi dominan Jawa, nih.

Makanan khas Kalimantan Timur tetap masih lestari, kok. Beberapa di antaranya bahkan memiliki nama yang unik. Apakah kamu pernah mendengar deretan nama kuliner khas Kalimantan Timur di bawah ini? Kalau belum yuk ikutin penjelasan berikut ini! Dilansir dari idntimes.com, Selasa (07/09/2021).

  1. Bobongkoadalah makanan khas Kalimantan Timur yang bisa disuguhkan ketika acara berseprah (ritual sarapan besar)
  2. Sate Payaukhas Kalimantan Timur ini berbahan dasar daging rusa, lho!
  3. Gurih dan lembut, ayam cincanemerupakan sajian yang serupa dengan ayam bakar, namun memiliki perbedaan pada bumbu rempah-rempah
  4. Sayur asam kutaimerupakan sajian khas Kalimantan Timur yang menggunakan kepala ikan gabus sebagai bahan utamanya
  5. Gangan manokmenggunakan bahan dasar ayam dengan kaldu kuah yang kental. Kemudian diberi tambahan bayam dan juga oyong sebagai pelengkap
  6. Pisang gapitmerupakan camilan khas Kalimantan Timur yang cukup mudah diperoleh di pinggiran jalan Samarinda
  7. Nasi bakeporadalah nasi liwet ala Kalimantan Timur yang cocok disajikan dengan sayur asem Kutai
  8. Memiliki visual yang menarik, daging masak bumi hangusberbahan dasar daging sapi yang dimasak cukup lama
  9. Rebo ruanmemiliki tekstur seperti abon, namun perbedaannya pada bahan dasar yang berupa ikan gabus kemudian dikukus setengah matang

Gimana sob? Sudah dapat pengetahuan baru terkait kuliner khas Kaltim kan. Pasti kalian baru ngeh mendengar nama-nama unik di atas. Walaupun asing di telinga tapi begitulah nama-nama kuliner asal Kaltim tersebut.

Wah, adakah nama kuliner di atas yang pernah kalian dengar, nih? Dari ke sembilan kuliner di atas mana yang menurut kalian paling unik dan terlihat menggiurkan? Tulis di kolom komentar, ya. (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

Rumpu Rampe, Kuliner Khas Pulau Sumba yang Rasanya Unik

Rumpu Rampe, Kuliner Khas Pulau Sumba yang Rasanya Unik

Akurasi.id – Pulau Sumba di Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki makanan tradisional bernama rumpu rampe yang menjadi kuliner khas Pulau Sumba. Menawarkan tekstur rasa gak biasa, tapi tetap punya penggemar setia.

Biar gak penasaran, yuk mengenal lebih dalam tentang rumpu rampe kuliner khas Pulau Sumba di ulasan berikut! Dilansir dari idntimes.com, Kamis (02/09/2021).

  1. Makna di balik nama rumpu rampe

Pasti banyak yang belum mengetahui apa sebetulnya arti dari nama ‘rumpu rampe’. Berasal dari Bahasa Flores, ‘rumpu rampe’ sering didefinisikan sebagai sesuatu yang beragam, ramai, atau berlimpah.

Pemaknaan tersebut mengacu pada bahan pembuat sayur rumpu rampe yang cukup beraneka macam, terdiri dari racikan sayuran yang punya cita rasa pahit dan tidak.

  1. Bahan utama sajian rumpu rampe

Rumpu rampe menjadi kuliner yang unik karena salah satu bahan utamanya terbilang sangat jarang dipakai untuk membuat masakan, yaitu bunga pepaya yang memiliki rasa cukup pahit.

Selain itu, rumpu rampe original juga dibuat menggunakan jantung pisang, daun pepaya, buah pepaya muda, daun kelor, dan daun singkong. Semua bahan dimasak menjadi satu dengan bumbu dasar tumis.

Namun, seiring berkembangnya kreatifitas penikmat rumpu rampe, kini masakan tersebut sering diolah pula dengan campuran sayur kangkung, ikan teri, atau udang.

  1. Pelengkap sayur rumpu rampe

Ciri khas rasa rumpu rampe terkadang bikin foodie yang gak kuat dengan pahitnya bunga pepaya gagal menikmati sajian ini. Untuk mengakalinya, rasa pahit pada rumpu rampe acap kali dinetralisasi dengan sambal laut.

Supaya rumpu rampe semakin nikmat disantap, masyarakat lokal sering pula menghadirkan ikan bakar atau sei sapi khas Nusa Tenggara Timur sebagai lauk pelengkap. Kamu yang gak doyan rasa pahit bunga dan daun pepaya, dijamin lahap menyantap rumpu rampe, deh.

  1. Kerap disajikan di acara besar atau pesta

Mulanya, rumpu rampe hanya dihidangkan sebagai menu makanan sehari-hari warga lokal. Gak cuma masyarakat yang tinggal di Pulau Sumba, rumpu rampe juga menjadi menu favorit harian masyarakat Pulau Flores.

Namun, berkat keunikan rasa yang ditawarkan rumpu rampe, sekarang sajian tersebut juga bisa dijumpai pada acara pesta pernikahan atau pertemuan besar yang diadakan di hotel atau gedung mewah.

  1. Tips memasak rumpu rampe

Membuat sayur rumpu rampe sebetulnya terbilang mudah. Kamu tinggal menyiapkan bahan-bahan utama dan bumbu tumis, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, gula, dan garam.

Sebelum ditumis, bahan-bahan seperti bunga pepaya, daun pepaya, daun singkong, dan jantung pisang harus direbus lebih dulu. Untuk mengurangi rasa pahit pada bunga dan daun pepaya, beri sedikit garam saat merebusnya.

Usai direbus dan ditiriskan, jangan lupa mengiris tipis dedaunan dan jantung pisang supaya bumbu lebih meresap saat ditumis dan lebih gampang saat disantap.

Nah, demikian ulasan lengkap seputar kuliner khas Pulau Sumba bernama sayur rumpu rampe. Semoga bisa menambah khazanah pengetahuanmu tentang kuliner Nusantara, ya! (*)

Editor: Yusva Alam

 

Pasar Makanan Terpopuler di Dunia Berusia Ratusan Dekade-

Pasar Makanan Terpopuler di Dunia Berusia Ratusan Dekade-

Akurasi.id – Pasar makanan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika sedang berkunjung ke sebuah negara, di mana kamu dapat menemukan variasi kebutuhan bahan makanan, serta berbagai pilihan jenis kuliner khas yang dimiliki oleh negara tersebut. Ada pula pasar makanan terpopuler yang perlu kamu tahu.

Bahkan, beberapa pasar makanan yang terletak di seluruh dunia ini telah berusia lebih dari ratusan dekade sehingga kamu dapat menemukan bahan makanan lokal dan merasakan secara langsung suasana budaya ketika sedang berkunjung destinasi wisata ini. Yuk, lihat apa saja pasar makanan terpopuler di dunia! Dilansir dari idntimes.com, Rabu (01/09/2021).

  1. Torvehallerne Market, Kopenhagen 

Torvehallerne Market menjadi salah satu pasar makanan terbaik di dunia yang menawarkan berbagai jenis makanan secara lengkap di Kopenhagen. Pasar makanan ini dibangun dengan menggunakan material kaca sehingga kamu dapat menikmati pemandangan kota yang mempesona secara luas dan maksimal.

Nah, bangunan yang menyerupai rumah kaca ini mampu menampung 60 penjual yang menawarkan berbagai jenis makanan seperti sushi, tapas, dan kuliner khas dari Kopenhagen. Kamu juga dapat menemukan meja piknik yang diletakkan pada area halaman luar pasar makanan ini, yah!

  1. La Boqueria, Barcelona 

Dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Barcelona, La Boqueria menawarkan pilihan produk yang berkualitas tinggi dan memiliki restoran kasual di dalamnya. Selain itu, kamu juga dapat menemukan berbagai pilihan produk segar, daging gourmet, dan kios yang menjual jenis camilan khas dari destinasi wisata ini.

La Boqueria telah berdiri sejak tahun 1217 dan menjadi salah satu pasar makanan terpopuler di Eropa yang mampu mempertahankan kualitas dari produknya selama ratusan dekade. Bahkan, kamu juga dapat membeli berbagai bahan makanan dengan harga yang murah menjelang matahari terbenam, lho.

  1. Borough Market, London 

Sebagai pasar tertua yang terletak di London, Borough Market menawarkan kuliner khas yang mampu menarik perhatian wisatawan lokal ataupun mancanegara dalam mengunjungi pasar makanan ini.

Kamu dapat menemukan 70 petani organik dan produsen artisan yang berasal dari dalam ataupun luar negeri sehingga kamu dapat menikmati berbagai jenis bahan makanan lokal dan musiman.

Pasar makanan yang telah berusia lebih dari 1000 tahun ini menawarkan berbagai jenis makanan etnis yang menarik seperti rempah-rempah Ethiopia, kue-kue Balkan, dan minyak zaitun yang berasal dari Spanyol.

  1. Keelung Miaokou Night Market, Taiwan 

Keelung Miaokou Night Market menjadi salah satu pasar makanan terpopuler di Taiwan yang menawarkan berbagai jenis makanan tradisional Taiwan dengan cita rasa yang lezat dan sejarah yang menarik. Pameran makanan yang tersedia di pasar malam ini akan dibuka sampai dengan tengah malam sepanjang tahunnya.

Dengan 200 kedai makanan yang tersedia, kamu dapat mencoba berbagai hidangan terpopuler dari pasar makanan ini seperti tempura, ding bian cuosandwich, ayam gulung, kepiting mentega, sup tauge kental, seafood segar, dan sup belut rebus.

  1. Ferry Plaza Farmers Market, San Francisco 

Pasar makanan ini menawarkan berbagai kerajinan bisnis makanan yang terletak di San Francisco, di mana Ferry Plaza Farmers Market mampu menyebarkan produk yang berkualitas tinggi kepada 40.000 konsumen setiap minggunya.

Ferry Plaza Farmers Market terletak di tepi pantai San Francisco yang mempesona sehingga kamu dapat menemukan berbagai jenis produk artisan, variasi buah dan sayuran organik, kuliner khas, serta restoran favorit dari destinasi wisata ini, lho.

Pasar makanan menjadi salah satu destinasi wisata yang akan memberikan kamu kesempatan dalam merasakan budaya lokal dan menikmati kuliner khas dari negara yang sedang kamu kunjungi. Pasar makanan mana nih yang jadi favorit kamu? (*)

Editor: Yusva Alam