5 Tips Memilih Cumi-cumi Segar nan Berkualitas

5 Tips Memilih Cumi-cumi Segar nan Berkualitas

5 Tips Memilih Cumi-cumi Segar nan Berkualitas

Membuat sajian yang lezat, tentunya perlu memilih cumi-cumi yang berkualitas dan segar (drhealthbenefits.com)

Akurasi.id – Cumi-cumi merupakan hewan laut yang cukup banyak dikonsumsi. Ciri fisik cumi-cumi adalah tubuhnya yang memanjang dengan teksturnya yang kenyal dan memiliki beberapa tentakel. Cumi-cumi biasanya banyak dimasak menjadi beragam sajian lezat yang tak kalah menggugah selera.

Untuk membuat sajian yang lezat, tentunya kamu perlu memilih cumi-cumi segar nan berkualitas. Dilansir dari idntimes.com, Jumat (01/06/2021), dalam memilih cumi-cumi segar, kamu perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Perhatikan mata cumi-cumi

Kamu dapat melihat terlebih dahulu pada bagian mata cumi-cumi. Untuk menentukan kesegaran cumi-cumi, biasanya warna matanya cenderung jernih dan segar. Sementara untuk mata cumi-cumi yang pucat justru menunjukan bahwa kualitasnya sudah tidak bagus lagi.

  1. Bagian tubuh masih utuh

Dalam membeli cumi-cumi, kamu perlu memastikan bahwa setiap bagian dari cumi-cumi masih utuh. Kepala cumi-cumi masih terdapat pada bagian tubuhnya. Tubuh cumi-cumi yang masih utuh dapat menentukan bahwa kesegarannya terjaga dengan baik.

  1. Masih mengeluarkan tinta

Pada saat proses pembersihan cumi-cumi, kamu dapat memerhatikan bagaimana bagian tintanya sering keluar. Tinta tersebut lah yang bisa kamu jadikan acuan bahwa kesegarannya masih terjaga. Dengan cumi-cumi yang masih mengeluarkan tinta, artinya hewan laut tersebut baru saja ditangkap.

  1. Aromanya tidak menyengat

Aroma cumi-cumi juga menjadi salah satu yang perlu kamu perhatikan. Pada saat proses pemilihannya, kamu dapat memerhatikan aroma yang menguar dari cumi-cumi. Aroma yang segar biasanya tetap amis, namun tak menyengat. Namun, cumi-cumi yang sudah lama justru memiliki aroma amis yang kuat.

  1. Masih kenyal teksturnya

Beberapa orang mungkin ada yang sering menyentuh cumi-cumi sebelum membelinya. Untuk cumi-cumi yang segar pada umumnya memiliki tekstur yang cenderung kenyal dan tidak mudah lembek. Tekstur tersebut menunjukan kesegarannya masih terjaga dengan baik.

Dengan memerhatikan tips di atas tentunya kamu jadi tak akan salah lagi dalam memilih cumi-cumi sebagai bahan masakan di rumah. Bikin makin sedap! (*)

Editor: Yusva Alam

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *