Cara Makan Sahur agar Tidak Cepat Haus

Cara Makan Sahur agar Tidak Cepat Haus Saat Puasa Seharian

Cara makan sahur agar tidak cepat haus memang wajib anda ketahui. Jika anda ingin puasa dengan lancar dan tidak dehidrasi. Tak sedikit orang ketika sahur tidak mengkonsumsi air putih, sehingga ketika berpuasa merasakan haus yang mendera.

Bahkan baru minum setengah gelas saja perut telah terisi penuh dan membuat anda merasa begah. Sebenarnya ketika makan sahur tidak hanya air putih yang cukup, namun faktor makanan lainnya juga berpengaruh.

Cara Makan Sahur agar Tidak Cepat Haus

alphamom.com

Cara Makan Sahur agar Tidak Cepat Haus yang Tepat

Cara agar tak cepat haus ketika berpuasa, anda harus menerapkan beberapa hal berikut.

Hindari Makanan Asin

Pertama yang harus anda hindari agar tetap kenyang dan tidak haus adalah menghindari makanan asin. Hal tersebut berupa acar, ikan asin, dan makanan lainnya yang terlalu asin. Hal tersebut dapat meningkatkan terjadinya asam lambung serta meningkatkan kebutuhan cairan yang banyak dari tubuh anda.

Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Menurut Spesialis gizi Dr. Fiastuti Witjaksono, SpGk, dengan kita mengkonsumsi banyak buah dan sayur membuat perut kenyang lebih lama. Kandungan air dan mineral menjaga cairan tubuh agar tetap stabil.

Terutama buah yang paling dianjurkan adalah semangka dan anggur. Semangka mengandung 92% air yang mampu mencegah anda kehilangan cairan.

Kurangi Asupan Makanan dan Minuman Manis

Setelah makan makanan gurih, anda pasti tertarik dengan makanan manis. Namun makanan dan minuman manis tersebut justru membuat anda lebih cepat merasa haus. Makanan manis lebih cocok untuk menu berbuka.

Saat gula darah melonjak saat anda makan manis, gula tersebut akan sampai ke darah dan air di sel tubuh akan masuk ke darah untuk mengendalikan keseimbangan cairan. Hal tersebut agar tidak terlalu pekat. Semakin banyak anda mengkonsumsi gula baka semakin banyak air yang dibutuhkan.

Hindari Makanan Berminyak Dan Berlemak

Ketika bulan Ramadhan setiap orang menyiapkan berbagai menu sahur terutama memilih menu yang lezat dan mengundang selera termasuk makanan bersantan dan berminyak. Hal tersebut berupa masakan daging dan makanan bersantan lainnya.

Tahukah anda makanan tersebut membuat tubuh membutuhkan cairan lebih dan membuat anda cepat haus. Bahkan anda dianjurkan minum air putih lebih banyak dari biasanya agar tetap terpenuhi cairannya.

Itulah beberapa cara makan sahur agar tidak cepat haus dan anda lebih fit.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *